Outbound Amazing Race
Amazing Race ialah suatu aktivitas di alam bebas yang amat memerlukan kerjasama di dalam sebuah team. Seluruh team outbound amazing race diberi petunjuk untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap lokasi outbound amazing race yang kontestan datangi terdapat game yang mesti kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat selanjutnya. Hingga peserta pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh berbagai instansi pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini sangat asyik karena area berganti-ganti dan enggak monoton seperti jenis outbound lainnya. Di dalam outbound amazing race banyak gim-gim yang asyik yang bersifat kompetitif.
Goal Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kapasitas individu di dalam membangun kelompok.
- Menaikan dan berbagi ilmu di dalam hal motivasi pribadi dan motivasi kelompok, menaikan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Mencapai pertumbuhan personal dan kelompok yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membangun mutu dan kualitas kepemimpinan dengan kepiawaian individu dalam keterbukaan mengatasi masalah serta membangun kebiasaan kerja yang tepat.
- Mengembangkan jiwa leadership individu dan leadership dalam team
Beberapa Type Amazing Race
- Outbound Amazing Race di satu lokasi
Permainan amazing race outbound di 1 lokasi pastinya bisa mengirit modal. Area yang digunakan semaksimalkan mungkin lapang dan ada beberapa area yang alami, seperti misalnya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama-tama anggota dibagi menjadi beberapa kelompok. Lalu mereka diberi pedoman arah lokasi berikut yang akan mereka datangi. Apabila berlokasi di kebun binatang, maka mereka bakal pergi ke berbagai tempat tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara detail disampaikan mereka wajib mengetahui nama latin hewan itu.
Di tempat yang mereka datangi, mereka bakal mendapatkan permainan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di tempat tinggal binatang ataupun tempat tertentu
- Bernyanyi atau bergaya sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Kegiatan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana kontestan mesti merampungkan aktivitas) bakal di tentukan dalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah tempat dimana pemain mesti beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat akhir yang wajib kontestan tuju dan memutuskan juara perlombaan.
- Amazing Race di Perbukitan
Apabila Kamu lebih menyukai perlombaan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race pada pegunungan merupakan pilihan yang tepat. Agar para pemain bisa menjalankan perlombaan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (mendapatkan arah yang pas) dan jungle survivor (bila permainan 2 hari satu malam di pegunungan ataupun alas
Contoh arahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan strategi agar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Memakai peralatan masak buatan jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah yang boleh dan enggak dapat dikonsumsi
- Tips mendapat air minum (jika stok air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknis permainan, mereka mesti memiliki tim pemantau yg telah ahli dalam jungle survivor. Jadi tidak akan ada yang kesasar. Tim pemantau dapat memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Game dengan Target
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan didalam jarak sepuluh meter. didalam Kain tersebut dilukis target target perusahaaan didalam beberapa tempat, maupun lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. diberi ruang kosong untuk ditembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Di mana segala akan akan bergantian menembak dalam Kaen itu.
Pilar 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja 3 org tiap team. membikin mumi dari tisu yg di berikan. Hanya terdapat 6 gulung tisu WC tiap kelompok. maka setiap orang Hanya 2 gulung tisue & mesti dapat Buat mumy seefektif mungkin
Value yg dicapai
- Menggunakan bahan seada nya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang di buat mummy (jadi Valuenya, setiap lembaga membutuhkan orang-orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategi, di mana tiap team yang dapat menganalisis kesempatan & tanangan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yg kecil kurus. Maka Bila tim bisa menganalisis tentu saja akan memakai orang yg kecil. namun Kalau team nggak dapat melihat peluang pasti akan menggunakan orang sembarangan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap grup diberikan kain maupun terpal berukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali – tali dan di tali di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal atau kain dibentangkan dengan memegang tali tali tadi semua peserta. lalu diberikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan berpindah & kain atau terpal tak boleh jatuh ke tanah. setiap orang yg bertukar wajib ambil 1 kertas tsb tanpa membukanya. sesudah waktu selesai orang berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yang didapatkan setiap peserta.
Anggota yg Mengerjakan pertukaran dengan baik akan mendapatkan minim 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Inti Game:
- Komando, biar gak tabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, anggota biar enggak berada di posisi yang sama.
- Strategi, supaya tiap peserta dapat punya kesempatan rotasi & menyelesaikan tugasnya.
- Pengetahuan lingkungan dengan melihat tempat & kawan jadi perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Merendahkan keegoisan sebab Kalau setiap peserta akan pindah lebih duluan, anggota yang akhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di peroleh dititik 3 bisa di kumpulkan jadi 1 di dalam kelompok. diberikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yg di dapatkan ditempat tiga di dalam papan yang memberi esensi dan makna. sehabis selesai kemudian direview maupun dipresentasikan maksud dari papan tersebut.
Ini adalah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Jikalau diterapkan secara benar dan tepat dapat menjadikan sebuah kelompok yg kompak dan kuat, dan untuk suatu lembaga kondisi ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya supaya punya loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities.
Bagi kalian yang mau mengikuti wisata outbound silahkan menelpon kami.