Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race merupakan suatu bentuk aktivitas di luar ruangan yang benar-benar membutuhkan kekompakan dalam sebuah group. Tiap group outbound amazing race dikasih pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap lokasi amazing race outbound yang mereka datangi ada permainan yang wajib peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke area berikutnya. Hingga peserta pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound saat ini begitu diminati oleh banyak perusahaan ataupun lembaga pemerintah outbound amazing race ini benar-benar mengasyikan karena area berganti-ganti dan enggak monoton layaknya outbound umumnya. Dalam amazing race outbound terdapat gim-gim yang seru yang sifatnya kompetisi.
Goal Outbound Amazing Race
- Menaikan kepiawaian individu dalam membangun tim.
- Menaikan serta berbagi pengetahuan didalam hal motivasi personal dan motivasi team, menaikan rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan pribadi dan tim yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Membentuk kwalitas dan mutu jiwa leadership dengan kemampuan individu dalam keterbukaan menangani problem serta membangun karakter kerja yang tepat.
- Membangun leadership pribadi dan leadership di dalam team
Beberapa Type Outbound Amazing Race
- Amazing Race pada 1 lokasi
Aktivitas amazing race di satu tempat tentu akan mengirit modal. Tempat yang digunakan sebisa mungkin luas dan ada beragam area yang alami, salah satunya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama-tama peserta dipisah jadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih panduan arah tempat berikutnya yang akan peserta singgahi. Bila berada di kebun binatang, maka kontestan akan pergi ke beragam tempat sarang binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara gamblang disampaikan kontestan mesti mengetahui nama latin binatang itu.
Di tempat yang kontestan datangi, kontestan bakal mendapat permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di kandang binatang atau lokasi tertentu
- Bernyanyi ataupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Permainan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain wajib menuntaskan kegiatan) bakal di tentukan dalam clue yang diberikan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana pemain mesti beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat finish yang mesti pemain tuju dan memutuskan juara game.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Bila Anda lebih senang perlombaan dengan jenis petualangan di alam terbuka, maka amazing race pada gunung adalah opsi yang tepat. Supaya para kontestan mampu melaksanakan permainan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (mendapatkan jalan yang pas) dan jungle survivor (bila permainan 2 hari 1 malam di gunung ataupun hutan
Salah satu pengarahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi agar tidak kesasar
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat-alat masak versi jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah yang bisa dan enggak dapat dimakan
- Tips mendapat air minum (jika persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknis permainan, mereka wajib mempunyai team pemantau yang telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga nggak akan ada yg kesasar. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Game dengan Target
Permainannya: Kaen berukuran 2,5 meter X 3 meter dibentangkan dalam jarak sepuluh meteran. dalam Kaen ini di gambar target perusahaaan dalam beberapa tempat, maupun lambang perusahaan sebagai tanda harapan bersama. Di kasih space blank untuk ditembak. peralatan tembak berasal dari paint ball, Di mana seluruh peserta akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen tsb.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi … Pilih tiga peserta tiap team. Buat mumy dr tisue yang di bagikan. Hanya ada enam gulung tissu toilet setiap kelompok. maka per org Hanya 2 gulung tisue & mesti dapat bikin mummy seefektif mungkin
Nilai yg di capai
- Memaksimalkan sumber daya seadanya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yang dijadikan mummy (jadi Poinnya, tiap perusahaan membutuhkan orang-orang seperti ini yang rela mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategy, dimana setiap tim yg dapat melihat kesempatan & hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yang kecil. Sehingga Jika team mampu menganalisis pastinya akan memilih anggota yang kurus kecil. tapi Apabila tim enggak sanggup melihat peluang tentu akan menggunakan anggota sembarangan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dr bentuk, cover ataupun hasil. tetapi setiap peningkatan perusahaan wajib di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap tim diberikan terpal maupun kain berukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya dibagikan utasan tali – tali dan di tali dipasang kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali tali tadi semua anggota. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan bertukar dan terpal atau kain nggak boleh jatuh ketanah. tiap orang yang berpindah mesti ambil 1 kertas kecil ini tanpa membukanya. sehabis waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas yang diperoleh setiap anggota.
Orang yang Melakukan pertukaran dengan baik akan memperoleh min 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Inti Game:
- Komando, agar gak tabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta agar nggak berada di posisi yg sama.
- Strategi, biar tiap peserta bisa punya peluang rotasi & menyelesaikan tugasnya.
- Pengetahuan lingkungan dengan memperhatikan tempat dan kawan sehingga rotasi bisa berjalan baik.
- Mengesampingkan keegoisan karena Kalau setiap orang ingin pindah lebih duluan, anggota yg terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg di peroleh ditempat 3 bisa dikumpulkan menjadi satu didalam kelompok. diberikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). setiap group dapat menyusun gambar yang di peroleh ditempat tiga di dalam sebuah papan yg memberikan makna & esensi. setelah selesai kemudian direview maupun dipresentasikan maksud dari papan tsb.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Apabila diterapkan secara benar dan tepat dapat menjadikan sebuah grup yg kuat & kompak, dan buat sebuah instansi hal ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan supaya mempunyai loyalitas kepada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Bagi kalian yang ingin mengikuti kegiatan outbound bisa menelpon kita.