Outbound Amazing Race
Amazing Race adalah suatu permainan di luar ruangan yang sangat membutuhkan kerjasama didalam sebuah tim. Seluruh group outbound amazing race diberi pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap-tiap lokasi amazing race outbound yang kontestan tuju terdapat game yang mesti mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke area berikutnya. Sampai peserta akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini sangat diminati oleh berbagai perusahaan maupun lembaga pemerintah outbound amazing race ini benar-benar asyik karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton layaknya outbound biasa. Dalam outbound amazing race terdapat game-game yang seru yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Meningkatkan kapasitas personal didalam membentuk team.
- Menaikan serta sharing pengetahuan di dalam hal memotivasi pribadi dan motivasi tim, menambah rasa PD, dan kreativitas.
- Menggapai pertumbuhan personal dan tim yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk didalamnya yaitu rasa saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Mengembangkan mutu dan kwalitas jiwa leadership dengan kapasitas personal didalam keterbukaan mengatasi masalah serta membangun budaya kerja yang pas.
- Membentuk kepemimpinan pribadi dan kepemimpinan dalam team
Berbagai Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race Outbound pada satu area
Kegiatan outbound amazing race di satu lokasi pastinya akan hemat uang. Area yang digunakan sebisa mungkin luas dan terdiri dari beragam area yang unik, salah satunya: Kebun binatang, objek wisata.
Pertama-tama anggota dipisah jadi beberapa team. Mereka lalu dikasih pedoman jalan lokasi berikut yang akan mereka singgahi. Kalau berada di kebun binatang, maka peserta akan menuju ke beragam area sarang hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara jelas disampaikan peserta mesti mencari tahu nama latin binatang itu.
Di tempat yang mereka kunjungi, kontestan bakal mendapat permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di sarang binatang maupun tempat tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Kegiatan amazing race outbound dimulai dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana peserta mesti menyelesaikan perlombaan) bakal ditetapkan di dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana kontestan wajib berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area akhir yang wajib pemain tuju dan memutuskan pemenang game.
- Amazing Race di Perbukitan
Apabila Anda lebih senang perlombaan seperti petualangan di alam bebas, maka amazing race di perbukitan ialah pilihan yang pas. Supaya para peserta mampu melaksanakan perlombaan dengan sesuai, maka harus ada fasilitator yang memberi arahan masalah navigasi (mendapatkan arah yang pas) dan jungle survivor (apabila permainan dua hari satu malam di perbukitan atau hutan
Contoh arahan dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi biar enggak salah arah
- Membikin tenda
- Menggunakan alat-alat dapur dari jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah-buahan yang dapat dan tidak dapat dimakan
- Cara memperoleh air minum (bila stok habis, dan sebagainya
Di dalam teknis permainan, mereka mesti punya tim pemantau yang telah expert dalam jungle survivor. Jadi nggak akan ada yang tersesat. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan group tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 3 meter x 2,5 meter di bentangkan dalam jarak 10 meteran. didalam Kain ini dilukis target perusahaaan di dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. di beri ruang blank untuk ditembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Dimana setiap peserta akan secara bergantian menembak dalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan anggaran
Instruksi … pilih saja 3 org setiap team. Buat mummy dr tisue yg diberikan. Cuma terdapat 6 gulung tisu toilet tiap kelompok. Jadi tiap org Cuma 2 gulung tisu dan harus dapat Buat mumy seefektif mungkin
Tujuan yang di gapai
- Memaksimalkan sumber daya seada nya dengan 2 gulung tisue bisa membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas & Loyalitas anggota yg di jadikan mummy (jadi Nilainya, setiap instansi membutuhkan orang-orang seperti ini yg rela berkorban demi tujuan bersama)
- Strategy, di mana tiap team yg bisa melihat peluang dan rintangan, kesempatan berhasil dengan memakai orang yg kecil kurus. Sehingga Jika tim sanggup menganalisis pastinya akan memilih peserta yg kurus kecil. tetapi Jika tim tidak dapat menganalisis kesempatan tentu saja akan memakai orang sembarangan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dr bentuk, cover maupun hasil. tapi tiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan terpal maupun kain ukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali tali & di talinya ditaruh kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh peserta. lalu di bagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan berpindah dan terpal atau kain nggak boleh terjatuh ketanah. setiap peserta yang bertukar harus ambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. sehabis waktu selesai anggota kumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di peroleh setiap anggota.
Anggota yang Melaksanakan perpindahan secara tepat akan memperoleh minim 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Inti Permainan:
- Komando, biar enggak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, orang supaya tidak berada di posisi yg sama.
- Strategy, biar setiap orang dapat mempunyai kesempatan rotasi & menyelesaikan tugas.
- Wawasan lingkungan dengan memperhatikan tempat & kawan sehingga perpindahan bisa berjalan baik.
- Mengesampingkan ego karena Jika tiap peserta akan pindah lebih dahulu, peserta yang terakhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yg diperoleh dititik tiga dapat dikumpulkan jadi satu di dalam group. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). tiap kelompok dapat menyusun gambar yg di peroleh dipos tiga didalam papan yg memberi makna dan esensi. sehabis selesai kemudian dipresentasikan maupun direview maksud dari display papan itu.
Ini ialah salah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Apabila dilaksanakan secara benar dan tepat bisa menciptakan suatu tim yang kompak dan kuat, dan buat sebuah perusahaan faktor ini penting sekali untuk melatih tiap karyawan agar memiliki loyalitas pada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Untuk Anda yang hendak mengikuti wisata outbound bisa mengontak kita.