Rancangan Outbound Amazing Race di Cikole

Outbound Amazing Race

Amazing Race ialah satu permainan di luar ruangan yang sangat memerlukan teamwork di dalam suatu team. Seluruh team amazing race dikasih pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di tiap-tiap lokasi outbound amazing race yang kontestan singgahi ada tantangan yang mesti peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke area berikutnya. Hingga mereka akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race saat ini sangat diminati oleh banyak perusahaan maupun lembaga pemerintah amazing race ini benar-benar asyik karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton layaknya jenis outbound biasa. Didalam amazing race outbound terdapat permainan yang seru yang bersifat kompetisi.

 

Sasaran Amazing Race Outbound

  • Meningkatkan kapasitas personal didalam membentuk kelompok.
  • Menaikan dan sharing pengalaman dalam hal memotivasi personal dan memotivasi kelompok, meningkatkan rasa PD, dan produktivitas.
  • Meraih perkembangan pribadi dan kelompok yang diarahkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
  • Membangun mutu & kwalitas jiwa leadership dengan kapasitas pribadi didalam keterbukaan menangani konflik serta membangun budaya kerja yang sesuai.
  • Membangun leadership individu dan kepemimpinan dalam team

Beragam Tipe Outbound Amazing Race

  1. Amazing Race Outbound di 1 lokasi

Aktivitas amazing race outbound di 1 area tentunya bisa mengirit biaya. Lokasi yang dipakai sebisa mungkin lapang dan terdapat berbagai tempat yang natural, salah satunya: Taman margasatwa, objek wisata.

Di awal anggota dikelompokan menjadi beberapa tim. Lalu mereka diberi pedoman arah tempat selanjutnya yang bakal mereka tuju. Bila berada di kebun binatang, maka peserta bakal pergi ke beragam lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara jelas dinyatakan kontestan wajib mencari tahu nama latin hewan itu.

Di area yang kontestan datangi, kontestan bakal mendapatkan permainan seperti:

  • Games team building Dan Word Puzzle
  • Selfie di sarang binatang atau lokasi tertentu
  • Berjoget ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.

 

  1. Amazing Race Adventure
  • Kegiatan outbound amazing race dimulai dari area tertentu dengan mobil yang disiapkan.
  • Game Spot (lokasi dimana kontestan mesti merampungkan aktivitas) akan di tentukan di dalam pedoman yang diberikan.
  • Break Spot merupakan lokasi dimana peserta harus berhenti dengan jangka waktu tertentu.
  • Finish Point ialah area finish yang mesti kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
  1. Amazing Race di Pegunungan

Kalau Kamu lebih suka tantangan dengan jenis adventure di alam lepas, maka amazing race outbound di pegunungan ialah opsi yang pas. Biar seluruh kontestan bisa melaksanakan game dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (apabila game dua hari satu malam di perbukitan maupun hutan

Salah satu pengarahan dalam jungle survivor adalah:

  • Navigasi, mempergunakan kompas dan strategi biar tidak kesasar
  • Membuat tenda
  • Memakai alat dapur buatan jungle survivor
  • Mendeteksi sayur dan buah yang boleh dan enggak dapat dikonsumsi
  • Tips mendapat air minum (bila stok air minum habis, dan lain sebagainya

 

Didalam teknis permainan, mereka harus punya tim pemantau yang sudah berpengalaman dalam jungle survivor. Maka enggak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.

Contoh Game Amazing Race

Pilar 1: Misal Kegiatan dengan Target

Gamenya: Kain ukurannya 2,5 meter X 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. di dalam Kain tersebut  digambar target perusahaaan didalam beberapa tempat, ataupun lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bareng. diberi ruang blank untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball,  Dimana semua tim akan secara bergantian menembak di dalam Kaen ini.

Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana

Instruksi … pilih saja tiga orang setiap tim. bikin mummy dari tisu yang di bagikan. Hanya ada enam gulung tisue WC setiap kelompok. Jadi setiap peserta Cuma 2 gulung tisu & mesti bisa membikin mumi seefektif mungkin

Point yg dicapai

  1. Memakai sumber daya seadanya dengan 2 gulung tisu bisa membungkus semua badan orang.
  2. Loyalitas dan totalitas peserta yang di jadikan mumi (jadi Valuenya, tiap lembaga memerlukan orang-orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi harapan bersama)
  3. Strategi, dimana tiap kelompok yg dapat menganalisis peluang & tanangan, kesempatan berhasil dengan memilih anggota yang kurus kecil. Jadi Bila team dapat menganalisis tentu saja akan memakai orang yang kecil. akan tetapi Kalau kelompok nggak sanggup menganalisis kesempatan pastinya akan menggunakan orang asal asalan.
  4. Dilarang menganalisis sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.

Pilar 3: Source oF Growth

Tiap group dibagikan terpal maupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali – tali & di tali ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh anggota. lalu diberikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lainnya dengan aturan bertukar dan kain maupun terpal tidak boleh jatuh ketanah. tiap peserta yg berpindah wajib ambil satu kertas tsb tanpa membukanya. sesudah waktu selesai orang kumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yang di peroleh tiap peserta.

Anggota yang Melaksanakan perpindahan secara baik akan mendapatkan minimal 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.

Inti Permainan:

  1. Komando, biar gak berbenturan ketika pindah.
  2. Komunikasi, anggota biar tak berada di posisi yang sama.
  3. Strategi, agar setiap orang dapat memiliki kesempatan rotasi dan menyelesaikan tugasnya.
  4. Pengetahuan lingkungan dengan mengamati kawan dan tempat sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
  5. Menghilangkan ego karena Bila tiap peserta ingin berpindah lebih dahulu, peserta yg akhir akan kehabisan tempat.

Pilar 4: Evaluation

Gambar gambar yang diperoleh dipos 3 dapat di kumpulkan jadi 1 didalam group. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). tiap group bisa menyusun gambar yang diperoleh ditempat tiga didalam papan yg memberi makna & esensi. sesudah selesai akan dipresentasikan maupun direview maksud dari papan ini.

Inilah salah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Bila diterapkan secara tepat dan benar dapat menghasilkan suatu tim yang kompak dan kuat, dan buat suatu perusahaan kondisi ini penting sekali untuk melatih tiap karyawan biar memiliki loyalitas pada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.

Beragam Tempat Amazing Race Di Bandung

Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.

Untuk Anda yang hendak mengikuti aktivitas outbound bisa menelpon kita.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

#EXCELLENT_SERVICE

#EXCELLENT_COMUNICATION
#EXCELLENT_PROVIDER

#EXCELLENT_PLANNER