Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race adalah suatu bentuk kegiatan di luar ruangan yang sangat memerlukan kerjasama didalam suatu kelompok. Setiap kelompok outbound amazing race dikasih pedoman untuk menuju area tertentu. Di tiap lokasi amazing race outbound yang peserta tuju ada permainan yang mesti mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga peserta pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini amat digandrungi oleh banyak perusahaan maupun lembaga pemerintah amazing race ini amat asyik karena area berganti-ganti dan enggak monoton layaknya outbound biasa. Didalam outbound amazing race terdapat gim-gim yang seru yang bersifat kompetitif.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Menambah kapasitas individu didalam mengembangkan kelompok.
- Menaikan dan sharing pengetahuan di dalam hal motivasi individu dan memotivasi team, menambah rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan individu dan kelompok yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membangun mutu dan kwalitas jiwa leadership dengan kemampuan personal didalam keterbukaan menangani konflik dan membentuk kebiasaan kerja yang pas.
- Membangun leadership individu dan kepemimpinan di dalam team
Beragam Jenis Amazing Race Outbound
- Amazing Race pada satu lokasi
Game amazing race di satu tempat pastinya akan menghemat biaya. Area yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan ada berbagai area yang unik, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama-tama pemain dikelompokan jadi beberapa tim. Mereka lalu diberi petunjuk jalan tempat selanjutnya yang bakal mereka datangi. Apabila bertempat di taman margasatwa, maka mereka akan pergi ke beragam tempat tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan tidak secara jelas dinyatakan peserta mesti mengetahui nama latin binatang itu.
Di tempat yang mereka kunjungi, mereka akan mendapat game seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di tempat tinggal binatang atau tempat tertentu
- Berjoget atau bergaya sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Aktivitas amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana kontestan mesti menyelesaikan aktivitas) bakal di tentukan di dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan tempat dimana peserta wajib berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat akhir yang mesti kontestan tuju dan menentukan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Jika Kamu lebih suka kegiatan seperti adventure di alam terbuka, maka outbound amazing race pada perbukitan ialah referensi yang tepat. Supaya semua kontestan bisa menjalankan game dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mencari jalan yang tepat) dan jungle survivor (bila permainan dua hari 1 malam di pegunungan ataupun alas
Salah satu pengarahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi supaya enggak salah arah
- Membikin tenda
- Memakai alat-alat dapur versi jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah-buahan yang dapat dan enggak dapat dikonsumsi
- Cara mendapat air minum (apabila stok habis, dan lain sebagainya
Dalam teknis pelaksanaan, mereka harus memiliki tim pemantau yang telah expert di dalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yg tersesat. Team pemantau akan memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Game dengan Output Focus
Permainannya: Kain ukurannya 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meter. di dalam Kaen tersebut di gambar target target perusahaaan dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. Di kasih ruang blank untuk ditembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Di mana seluruh akan akan secara bergantian menembak didalam Kaen itu.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi nya … Pilih 3 org tiap team. membikin mumy dr tisue yang diberikan. Cuma terdapat enam gulung tisue WC setiap team. Jadi per org Cuma dua gulung tisu & mesti bisa bikin mummy sebisa mungkin
Value yg di gapai
- Memakai bahan seadanya dengan dua gulung tissu dapat membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas & totalitas peserta yang di buat mummy (jadi Pointnya, tiap lembaga memerlukan orang-orang seperti ini yang mau berkorban demi tujuan bersama)
- Strategy, di mana setiap team yang sanggup melihat kesempatan dan hambatan, peluang berhasil dengan memilih orang yg kecil. Sehingga Jika tim mampu menganalisis tentu saja akan menggunakan peserta yang kecil kurus. namun Apabila tim tak dapat menganalisis peluang tentu saja akan menggunakan anggota asal asalan.
- Dilarang melihat sesuatu dr bentuk, cover ataupun hasil. tapi tiap perkembangan perusahaan wajib dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan terpal atau kain berukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali tali & di tali di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh orang. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan berpindah & terpal ataupun kain tak boleh jatuh ke tanah. setiap orang yg berpindah mesti mengambil 1 kertas tsb tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta kumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yang di dapatkan setiap orang.
Anggota yg Melakukan perpindahan dengan baik akan mendapat minimal 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, supaya gak berbenturan ketika pindah.
- Komunikasi, anggota supaya tidak berada di posisi yang sama.
- Strategy, supaya setiap orang dapat mempunyai kesempatan berpindah dan merampungkan tugasnya.
- Pengetahuan lingkungan dengan melihat tempat dan kawan jadi pertukaran dapat berjalan tepat.
- Mengesampingkan keegoisan karena Apabila setiap orang akan pindah terlebih duluan, anggota yg terakhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg di dapatkan dipos tiga bisa dikumpulkan jadi 1 di dalam group. di bagikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). setiap grup dapat menyusun gambar yg diperoleh ditempat 3 di dalam sebuah papan yang memberi esensi dan makna. sesudah selesai maka direview atau dipresentasikan maksud dari display papan tsb.
Ini merupakan satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yang Jika di terapkan dengan tepat dan benar dapat menciptakan sebuah tim yang kompak & kuat, & bagi sebuah instansi hal ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya agar mempunyai loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Lokasi Amazing Race Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi kalian yang hendak mengikuti wisata outbound silahkan menelpon kami.