Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race merupakan sebuah permainan di luar ruangan yang benar-benar membutuhkan teamwork di dalam suatu group. Semua group outbound amazing race diberi panduan untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap-tiap area amazing race yang peserta datangi terdapat tantangan yang mesti peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai kontestan pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini begitu diminati oleh beberapa lembaga pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini benar-benar seru karena area berpindah-pindah dan tidak monoton seperti outbound umumnya. Di dalam outbound amazing race ada game-game yang seru yang sifatnya kompetisi.
Goal Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kapasitas personal di dalam membangun tim.
- Menambah dan berbagi ilmu dalam hal motivasi pribadi dan motivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Meraih pertumbuhan pribadi dan tim yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu di dalamnya ialah perasaan saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membangun kualitas dan mutu kepemimpinan dengan kapasitas pribadi didalam keterbukaan menangani problem dan membangun kebiasaan kerja yang pas.
- Membangun jiwa leadership pribadi dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race pada satu area
Permainan outbound amazing race di satu lokasi tentu bisa hemat biaya. Tempat yang dipilih sebisa mungkin luas dan terdapat berbagai tempat yang natural, seperti misalnya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama kontestan dibagi jadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih pedoman arah tempat selanjutnya yang akan kontestan tuju. Bila bertempat di kebun binatang, maka kontestan akan mengarah ke berbagai tempat kandang hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara jelas disampaikan mereka harus mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di area yang mereka kunjungi, kontestan bakal mendapatkan game seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di kandang binatang ataupun lokasi tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Perlombaan amazing race outbound diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (area dimana pemain wajib menuntaskan kegiatan) akan ditetapkan dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot adalah lokasi dimana kontestan mesti berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area finish yang wajib kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Amazing Race di Gunung
Kalau Anda lebih senang kegiatan dengan jenis petualangan di alam bebas, maka amazing race outbound di perbukitan adalah opsi yang cocok. Biar semua peserta bisa melaksanakan game dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (menemukan jalan yang tepat) dan jungle survivor (apabila kegiatan 2 hari 1 malam di perbukitan ataupun hutan
Salah satu arahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik supaya enggak kesasar
- Membuat tenda
- Menggunakan alat masak buatan jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah yang dapat dan enggak boleh dimakan
- Trik mendapat air minum (kalau stok air minum habis, dan sebagainya
Dalam teknis pertandingan, mereka harus memiliki tim pemantau yg sudah ahli dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yg tersesat. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar 1: Misal Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 3 meter x 2,5 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. dalam Kaen ini digambar target perusahaaan dalam beberapa tempat, atau logo perusahaan sebagai tanda harapan bareng. di beri ruang blank untuk ditembak. peralatan tembak berasal dari paint ball, Di mana semua tim akan bergantian melakukan tembakan dalam Kaen tersebut.
Pilar 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksinya … Pilih tiga org setiap kelompok. bikin mumi dr tisu yg dibagikan. Hanya terdapat 6 gulung tisu toilet tiap kelompok. maka tiap peserta Cuma 2 gulung tisue dan harus dapat bikin mumi seefektif mungkin
Nilai yg di capai
- Memakai sumber daya seadanya dengan 2 gulung tissu bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas dan Loyalitas anggota yang di buat mummy (jadi Valuenya, tiap perusahaan membutuhkan orang semacam ini yang mau berkorban demi harapan bareng)
- Strategy, di mana tiap tim yang mampu menganalisis peluang & rintangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan peserta yang kurus kecil. Maka Apabila tim sanggup menganalisis pasti akan memakai anggota yg kurus kecil. akan tetapi Kalau kelompok enggak sanggup menganalisis kesempatan tentunya akan menggunakan orang asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. namun tiap peningkatan perusahaan mesti di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap tim di bagikan terpal maupun kain berukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya diberikan utasan tali-tali & di talinya ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan di dalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua orang. Kemudian dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lainnya dengan aturan menukar dan kain atau terpal enggak boleh terjatuh ketanah. tiap orang yg berpindah mesti ambil 1 kertas kecil tersebut tanpa membuka nya. setelah waktu habis peserta kumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yg di peroleh setiap anggota.
Orang yang Melaksanakan perpindahan dengan tepat akan mendapatkan minim 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Kunci Game:
- Komando, agar gak tabrakan ketika pindah.
- Komunikasi, orang agar tidak berada di posisi yang sama.
- Strategy, biar tiap peserta dapat mempunyai kesempatan berpindah dan menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan melihat kawan & tempat jadi perpindahan dapat berjalan baik.
- Mengesampingkan keegoisan karena Apabila tiap orang ingin pindah lebih duluan, orang yang terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg di dapatkan di pos 3 akan di kumpulkan menjadi satu di dalam group. di berikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) dan papan sterofom. tiap kelompok dapat menyusun gambar yg didapatkan di pos tiga di dalam papan yang memberikan esensi dan makna. sesudah selesai akan dipresentasikan ataupun direview maksud dari papan tsb.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Apabila di terapkan dengan tepat & benar akan menciptakan sebuah kelompok yang kuat dan kompak, dan untuk suatu perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawannya supaya punya loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Untuk kamu yang ingin mengikuti aktivitas outbound silahkan mengontak kami.