Amazing Race Outbound
Amazing Race Outbound ialah satu kegiatan di luar ruangan yang sangat membutuhkan teamwork di dalam satu kelompok. Seluruh team amazing race dikasih pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di setiap area outbound amazing race yang kontestan tuju ada tantangan yang mesti peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke area selanjutnya. Hingga kontestan akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digandrungi oleh beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah amazing race outbound ini sangat seru karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton seperti outbound biasa. Di dalam amazing race banyak permainan yang seru yang sifatnya kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kemampuan personal di dalam mengembangkan tim.
- Menambah dan sharing ilmu didalam hal memotivasi personal dan motivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Mencapai pertumbuhan personal dan kelompok yang dipusatkan pada goal perusahaan, salah satu di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membentuk kwalitas & mutu leadership dengan kapasitas pribadi didalam keterbukaan menangani konflik serta membentuk karakter kerja yang sesuai.
- Membangun leadership individu dan jiwa leadership didalam team
Beberapa Tipe Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada satu lokasi
Game amazing race outbound di satu lokasi tentunya akan hemat biaya. Area yang dipakai sedapat mungkin lapang dan ada berbagai tempat yang unik, salah satunya: Kebun binatang, lokasi wisata.
Di awal anggota dipisah jadi beberapa team. Kemudian mereka diberi panduan arah lokasi berikutnya yang akan peserta singgahi. Jika berlokasi di kebun binatang, maka peserta bakal pergi ke beragam tempat tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara gamblang dinyatakan kontestan mesti mengetahui nama latin binatang itu.
Di area yang kontestan tuju, mereka bakal memperoleh permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal binatang atau tempat tertentu
- Bernyanyi ataupun bergaya sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Aktivitas outbound amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain wajib merampungkan kegiatan) bakal ditetapkan di dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot adalah lokasi dimana pemain mesti berhenti dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat terakhir yang wajib peserta tuju dan memutuskan juara perlombaan.
- Amazing Race di Gunung
Bila Kalian lebih menyukai perlombaan seperti petualangan di alam terbuka, maka amazing race pada perbukitan merupakan referensi yang pas. Agar para pemain bisa menjalankan permainan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (mendapatkan arah yang tepat) dan jungle survivor (bila kegiatan 2 hari satu malam di perbukitan maupun alas
Contoh pengarahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, memakai kompas dan taktik agar tidak tersesat
- Membikin tenda
- Mempergunakan alat-alat dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang bisa dan tidak boleh dimakan
- Cara mendapat air minum (bila stok air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik permainan, mereka mesti punya tim pemantau yg telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yang kesasar. Team pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Game dengan Target
Permainannya: Kain berukuran 2,5 meter x 3 meter dibentangkan dalam jarak sepuluh meteran. dalam Kain itu digambar target perusahaaan didalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. di beri space kosong untuk ditembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Dimana semua tim akan secara bergantian melakukan tembakan didalam Kain ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi nya … Pilih 3 org tiap tim. membuat mummy dari tisue yang di berikan. Hanya terdapat enam gulung tisu toilet tiap tim. maka setiap org Hanya dua gulung tissu dan harus dapat membuat mummy seefektif mungkin
Nilai yg digapai
- Menggunakan bahan seadanya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yang di jadikan mummy (jadi Poinnya, setiap lembaga membutuhkan orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategy, dimana tiap tim yg sanggup melihat kesempatan dan tanangan, kesempatan berhasil dengan memilih anggota yang kecil kurus. Sehingga Bila kelompok bisa melihat pasti akan memilih orang yang kurus kecil. akan tetapi Jika kelompok tak mampu menganalisis peluang tentu saja akan memakai peserta asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. tapi setiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan terpal atau kain ukurannya 3 meter x 3 meter. disisinya di berikan utasan tali tali dan di tali dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh anggota. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan berpindah & kain atau terpal tak boleh terjatuh ke tanah. tiap peserta yang bertukar wajib mengambil 1 kertas kecil tersebut tanpa membukanya. sesudah waktu habis orang berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yg di dapatkan tiap orang.
Peserta yang Melakukan rotasi dengan tepat akan mendapatkan min 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Inti Game:
- Komando, agar tidak berbenturan pada saat pindah.
- Komunikasi, anggota biar tidak berada di posisi yang sama.
- Strategi, agar tiap peserta bisa mempunyai peluang berpindah & menyelesaikan tugas.
- Wawasan lingkungan dengan mengamati kawan & tempat sehingga rotasi dapat berjalan secara baik.
- Merendahkan keegoisan karena Apabila tiap peserta mau berpindah terlebih dahulu, peserta yg akhir bisa kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di dapatkan di pos tiga bisa di kumpulkan jadi satu dalam tim. diberikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. tiap group akan menyusun gambar yg di peroleh dipos tiga dalam sebuah papan yg memberikan makna dan esensi. sesudah selesai kemudian direview ataupun dipresentasikan maksud dari papan itu.
Ini merupakan salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Apabila dilakukan secara benar dan tepat bisa menjadikan sebuah tim yg kompak dan kuat, & bagi sebuah perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya agar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi Anda yang ingin melaksanakan wisata outbound dapat menelpon kita.