Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race merupakan suatu bentuk permainan di alam terbuka yang amat memerlukan kerjasama didalam satu group. Seluruh team amazing race dikasih pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap tempat amazing race outbound yang kontestan tuju ada game yang mesti kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai mereka akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race sekarang ini amat digemari oleh beberapa lembaga pemerintah maupun perusahaan amazing race ini benar-benar mengasyikan karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton seperti outbound lainnya. Didalam amazing race terdapat gim-gim yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Goal Amazing Race
- Menaikan kepiawaian personal di dalam membentuk team.
- Meningkatkan serta berbagi ilmu didalam hal motivasi pribadi dan motivasi kelompok, menaikan rasa PD, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan personal dan kelompok yang diarahkan pada goal perusahaan, salah satu didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membangun mutu & kualitas jiwa leadership dengan kemampuan personal di dalam keterbukaan menangani konflik dan mengembangkan budaya kerja yang pas.
- Mengembangkan jiwa leadership personal dan leadership didalam team
Beberapa Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race Outbound di 1 tempat
Game amazing race outbound pada satu lokasi tentu bisa mengirit modal. Area yang digunakan sebisa mungkin luas dan ada berbagai tempat yang asri, salah satunya: Taman margasatwa, area wisata.
Di awal peserta dipisah menjadi beberapa team. Kemudian mereka diberi pedoman jalan lokasi berikut yang akan mereka datangi. Kalau berlokasi di kebun binatang, maka peserta bakal mengarah ke beragam lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara gamblang disampaikan peserta mesti mencari tahu nama latin hewan itu.
Di lokasi yang mereka datangi, peserta bakal memperoleh permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di sarang hewan maupun tempat tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Permainan amazing race outbound diawali dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta harus menyelesaikan kegiatan) akan di tentukan didalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot adalah tempat dimana peserta harus istirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah area terakhir yang mesti peserta tuju dan menentukan juara game.
- Amazing Race di Perbukitan
Bila Kalian lebih suka kegiatan seperti petualangan di alam bebas, maka outbound amazing race pada gunung merupakan opsi yang pas. Biar para pemain mampu menjalankan permainan dengan sesuai, maka harus ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (bila permainan 2 hari satu malam di pegunungan maupun alas
Contoh pengarahan didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik agar tidak salah arah
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat-alat masak buatan jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah-buahan yang bisa dan tidak dapat dimakan
- Trik mendapatkan air minum (kalau stok air minum habis, dan lain-lain
Di dalam teknis pelaksanaan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang telah berpengalaman didalam jungle survivor. Sehingga nggak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Contoh Permainan dengan Target
Gamenya: Kain ukurannya 3 meter x 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak sepuluh meteran. dalam Kaen ini dilukis target perusahaaan dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. Di kasih ruang blank untuk di tembak. peralatan tembak dari paint ball, Di mana semua peserta akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kain ini.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai dana
Instruksinya … Pilih 3 orang tiap kelompok. bikin mumy dr tisue yang di bagikan. Cuma ada 6 gulung tisue WC setiap kelompok. Jadi tiap peserta Cuma 2 gulung tisu dan mesti bisa Buat mumy seefektif mungkin
Poin yang di gapai
- Menggunakan bahan seada nya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang di jadikan mumi (jadi Pointnya, setiap lembaga memerlukan orang orang seperti ini yg mau berkorban demi harapan bareng)
- Strategy, di mana setiap team yg dapat melihat peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan memilih peserta yang kurus kecil. Sehingga Jika kelompok dapat melihat pastinya akan memilih peserta yang kurus kecil. akan tetapi Apabila kelompok nggak bisa menganalisis peluang tentu akan memilih peserta asal asalan.
- Jangan menganalisis sesuatu dr bentuk, cover maupun hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan mesti di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup dibagikan kain ataupun terpal berukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali-tali & di talinya ditaruh kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh orang. lalu di bagikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan bertukar & kain atau terpal tak boleh terjatuh kebawah. setiap orang yang berpindah harus mengambil 1 kertas tsb tanpa membuka nya. setelah waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yg didapatkan setiap orang.
Peserta yang Mengerjakan pertukaran dengan tepat akan mendapat minim 10 kertas kecil dengan gambar yang lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, agar tidak berbenturan saat pindah.
- Komunikasi, peserta agar enggak berada di titik yg sama.
- Strategy, biar setiap peserta bisa memiliki peluang rotasi dan menyelesaikan tugas.
- Wawasan lingkungan dengan melihat tempat dan kawan sehingga pertukaran dapat berjalan secara baik.
- Mengesampingkan ego sebab Jikalau tiap anggota mau berpindah lebih dulu, orang yang akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yg diperoleh dipos tiga akan di kumpulkan menjadi satu dalam kelompok. di berikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). tiap grup akan menyusun gambar yg di peroleh dititik 3 didalam sebuah papan yg memberikan makna dan esensi. sesudah selesai kemudian direview maupun dipresentasikan arti dari display papan tersebut.
Inilah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Jika diterapkan secara benar dan tepat akan menghasilkan suatu group yg kuat & kompak, dan untuk suatu lembaga faktor ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan agar memiliki loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Bagi kamu yang ingin melaksanakan aktivitas outbound bisa menghubungi kami.