Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound ialah suatu permainan di luar ruangan yang benar-benar membutuhkan kerjasama dalam sebuah team. Tiap team outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di tiap area outbound amazing race yang kontestan singgahi terdapat permainan yang mesti peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area berikutnya. Hingga peserta pada akhirnya sampai di area terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini amat diminati oleh banyak perusahaan ataupun lembaga pemerintah amazing race outbound ini benar-benar asyik karena lokasi berganti-ganti dan enggak monoton seperti outbound umumnya. Di dalam amazing race terdapat gim-gim yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Menaikan kepiawaian personal didalam membentuk team.
- Meningkatkan dan sharing pengalaman di dalam hal motivasi personal dan memotivasi kelompok, menaikan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Mencapai pertumbuhan individu dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Mengembangkan mutu dan kwalitas jiwa leadership dengan kepiawaian pribadi di dalam keterbukaan menangani konflik dan membentuk kebiasaan kerja yang pas.
- Membangun jiwa leadership personal dan kepemimpinan dalam team
Beberapa Jenis Amazing Race Outbound
- Amazing Race pada satu tempat
Game amazing race pada 1 area pasti dapat mengirit uang. Tempat yang dipakai sedapat mungkin luas dan terdapat berbagai area yang natural, salah satu contoh: Taman margasatwa, tempat wisata.
Di awal anggota dipisah jadi beberapa kelompok. Kemudian mereka dikasih pedoman jalan tempat berikut yang akan mereka singgahi. Apabila bertempat di kebun binatang, maka mereka bakal menuju ke beragam lokasi tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara detail disampaikan peserta wajib mencari tahu nama latin hewan itu.
Di lokasi yang mereka datangi, mereka bakal mendapatkan game diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di tempat tinggal hewan atau tempat tertentu
- Joget atau bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Kegiatan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana kontestan mesti menyelesaikan kegiatan) bakal di tentukan dalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah lokasi dimana pemain mesti berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi terakhir yang mesti kontestan tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Apabila Kalian lebih suka tantangan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race pada gunung ialah referensi yang cocok. Supaya seluruh kontestan bisa melaksanakan game dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (jika game dua hari 1 malam di pegunungan atau alas
Contoh arahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan teknik supaya enggak salah jalan
- Membikin tenda
- Memakai alat-alat dapur dari jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah yang boleh dan enggak bisa dimakan
- Tips mendapatkan air minum (apabila stok air minum habis, dan lain-lain
Didalam teknik permainan, mereka harus punya team pemantau yg telah expert dalam jungle survivor. Sehingga nggak akan ada yg kesasar. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Permainannya: Kain berukuran 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kaen itu dilukis target target perusahaaan di dalam beberapa space, maupun logo perusahaan sebagai tanda harapan bersama. di beri ruang blank untuk di tembak. Alat tembaknya berasal dari paint ball, Dimana setiap tim akan secara bergantian melakukan tembakan didalam Kain tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi nya … pilih saja tiga peserta setiap team. bikin mumy dr tisue yg dibagikan. Cuma ada 6 gulung tisue WC tiap kelompok. Jadi tiap org Hanya 2 gulung tissu & wajib bisa bikin mumi seefektif mungkin
Value yang dicapai
- Menggunakan bahan seada nya dengan dua gulung tissu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas peserta yg di jadikan mummy (jadi Pointnya, setiap instansi membutuhkan orang semacam ini yg rela berkorban demi tujuan bareng)
- Strategy, dimana tiap kelompok yg bisa menganalisis kesempatan dan tanangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan anggota yg kurus kecil. Maka Jikalau kelompok sanggup menganalisis pastinya akan memilih orang yg kurus kecil. akan tetapi Jikalau kelompok tidak mampu menganalisis kesempatan pasti akan menggunakan anggota sembarangan.
- Dilarang melihat sesuatu dr bentuk, cover atau hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap group di berikan kain maupun terpal ukuran 3 meter x 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali tali dan pada tali dipasang paperklip & kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh anggota. Kemudian di berikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yg lainnya dengan peraturan berpindah & terpal maupun kain tak boleh terjatuh kebawah. setiap peserta yang bertukar harus ambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. sesudah waktu habis anggota kumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yang di peroleh setiap peserta.
Anggota yg Melakukan pertukaran secara tepat akan memperoleh minimal 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Kunci Game:
- Komando, agar tak tabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, orang biar tak menempati titik yg sama.
- Strategi, biar tiap orang bisa memiliki kesempatan berpindah dan merampungkan tugasnya.
- Pengetahuan situasi dengan memperhatikan kawan & tempat jadi rotasi akan berjalan tepat.
- Mengesampingkan ego sebab Jikalau tiap anggota akan pindah lebih dulu, orang yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yg di dapatkan dipos tiga akan dikumpulkan jadi 1 di dalam grup. di berikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). setiap group bisa menyusun gambar yg diperoleh ditempat tiga didalam papan yg memberikan makna & esensi. sehabis selesai maka direview ataupun dipresentasikan maksud dari papan itu.
Ini ialah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Jika dilakukan dengan tepat dan benar bisa menghasilkan sebuah kelompok yang kuat dan kompak, & bagi sebuah instansi hal ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan supaya punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Tempat Amazing Race Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Bagi Anda yang hendak melaksanakan aktivitas outbound silahkan menelpon kami.