Amazing Race Outbound
Amazing Race ialah suatu bentuk aktivitas di luar ruangan yang amat memerlukan kerjasama di dalam sebuah team. Seluruh group amazing race diberi panduan untuk menuju area tertentu. Di tiap area amazing race outbound yang kontestan singgahi ada tantangan yang harus kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi selanjutnya. Hingga mereka pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race Outbound saat ini amat digandrungi oleh banyak instansi pemerintah atau perusahaan amazing race ini amat asyik karena area berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound umumnya. Di dalam amazing race ada gim-gim yang seru yang bersifat kompetisi.
Goal Outbound Amazing Race
- Menambah kepiawaian personal di dalam membentuk team.
- Menambah dan sharing pengalaman dalam hal motivasi individu dan motivasi team, menaikan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Mencapai pertumbuhan personal dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk didalamnya yaitu rasa saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membangun kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kemampuan personal didalam keterbukaan mengatasi konflik serta membentuk kebiasaan kerja yang sesuai.
- Mengembangkan kepemimpinan personal dan jiwa leadership di dalam team
Berbagai Jenis Amazing Race
- Outbound Amazing Race di 1 lokasi
Aktivitas amazing race pada 1 area pastinya dapat mengirit modal. Lokasi yang dipakai sedapat mungkin lapang dan terdapat beberapa area yang unik, seperti misalnya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Di awal peserta dikelompokan jadi beberapa tim. Mereka lalu diberi panduan arah tempat selanjutnya yang akan peserta datangi. Apabila berlokasi di kebun binatang, maka kontestan akan menuju ke beberapa lokasi kandang hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara gamblang dinyatakan mereka harus mengetahui nama latin hewan itu.
Di tempat yang mereka singgahi, kontestan bakal memperoleh permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di sarang binatang ataupun lokasi tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan intruksi, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana kontestan wajib merampungkan aktivitas) bakal di tentukan di dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan area dimana peserta wajib berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat finish yang harus peserta tuju dan menentukan pemenang game.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Jika Kalian lebih senang kegiatan dengan jenis petualangan di alam terbuka, maka amazing race outbound pada pegunungan merupakan referensi yang pas. Supaya seluruh pemain bisa menjalankan permainan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (mencari jalan yang tepat) dan jungle survivor (kalau kegiatan dua hari satu malam di pegunungan maupun hutan
Contoh arahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan kompas dan taktik agar enggak tersesat
- Membuat tenda
- Menggunakan alat-alat dapur versi jungle survivor
- Mencari sayuran dan buah-buahan yang bisa dan tidak dapat dimakan
- Tips mendapat air minum (apabila persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknis pelaksanaan, mereka wajib memiliki team pemantau yg sudah berpengalaman dalam jungle survivor. Sehingga enggak akan ada yg kesasar. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kain berukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kain tersebut digambar target target perusahaaan di dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. diberi ruang blank untuk ditembak. peralatan tembak dari paint ball, Di mana semua peserta akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen tersebut.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksinya … pilih saja 3 org tiap kelompok. membikin mummy dr tisu yang dibagikan. Hanya ada enam gulung tisue toilet tiap team. maka per peserta Cuma 2 gulung tissu & wajib bisa membuat mummy seefektif mungkin
Poin yang dicapai
- Menggunakan sumber daya seada nya dengan dua gulung tisue bisa membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas anggota yang dibuat mumi (jadi Tujuannya, setiap lembaga memerlukan orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategi, di mana tiap tim yg sanggup melihat kesempatan dan hambatan, kesempatan berhasil dengan memilih peserta yang kurus kecil. Maka Kalau tim sanggup menganalisis tentu saja akan memakai peserta yang kecil. namun Jikalau team nggak sanggup menganalisis kesempatan pastinya akan memilih peserta sembarangan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dr bentuk, cover maupun hasil. tetapi tiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap grup diberikan terpal atau kain berukuran 3 meter x 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali tali dan di talinya ditaruh kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan didalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua orang. lalu di berikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lain dengan peraturan bertukar & kain atau terpal tak boleh terjatuh ke tanah. setiap orang yg berpindah harus mengambil 1 kertas tersebut tanpa membuka nya. setelah waktu habis peserta berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yg di dapatkan tiap orang.
Anggota yg Mengerjakan rotasi dengan baik akan mendapatkan minimal 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Kunci Permainan:
- Komando, agar tidak bertabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, anggota supaya nggak berada di titik yg sama.
- Strategi, agar setiap peserta bisa punya peluang rotasi dan merampungkan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan memperhatikan tempat & kawan jadi perpindahan akan berjalan secara baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Apabila setiap peserta mau pindah terlebih dulu, anggota yg terakhir bisa kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yg di dapatkan ditempat tiga dapat di kumpulkan jadi satu didalam group. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). tiap grup akan menyusun gambar yg didapatkan dipos 3 didalam papan yang memberi esensi & makna. sehabis selesai akan direview atau dipresentasikan pamaknaan dari display papan tsb.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Kalau di terapkan dengan benar dan tepat bisa menciptakan sebuah group yang kuat & kompak, & buat sebuah perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan nya biar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Bagi Anda yang mau melaksanakan wisata outbound silahkan menelpon kita.