Amazing Race Outbound
Amazing Race adalah sebuah permainan di alam lepas yang amat butuh teamwork di dalam suatu kelompok. Setiap group amazing race outbound diberi pedoman untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap lokasi amazing race outbound yang mereka tuju terdapat permainan yang harus kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga peserta akhirnya finish di tempat terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini begitu diminati oleh berbagai lembaga pemerintah atau perusahaan outbound amazing race ini sangat seru karena area berganti-ganti dan tidak monoton seperti outbound biasa. Didalam amazing race outbound banyak gim-gim yang asyik yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menambah kemampuan pribadi didalam membentuk tim.
- Menaikan serta sharing pengalaman dalam hal motivasi individu dan motivasi team, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan pribadi dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu dan kualitas leadership dengan kapasitas pribadi didalam keterbukaan mengatasi problem dan mengembangkan budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan leadership individu dan jiwa leadership di dalam team
Beberapa Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race Outbound di satu area
Permainan amazing race pada 1 lokasi pastinya akan menghemat uang. Lokasi yang digunakan semaksimalkan mungkin lapang dan terdiri dari beragam lokasi yang unik, seperti misalnya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama anggota dikelompokan menjadi beberapa tim. Mereka lalu diberi pedoman arah tempat berikutnya yang bakal kontestan datangi. Kalau bertempat di kebun binatang, maka mereka bakal mengarah ke berbagai lokasi tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara gamblang disampaikan kontestan wajib mencari tahu nama latin binatang itu.
Di area yang peserta singgahi, kontestan akan memperoleh game diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di tempat tinggal hewan ataupun tempat tertentu
- Joget ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Permainan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain wajib menuntaskan aktivitas) bakal ditetapkan dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana peserta harus istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi finish yang mesti kontestan tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Amazing Race di Perbukitan
Apabila Kamu lebih senang tantangan seperti petualangan di alam terbuka, maka outbound amazing race pada gunung ialah opsi yang sesuai. Agar para pemain mampu menjalankan perlombaan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberi pengarahan mengenai navigasi (menemukan arah yang pas) dan jungle survivor (apabila permainan 2 hari satu malam di gunung maupun alas
Contoh arahan dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik agar tidak kesasar
- Membuat tenda
- Mempergunakan peralatan masak buatan jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah yang boleh dan enggak bisa dimakan
- Trik mendapat air minum (bila stok habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknik pelaksanaan, mereka wajib mempunyai team pemantau yg telah ahli dalam jungle survivor. Jadi gak akan ada yang kesasar. Tim pemantau dapat memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Contoh Kegiatan dengan Target
Permainannya: Kain ukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan didalam jarak sepuluh meter. di dalam Kaen tersebut di gambar target perusahaaan dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol harapan bersama. di beri space blank untuk di tembak. Alat tembak dari paint ball, Dimana semua akan akan bergantian melakukan tembakan dalam Kain tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan anggaran
Instruksi nya … pilih saja 3 orang setiap team. membikin mummy dari tisu yang diberikan. Cuma ada 6 gulung tisue toilet setiap kelompok. Jadi setiap peserta Cuma dua gulung tisu dan harus dapat bikin mumy sebisa mungkin
Tujuan yg digapai
- Mengotimalkan sumber daya seada nya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg di buat mummy (jadi Tujuannya, tiap lembaga membutuhkan orang semacam ini yang mau berkorban demi keinginan bersama)
- Strategi, dimana tiap kelompok yang bisa menganalisis kesempatan dan rintangan, kesempatan berhasil dengan memilih peserta yang kecil kurus. Jadi Kalau kelompok sanggup menganalisis tentunya akan memilih peserta yang kecil kurus. tetapi Bila team nggak dapat melihat kesempatan tentu saja akan memakai orang asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. namun setiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap tim diberikan kain ataupun terpal ukurannya 3 meter x 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali-tali & pada talinya di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua anggota. lalu di bagikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan bertukar dan kain atau terpal tidak boleh terjatuh ke tanah. tiap orang yang bertukar wajib ambil 1 kertas kecil ini tanpa membukanya. setelah waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas yang di peroleh tiap peserta.
Anggota yang Melakukan perpindahan dengan tepat akan memperoleh minim 10 kertas dengan gambar yang berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, agar tak tabrakan ketika pindah.
- Komunikasi, anggota biar gak menempati posisi yg sama.
- Strategy, biar setiap peserta dapat punya kesempatan berpindah & menyelesaikan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat kawan dan tempat jadi perpindahan bisa berjalan secara baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Jikalau tiap orang mau berpindah lebih duluan, orang yang terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg di peroleh dititik tiga akan di kumpulkan menjadi satu di dalam kelompok. di berikan papan sterofom & peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). tiap group akan menyusun gambar yang di dapatkan di pos 3 di dalam papan yang memberi esensi & makna. sesudah selesai akan direview atau dipresentasikan arti dari papan display itu.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Kalau dilaksanakan secara tepat dan benar bisa menjadikan suatu grup yang kuat & kompak, dan buat sebuah perusahaan kondisi ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan nya agar punya loyalitas pada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi Anda yang ingin mengikuti aktivitas outbound bisa menelpon kita.