Amazing Race
Amazing Race ialah satu aktivitas di alam terbuka yang sangat memerlukan kerjasama didalam satu tim. Tiap tim amazing race dikasih petunjuk untuk menuju tempat tertentu. Di setiap tempat amazing race outbound yang peserta singgahi terdapat tantangan yang harus peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area selanjutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di area terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini amat diminati oleh berbagai instansi pemerintah maupun perusahaan amazing race ini sangat seru karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton seperti jenis outbound biasa. Di dalam amazing race terdapat gim-gim yang asyik yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kepiawaian pribadi dalam membentuk team.
- Menambah dan sharing pengalaman dalam hal memotivasi personal dan motivasi team, menambah rasa percaya diri, dan produktivitas.
- Menggapai perkembangan individu dan team yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu didalamnya adalah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu & kualitas kepemimpinan dengan kapasitas pribadi dalam keterbukaan mengatasi konflik serta membangun kebiasaan kerja yang pas.
- Mengembangkan kepemimpinan personal dan kepemimpinan di dalam team
Beberapa Type Amazing Race
- Outbound Amazing Race di satu area
Game outbound amazing race di 1 tempat tentunya dapat menghemat modal. Area yang digunakan sedapat mungkin luas dan ada beberapa lokasi yang natural, salah satunya: Kebun binatang, objek wisata.
Pertama-tama peserta dibagi menjadi beberapa team. Mereka lalu diberi petunjuk jalan lokasi berikut yang akan mereka datangi. Jika berlokasi di kebun binatang, maka kontestan akan menuju ke berbagai tempat kandang binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara jelas disampaikan kontestan harus mencari tahu nama latin binatang itu.
Di lokasi yang mereka datangi, mereka akan mendapatkan permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di kandang binatang ataupun lokasi tertentu
- Berjoget maupun bergaya sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Aktivitas outbound amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana kontestan mesti menyelesaikan permainan) akan ditetapkan dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana kontestan wajib beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah area akhir yang harus peserta tuju dan menentukan juara perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Kalau Anda lebih suka perlombaan seperti petualangan di alam bebas, maka amazing race pada gunung merupakan referensi yang pas. Biar seluruh pemain dapat melaksanakan perlombaan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (mendapatkan arah yang tepat) dan jungle survivor (jika permainan dua hari 1 malam di gunung maupun hutan
Contoh arahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik supaya enggak kesasar
- Membikin tenda
- Memakai alat-alat masak buatan jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah yang bisa dan tidak dapat dikonsumsi
- Tips mendapat air minum (apabila stok air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknis pelaksanaan, mereka mesti punya team pemantau yg telah expert didalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 3 meter X 2,5 meter dibentangkan dalam jarak sepuluh meter. didalam Kaen tersebut dilukis target target perusahaaan dalam beberapa space, ataupun logo perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. Dikasih tempat blank untuk ditembak. peralatan tembak nya berasal dari paint ball, Dimana segala akan akan secara bergantian menembak di dalam Kain tsb.
Pilar 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi nya … Pilih 3 org setiap kelompok. membikin mummy dari tisu yang diberikan. Cuma terdapat 6 gulung tissu WC setiap team. Jadi setiap peserta Cuma 2 gulung tissu dan mesti dapat membikin mummy seefektif mungkin
Poin yg dicapai
- Memakai sumber daya seadanya dengan dua gulung tisu dapat membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yg di buat mumy (jadi Nilainya, tiap instansi memerlukan orang – orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategy, di mana setiap kelompok yg sanggup melihat peluang & hambatan, kesempatan berhasil dengan memakai peserta yg kecil. Jadi Kalau tim bisa menganalisis tentu saja akan memilih peserta yg kecil kurus. namun Jikalau kelompok gak dapat melihat peluang pasti akan menggunakan anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. tetapi tiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup di bagikan kain atau terpal ukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali-tali dan di talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua anggota. Kemudian di bagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan peraturan menukar & kain maupun terpal enggak boleh jatuh ketanah. setiap peserta yang bertukar mesti ambil 1 kertas kecil tersebut tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yang di dapatkan tiap peserta.
Anggota yang Mengerjakan rotasi dengan baik akan memperoleh min 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar gak tabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, anggota biar tidak berada di tempat yg sama.
- Strategy, biar tiap orang bisa mempunyai kesempatan berpindah dan merampungkan tugasnya.
- Wawasan lingkungan dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi pertukaran bisa berjalan baik.
- Merendahkan ego karena Kalau tiap peserta akan berpindah terlebih dulu, anggota yg akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yang diperoleh ditempat 3 dapat di kumpulkan menjadi satu di dalam tim. di bagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) dan papan sterofom. tiap kelompok bisa menyusun gambar yg di dapatkan dititik tiga di dalam papan yg memberi esensi & makna. seusai selesai akan direview maupun dipresentasikan maksud dari papan ini.
Inilah satu contoh pelaksanaan dari Outbound Amazing Race yang Kalau dilaksanakan secara tepat & benar akan menghasilkan suatu kelompok yg kuat dan kompak, dan bagi sebuah perusahaan kondisi ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan biar punya loyalitas pada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Bagi Anda yang hendak melaksanakan aktivitas outbound silahkan menelpon kami.