Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah sebuah kegiatan di luar ruangan yang sangat butuh kerjasama dalam sebuah group. Tiap kelompok amazing race outbound diberi panduan untuk mencapai area tertentu. Di setiap tempat outbound amazing race yang mereka tuju terdapat permainan yang mesti kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga mereka akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini sangat digemari oleh berbagai lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race ini amat asyik karena area berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound biasa. Di dalam amazing race terdapat permainan yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Sasaran Outbound Amazing Race
- Menambah kapasitas pribadi dalam membentuk tim.
- Meningkatkan dan sharing pengetahuan di dalam hal memotivasi personal dan motivasi tim, menaikan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Mencapai perkembangan personal dan kelompok yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kapasitas pribadi dalam keterbukaan mengatasi masalah serta membentuk karakter kerja yang pas.
- Membangun kepemimpinan individu dan kepemimpinan di dalam team
Beberapa Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race Outbound pada 1 tempat
Kegiatan amazing race outbound di 1 lokasi tentu bisa mengirit modal. Lokasi yang digunakan sebisa mungkin lapang dan terdapat beragam area yang alami, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Di awal kontestan dibagi jadi beberapa team. Lalu mereka diberi panduan jalan lokasi berikut yang akan kontestan tuju. Kalau berlokasi di taman margasatwa, maka peserta bakal menuju ke beberapa lokasi kandang hewan tertentu. Petunjuk sarang hewan enggak secara detail dinyatakan peserta wajib mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang kontestan singgahi, kontestan akan memperoleh permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal binatang ataupun area tertentu
- Berjoget maupun menari sesuai dengan intruksi, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana kontestan wajib menuntaskan aktivitas) bakal di tentukan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah area dimana pemain mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area terakhir yang mesti kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Bila Kalian lebih suka kegiatan seperti adventure di alam lepas, maka outbound amazing race di gunung merupakan referensi yang sesuai. Supaya semua pemain bisa menjalankan perlombaan dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (bila kegiatan 2 hari satu malam di pegunungan atau hutan
Salah satu petunjuk di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi biar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Menggunakan alat dapur versi jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah-buahan yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi
- Tips mendapat air minum (apabila stok habis, dan lain-lain
Di dalam teknis pelaksanaan, mereka harus memiliki team pemantau yg telah expert didalam jungle survivor. Jadi gak akan ada yang kesasar. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Permainan Amazing Race
Pilar 1: Contoh Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen berukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meteran. di dalam Kain tersebut dilukis target perusahaaan didalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bersama. di beri tempat kosong untuk di tembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Dimana semua peserta akan bergantian menembak di dalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksinya … pilih saja 3 org tiap tim. membuat mumy dari tisu yg dibagikan. Cuma terdapat enam gulung tisue toilet setiap kelompok. Jadi setiap orang Hanya dua gulung tisue dan mesti dapat bikin mumy sebisa mungkin
Nilai yg digapai
- Menggunakan sumber daya seadanya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang di jadikan mumi (jadi Tujuannya, tiap instansi membutuhkan orang orang seperti ini yg rela mengorbankan diri demi tujuan bareng)
- Strategy, dimana tiap team yang dapat melihat peluang dan rintangan, kesempatan berhasil dengan memakai peserta yang kecil kurus. Maka Kalau team bisa menganalisis tentunya akan memilih peserta yang kecil kurus. namun Bila tim enggak dapat melihat kesempatan tentunya akan menggunakan orang sembarangan.
- Dilarang menganalisis sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tetapi setiap peningkatan perusahaan wajib di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap grup di bagikan kain maupun terpal berukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali – tali dan di tali di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal maupun kain dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan peraturan bertukar & kain ataupun terpal tak boleh terjatuh ketanah. tiap orang yang bertukar mesti ambil satu kertas itu tanpa membukanya. sesudah waktu habis peserta kumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas yg didapatkan tiap peserta.
Anggota yang Melaksanakan perpindahan dengan baik akan mendapat minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda.
Inti Permainan:
- Komando, supaya tidak tabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, peserta biar enggak berada di tempat yang sama.
- Strategy, supaya tiap orang bisa mempunyai peluang rotasi & merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan melihat tempat dan kawan sehingga rotasi dapat berjalan secara baik.
- Mengesampingkan keegoisan sebab Apabila tiap anggota mau berpindah terlebih dulu, orang yg terakhir akan kehabisan space.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yg didapatkan di pos 3 akan dikumpulkan jadi 1 di dalam kelompok. dibagikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) & papan sterofom. setiap grup akan menyusun gambar yang di peroleh ditempat tiga di dalam sebuah papan yg memberi esensi dan makna. sehabis selesai akan direview atau dipresentasikan pamaknaan dari papan itu.
Ini merupakan salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yg Jika di terapkan secara benar & tepat bisa menjadikan sebuah kelompok yang kuat dan kompak, & untuk suatu lembaga faktor ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawannya supaya punya loyalitas pada perusahaan & menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Untuk kamu yang ingin melaksanakan kegiatan outbound silahkan menghubungi kita.