Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah sebuah permainan di alam lepas yang sangat memerlukan kekompakan didalam sebuah tim. Semua tim outbound amazing race dikasih petunjuk untuk menuju area tertentu. Di setiap tempat amazing race outbound yang mereka singgahi terdapat tantangan yang wajib kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area berikutnya. Sampai mereka akhirnya finish di area terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini amat digemari oleh banyak perusahaan ataupun lembaga pemerintah outbound amazing race ini sangat asyik karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton seperti jenis outbound lainnya. Dalam amazing race outbound banyak game-game yang asyik yang bersifat kompetitif.
Goal Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kepiawaian personal didalam membangun tim.
- Menambah serta berbagi pengalaman di dalam hal motivasi personal dan motivasi tim, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan pribadi dan tim yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu didalamnya ialah rasa saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu leadership dengan kemampuan personal di dalam keterbukaan mengatasi masalah dan membentuk kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membangun leadership pribadi dan jiwa leadership dalam team
Beberapa Tipe Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada satu area
Permainan amazing race outbound di 1 tempat tentu dapat mengirit uang. Area yang dipilih sedapat mungkin lapang dan terdiri dari beragam tempat yang natural, salah satu contoh: Kebun binatang, lokasi wisata.
Pertama-tama kontestan dikelompokan jadi beberapa team. Lalu mereka dikasih pedoman arah area selanjutnya yang bakal peserta singgahi. Kalau berlokasi di taman margasatwa, maka kontestan bakal menuju ke beragam area sarang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara gamblang dinyatakan peserta mesti mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang kontestan kunjungi, peserta bakal mendapat permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di sarang hewan ataupun lokasi tertentu
- Bernyanyi atau bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Permainan amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (tempat dimana kontestan mesti menuntaskan perlombaan) akan ditetapkan didalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot adalah lokasi dimana peserta harus beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area terakhir yang mesti peserta tuju dan menentukan juara game.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Bila Kamu lebih suka tantangan dengan jenis petualangan di alam lepas, maka amazing race di gunung merupakan pilihan yang cocok. Agar semua kontestan dapat menjalankan game dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan mengenai navigasi (mencari jalan yang pas) dan jungle survivor (apabila kegiatan dua hari 1 malam di pegunungan ataupun hutan
Contoh pengarahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik agar enggak tersesat
- Membikin tenda
- Menggunakan alat-alat masak dari jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah-buahan yang dapat dan tidak dapat dimakan
- Cara mendapat air minum (bila stok habis, dan lain sebagainya
Dalam teknis pertandingan, mereka mesti mempunyai team pemantau yang sudah expert di dalam jungle survivor. Sehingga tak akan ada yg kesasar. Tim pemantau akan memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Permainan Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan dalam jarak 10 meteran. dalam Kain tersebut dilukis target perusahaaan di dalam beberapa tempat, maupun logo perusahaan sebagai tanda harapan bersama. di beri ruang kosong untuk di tembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Di mana segala tim akan bergantian menembak di dalam Kaen tsb.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja 3 peserta setiap team. membikin mumy dari tisu yang di bagikan. Cuma terdapat enam gulung tisue WC tiap kelompok. maka tiap peserta Hanya 2 gulung tisu dan mesti dapat bikin mumi seefektif mungkin
Value yang di gapai
- Memakai sumber daya seada nya dengan 2 gulung tisue bisa membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg dijadikan mumy (jadi Tujuannya, setiap perusahaan membutuhkan orang seperti ini yang mau berkorban demi keinginan bareng)
- Strategi, di mana tiap kelompok yg bisa menganalisis kesempatan & rintangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yg kurus kecil. Sehingga Jikalau kelompok bisa menganalisis pasti akan menggunakan anggota yg kecil kurus. namun Apabila team tak mampu menganalisis kesempatan tentu akan memilih orang asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan mesti di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap group di bagikan kain maupun terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali tali & di tali di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan bertukar dan terpal atau kain nggak boleh jatuh ke tanah. tiap orang yg berpindah wajib mengambil satu kertas ini tanpa membuka nya. sehabis waktu habis peserta kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yang didapatkan tiap anggota.
Peserta yg Mengerjakan pertukaran dengan baik akan mendapat minimal 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Inti Game:
- Komando, agar tidak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, orang supaya enggak berada di titik yg sama.
- Strategi, agar setiap peserta dapat memiliki kesempatan rotasi dan merampungkan tugas.
- Pemahaman situasi dengan mengamati tempat & kawan sehingga pertukaran akan berjalan baik.
- Mengesampingkan keegoisan sebab Apabila tiap orang ingin pindah lebih dulu, orang yg akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg di dapatkan di pos 3 akan dikumpulkan menjadi satu di dalam grup. diberikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) & papan sterofom. setiap grup bisa menyusun gambar yg di peroleh ditempat 3 dalam papan yg memberikan esensi & makna. sehabis selesai maka direview ataupun dipresentasikan arti dari papan display ini.
Inilah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yg Jika di terapkan secara tepat dan benar bisa menciptakan suatu kelompok yg kompak & kuat, & buat sebuah perusahaan kondisi ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan supaya punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi kamu yang hendak mengikuti aktivitas outbound dapat menelpon kita.