Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race adalah suatu bentuk permainan di alam bebas yang amat memerlukan kekompakan didalam suatu group. Seluruh kelompok outbound amazing race dikasih panduan untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap lokasi amazing race yang kontestan singgahi ada tantangan yang wajib mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai kontestan pada akhirnya finish di tempat terakhir. Outbound Amazing Race saat ini amat digemari oleh banyak lembaga pemerintah maupun perusahaan amazing race outbound ini sangat mengasyikan karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton seperti jenis outbound lainnya. Dalam amazing race outbound banyak permainan yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian individu dalam membentuk kelompok.
- Meningkatkan serta berbagi pengetahuan di dalam hal memotivasi individu dan memotivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan pribadi dan team yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Mengembangkan mutu & kwalitas jiwa leadership dengan kemampuan pribadi di dalam keterbukaan mengatasi masalah dan membentuk karakter kerja yang tepat.
- Mengembangkan jiwa leadership individu dan jiwa leadership di dalam team
Berbagai Type Outbound Amazing Race
- Amazing Race di 1 tempat
Aktivitas outbound amazing race di 1 tempat tentunya bisa hemat modal. Tempat yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan ada beberapa area yang natural, seperti misalnya: Kebun binatang, area wisata.
Pertama-tama anggota dikelompokan jadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih pedoman arah tempat selanjutnya yang bakal mereka datangi. Bila berlokasi di taman margasatwa, maka kontestan bakal menuju ke beberapa area sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara gamblang dinyatakan peserta harus mencari tahu nama latin binatang itu.
Di tempat yang mereka singgahi, mereka bakal mendapat permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di sarang binatang maupun area tertentu
- Joget maupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Permainan amazing race outbound diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain harus menyelesaikan permainan) bakal di tentukan dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot adalah tempat dimana peserta wajib berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah area terakhir yang mesti kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Amazing Race di Perbukitan
Apabila Kamu lebih senang tantangan dengan jenis petualangan di alam bebas, maka amazing race outbound pada perbukitan ialah pilihan yang cocok. Agar semua kontestan bisa melakukan permainan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberi arahan mengenai navigasi (menemukan arah yang pas) dan jungle survivor (jika game 2 hari 1 malam di gunung atau hutan
Salah satu pengarahan dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi supaya tidak kesasar
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan alat dapur dari jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah-buahan yang dapat dan tidak bisa dimakan
- Cara mendapatkan air minum (apabila persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknis pelaksanaan, mereka harus memiliki team pemantau yang sudah expert dalam jungle survivor. Sehingga enggak akan ada yang kesasar. Tim pemantau dapat memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Permainan dengan Target
Gamenya: Kaen ukuran 2,5 meter X 3 meter di bentangkan dalam jarak 10 meteran. dalam Kaen itu di lukis target target perusahaaan dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bersama. Dikasih space kosong untuk ditembak. peralatan tembak berasal dari paint ball, Di mana seluruh akan akan secara bergantian melakukan tembakan didalam Kain tsb.
Pilar 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksi nya … pilih saja 3 peserta tiap tim. bikin mummy dr tisue yg diberikan. Cuma ada enam gulung tisue toilet tiap kelompok. Jadi setiap orang Cuma 2 gulung tissu dan mesti dapat membikin mumi seefektif mungkin
Poin yg dicapai
- Mengotimalkan bahan seadanya dengan 2 gulung tissu bisa membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas & totalitas peserta yang di jadikan mumi (jadi Poinnya, setiap lembaga memerlukan orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi keinginan bareng)
- Strategi, dimana tiap tim yg mampu menganalisis peluang dan rintangan, kesempatan berhasil dengan memakai anggota yg kecil kurus. Maka Bila team mampu menganalisis pastinya akan memakai peserta yang kurus kecil. akan tetapi Jikalau kelompok enggak sanggup melihat kesempatan pasti akan menggunakan orang asal asalan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. namun tiap peningkatan perusahaan mesti di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap tim diberikan kain maupun terpal berukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali-tali & pada tali di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar didalamnya. kain atau terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan aturan menukar dan kain maupun terpal enggak boleh terjatuh ketanah. setiap orang yg berpindah mesti mengambil satu kertas kecil tsb tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta kumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di peroleh tiap anggota.
Peserta yang Mengerjakan perpindahan dengan baik akan mendapat min 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, supaya gak bertabrakan ketika pindah.
- Komunikasi, orang biar tidak berada di titik yg sama.
- Strategi, biar tiap anggota bisa memiliki kesempatan rotasi dan merampungkan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan mengamati kawan dan tempat jadi rotasi akan berjalan baik.
- Menghilangkan ego sebab Apabila setiap peserta akan pindah lebih dahulu, anggota yg terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yang diperoleh ditempat 3 dapat di kumpulkan menjadi 1 didalam group. diberikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. setiap grup dapat menyusun gambar yg di peroleh dititik tiga di dalam sebuah papan yang memberikan esensi & makna. sesudah selesai maka dipresentasikan ataupun direview pamaknaan dari papan display tsb.
Ini merupakan salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Jika dilaksanakan dengan tepat dan benar dapat menghasilkan suatu group yang kompak & kuat, dan untuk suatu instansi hal ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya biar memiliki loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities.
Untuk kamu yang mau mengikuti kegiatan outbound dapat menelpon kami.