Outbound Amazing Race
Amazing Race merupakan satu kegiatan di alam bebas yang amat memerlukan kekompakan didalam sebuah group. Semua tim amazing race diberi pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di setiap area outbound amazing race yang kontestan singgahi ada game yang harus mereka ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area berikutnya. Sampai kontestan akhirnya finish di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini begitu diminati oleh berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah outbound amazing race ini sangat seru karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton layaknya outbound lainnya. Didalam outbound amazing race banyak gim-gim yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Sasaran Outbound Amazing Race
- Menambah kepiawaian pribadi di dalam membentuk tim.
- Menaikan dan sharing pengetahuan di dalam hal memotivasi pribadi dan motivasi team, menambah kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan personal dan tim yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membangun mutu & kwalitas jiwa leadership dengan kapasitas pribadi dalam keterbukaan menangani masalah dan membangun karakter kerja yang tepat.
- Membentuk kepemimpinan individu dan leadership didalam team
Berbagai Tipe Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race di satu lokasi
Kegiatan amazing race outbound di 1 tempat pastinya akan menghemat modal. Lokasi yang digunakan semaksimalkan mungkin lapang dan terdiri dari beberapa lokasi yang asri, seperti misalnya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama pemain dibagi menjadi beberapa tim. Kemudian mereka dikasih pedoman jalan tempat selanjutnya yang bakal mereka datangi. Bila bertempat di kebun binatang, maka kontestan akan pergi ke berbagai lokasi tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara gamblang disampaikan mereka wajib mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang mereka singgahi, peserta bakal mendapat game diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di kandang hewan atau area tertentu
- Bernyanyi ataupun bergaya sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Aktivitas amazing race dimulai dari area tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain mesti menuntaskan permainan) akan di tentukan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah area dimana peserta harus beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area terakhir yang mesti pemain tuju dan menentukan juara permainan.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Bila Kamu lebih senang perlombaan dengan jenis petualangan di alam lepas, maka amazing race pada pegunungan ialah referensi yang pas. Agar semua kontestan bisa menjalankan permainan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberi pengarahan tentang navigasi (mencari arah yang sesuai) dan jungle survivor (bila game 2 hari 1 malam di pegunungan atau alas
Salah satu petunjuk dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi supaya tidak tersesat
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan alat dapur dari jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah-buahan yang bisa dan enggak boleh dimakan
- Trik memperoleh air minum (kalau persediaan habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik pelaksanaan, mereka mesti mempunyai team pemantau yg telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka tak akan ada yg kesasar. Tim pemantau bisa memantau pergerakan grup tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Target
Gamenya: Kain berukuran 3 meter x 2,5 meter dibentangkan dalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kaen itu dilukis target perusahaaan dalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bareng. Dikasih tempat blank untuk di tembak. peralatan tembak berasal dari paint ball, Di mana semua tim akan bergantian menembak dalam Kaen tsb.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi … pilihlah 3 orang tiap team. membikin mumi dr tisu yang di bagikan. Cuma ada enam gulung tissu WC setiap kelompok. Jadi tiap orang Hanya dua gulung tisu dan mesti dapat bikin mummy sebisa mungkin
Value yg digapai
- Menggunakan sumber daya seadanya dengan dua gulung tisue dapat membungkus semua badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yg di buat mumy (jadi Tujuannya, setiap industri membutuhkan orang-orang seperti ini yang rela berkorban demi harapan bersama)
- Strategy, dimana tiap kelompok yang mampu melihat kesempatan & rintangan, peluang berhasil dengan memakai peserta yg kecil kurus. Sehingga Jika tim dapat menganalisis pastinya akan memilih peserta yg kecil kurus. tetapi Kalau team tidak bisa melihat peluang tentu akan memilih anggota asal asalan.
- Dilarang melihat sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. namun tiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan terpal atau kain ukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali – tali dan di talinya ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. kain atau terpal dibentangkan dengan memegang tali tali tadi semua anggota. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan menukar dan kain atau terpal nggak boleh terjatuh kebawah. tiap orang yg bertukar wajib ambil satu kertas tersebut tanpa membukanya. sesudah waktu selesai orang berkumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas yang diperoleh tiap orang.
Anggota yang Melaksanakan rotasi dengan tepat akan mendapatkan minimal 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Inti Game:
- Komando, agar enggak berbenturan ketika pindah.
- Komunikasi, peserta agar tak menempati titik yg sama.
- Strategy, supaya setiap orang dapat memiliki peluang rotasi & merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga pertukaran bisa berjalan tepat.
- Mengesampingkan keegoisan sebab Bila setiap anggota akan pindah lebih dahulu, anggota yang terakhir akan kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yang diperoleh dititik 3 dapat dikumpulkan jadi 1 dalam group. di berikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yang diperoleh dipos 3 di dalam sebuah papan yang memberi makna & esensi. sehabis selesai akan direview ataupun dipresentasikan arti dari display papan tersebut.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Jika dilakukan dengan benar & tepat akan menjadikan sebuah kelompok yg kuat dan kompak, & untuk sebuah perusahaan faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawan supaya mempunyai loyalitas kepada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Bagi kamu yang hendak mengikuti aktivitas outbound dapat menelpon kita.