Outbound Amazing Race
Amazing Race ialah satu kegiatan di luar ruangan yang amat memerlukan kerjasama di dalam suatu tim. Seluruh group amazing race dikasih pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap tempat outbound amazing race yang mereka tuju terdapat tantangan yang mesti kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area berikutnya. Hingga mereka akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh berbagai instansi pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini benar-benar mengasyikan karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound lainnya. Didalam outbound amazing race ada game-game yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kepiawaian personal dalam membentuk kelompok.
- Menaikan dan berbagi ilmu dalam hal memotivasi personal dan memotivasi kelompok, menaikan rasa PD, dan kinerja.
- Mencapai pertumbuhan personal dan tim yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membentuk kwalitas & mutu jiwa leadership dengan kapasitas individu dalam keterbukaan menangani problem serta membentuk karakter kerja yang pas.
- Membentuk jiwa leadership individu dan kepemimpinan didalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada satu area
Permainan amazing race pada 1 area pasti akan mengirit biaya. Area yang digunakan sebisa mungkin luas dan terdiri dari beberapa area yang alami, salah satu contoh: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama kontestan dipisah menjadi beberapa tim. Kemudian mereka diberi petunjuk jalan area berikut yang bakal kontestan singgahi. Kalau bertempat di kebun binatang, maka peserta akan menuju ke beragam tempat sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara gamblang dinyatakan mereka wajib mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di tempat yang peserta singgahi, kontestan akan mendapatkan game seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal binatang ataupun area tertentu
- Bernyanyi ataupun bergaya sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Permainan amazing race outbound dimulai dari area tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti menuntaskan aktivitas) akan ditetapkan didalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan area dimana pemain mesti berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi finish yang wajib peserta tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Kalau Kalian lebih suka perlombaan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race outbound pada gunung adalah referensi yang sesuai. Biar para pemain mampu menjalankan game dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mencari jalan yang sesuai) dan jungle survivor (apabila game dua hari satu malam di gunung maupun hutan
Contoh pengarahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik supaya tidak kesasar
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan alat-alat dapur dari jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah yang boleh dan enggak bisa dimakan
- Cara mendapatkan air minum (jika stok air minum habis, dan lain-lain
Dalam teknik pelaksanaan, mereka harus mempunyai tim pemantau yg telah berpengalaman dalam jungle survivor. Jadi nggak akan ada yang tersesat. Team pemantau akan memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Target
Gamenya: Kain ukurannya 3 meter X 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meter. dalam Kain itu dilukis target perusahaaan dalam beberapa space, maupun logo perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. Dikasih ruang kosong untuk ditembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Dimana setiap peserta akan bergantian menembak didalam Kain tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi … Pilih tiga org tiap team. Buat mumy dr tissu yg di bagikan. Hanya ada 6 gulung tissu toilet setiap tim. maka per org Cuma 2 gulung tisu dan mesti dapat membuat mummy seefektif mungkin
Poin yang dicapai
- Menggunakan sumber daya seadanya dengan dua gulung tisue dapat membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang dijadikan mummy (jadi Nilainya, tiap industri memerlukan orang orang seperti ini yg rela berkorban demi tujuan bersama)
- Strategi, di mana setiap team yg mampu melihat peluang & rintangan, kesempatan berhasil dengan memilih anggota yang kecil. Sehingga Kalau tim mampu menganalisis pastinya akan menggunakan anggota yang kurus kecil. tapi Jikalau kelompok enggak dapat menganalisis kesempatan tentu akan memilih anggota asal asalan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. tetapi setiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup diberikan kain maupun terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali-tali dan pada talinya di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh anggota. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan aturan berpindah & kain maupun terpal enggak boleh terjatuh ke tanah. tiap anggota yang bertukar wajib mengambil 1 kertas itu tanpa membuka nya. sehabis waktu selesai anggota berkumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas yang didapatkan setiap peserta.
Orang yang Melaksanakan rotasi secara tepat akan mendapat min 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Kunci Game:
- Komando, agar nggak tabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta agar tak menempati posisi yang sama.
- Strategy, supaya setiap anggota bisa memiliki kesempatan rotasi & merampungkan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat tempat & kawan jadi pertukaran bisa berjalan secara baik.
- Mengesampingkan ego sebab Kalau setiap peserta mau pindah terlebih dahulu, peserta yang terakhir akan kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yg didapatkan di pos 3 dapat dikumpulkan menjadi 1 dalam tim. diberikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. setiap grup dapat menyusun gambar yang di peroleh dititik 3 di dalam sebuah papan yang memberikan makna & esensi. setelah selesai maka dipresentasikan maupun direview pamaknaan dari papan itu.
Ini adalah salah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Jikalau di terapkan secara benar & tepat dapat menghasilkan sebuah kelompok yang kompak & kuat, & untuk sebuah lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya agar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Untuk Anda yang mau mengikuti wisata outbound dapat menelpon kami.