Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound adalah sebuah permainan di luar ruangan yang sangat membutuhkan teamwork didalam sebuah team. Seluruh group outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di setiap tempat amazing race outbound yang peserta tuju ada game yang harus kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai peserta pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini sangat digemari oleh beberapa lembaga pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini benar-benar mengasyikan karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound lainnya. Dalam amazing race terdapat game-game yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kapasitas individu di dalam mengembangkan tim.
- Menaikan dan berbagi ilmu didalam hal memotivasi individu dan motivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih pertumbuhan personal dan kelompok yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya ialah perasaan saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membangun kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kepiawaian pribadi dalam keterbukaan mengatasi masalah dan membangun budaya kerja yang pas.
- Mengembangkan jiwa leadership pribadi dan jiwa leadership didalam team
Beragam Jenis Outbound Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada 1 area
Aktivitas amazing race outbound pada 1 tempat pastinya dapat hemat modal. Tempat yang dipakai sebisa mungkin luas dan terdapat beragam tempat yang alami, salah satu contoh: Taman margasatwa, objek wisata.
Di awal kontestan dipisah menjadi beberapa kelompok. Kemudian mereka dikasih pedoman arah tempat selanjutnya yang bakal kontestan singgahi. Jika berlokasi di kebun binatang, maka peserta akan mengarah ke beragam tempat kandang hewan tertentu. Petunjuk sarang hewan tidak secara gamblang dinyatakan peserta mesti mencari tahu nama latin hewan tersebut.
Di tempat yang peserta kunjungi, mereka bakal mendapat permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di kandang hewan atau lokasi tertentu
- Berjoget atau menari sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Amazing Race Petualangan
- Permainan amazing race outbound diawali dari area tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta wajib merampungkan aktivitas) akan ditetapkan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah lokasi dimana pemain mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat terakhir yang mesti kontestan tuju dan menentukan pemenang game.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Jika Kalian lebih menyukai kegiatan dengan jenis petualangan di alam lepas, maka amazing race pada pegunungan merupakan opsi yang tepat. Supaya seluruh pemain mampu menjalankan permainan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan petunjuk masalah navigasi (mendapatkan jalan yang pas) dan jungle survivor (apabila game 2 hari 1 malam di pegunungan maupun alas
Contoh pengarahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan teknik supaya enggak tersesat
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat masak buatan jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah yang dapat dan tidak dapat dimakan
- Trik memperoleh air minum (kalau persediaan air minum habis, dan sebagainya
Dalam teknik pelaksanaan, mereka harus punya tim pemantau yg sudah expert di dalam jungle survivor. Maka gak akan ada yang tersesat. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Contoh Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukuran 2,5 meter X 3 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kain tersebut digambar target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun logo perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. di beri space blank untuk ditembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Dimana segala peserta akan secara bergantian menembak didalam Kaen tsb.
Pilar 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksinya … Pilih 3 org tiap team. membuat mumi dr tissu yang di berikan. Cuma terdapat enam gulung tisu WC tiap tim. maka tiap org Cuma 2 gulung tisue dan wajib dapat bikin mummy seefektif mungkin
Point yg dicapai
- Mengotimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas anggota yg di jadikan mumi (jadi Nilainya, setiap industri membutuhkan orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategi, dimana setiap tim yg sanggup melihat kesempatan & hambatan, peluang berhasil dengan memilih anggota yang kecil kurus. Jadi Kalau tim sanggup menganalisis tentu akan memilih orang yg kecil kurus. akan tetapi Bila tim tidak sanggup melihat peluang tentu saja akan memilih peserta asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari bentuk, cover atau hasil. namun tiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap group di berikan kain atau terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali – tali dan di tali di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh anggota. lalu di bagikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan menukar & terpal maupun kain nggak boleh terjatuh ke tanah. tiap anggota yg bertukar wajib mengambil satu kertas ini tanpa membukanya. sesudah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yang diperoleh tiap anggota.
Anggota yang Melaksanakan rotasi dengan tepat akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Inti Game:
- Komando, agar tak bertabrakan ketika pindah.
- Komunikasi, anggota supaya gak menempati titik yg sama.
- Strategy, supaya setiap orang dapat mempunyai kesempatan rotasi dan menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan tempat dan kawan sehingga rotasi dapat berjalan secara baik.
- Merendahkan ego karena Jika setiap orang ingin berpindah lebih dulu, orang yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yang di peroleh di pos tiga dapat di kumpulkan jadi satu didalam kelompok. diberikan papan sterofom dan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). setiap tim bisa menyusun gambar yang didapatkan di pos tiga didalam papan yang memberi esensi & makna. setelah selesai akan direview atau dipresentasikan maksud dari display papan itu.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Apabila dilakukan secara benar & tepat akan menjadikan suatu kelompok yang kompak dan kuat, & untuk suatu perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan biar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Lokasi Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Bagi Anda yang hendak mengikuti kegiatan outbound bisa menghubungi kami.