Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race ialah satu permainan di luar ruangan yang amat butuh kerjasama di dalam sebuah tim. Setiap kelompok amazing race outbound diberi panduan untuk menuju lokasi tertentu. Di setiap lokasi outbound amazing race yang mereka singgahi terdapat permainan yang wajib kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat selanjutnya. Hingga peserta pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini sangat digandrungi oleh banyak perusahaan maupun instansi pemerintah amazing race ini benar-benar asyik karena area berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound umumnya. Di dalam amazing race banyak permainan yang seru yang bersifat kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian individu di dalam mengembangkan kelompok.
- Meningkatkan dan berbagi ilmu dalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan kinerja.
- Meraih pertumbuhan pribadi dan team yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Mengembangkan mutu dan kualitas kepemimpinan dengan kapasitas pribadi dalam keterbukaan menangani konflik dan membangun budaya kerja yang tepat.
- Membangun leadership personal dan leadership dalam team
Beragam Jenis Amazing Race
- Amazing Race di satu area
Game outbound amazing race pada satu lokasi tentu akan menghemat biaya. Tempat yang dipakai sebisa mungkin lapang dan ada berbagai area yang alami, salah satu contoh: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama-tama anggota dipisah jadi beberapa team. Mereka lalu diberi pedoman jalan lokasi berikutnya yang bakal kontestan datangi. Jika berada di taman margasatwa, maka peserta bakal pergi ke berbagai area tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara detail dinyatakan peserta mesti mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang mereka kunjungi, kontestan bakal mendapat game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di sarang hewan maupun lokasi tertentu
- Bernyanyi ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Permainan outbound amazing race diawali dari area tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain wajib menuntaskan aktivitas) bakal ditetapkan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah lokasi dimana peserta harus berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point ialah area finish yang wajib peserta tuju dan menentukan pemenang game.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Bila Kalian lebih senang perlombaan dengan jenis adventure di alam bebas, maka amazing race di perbukitan adalah opsi yang tepat. Biar semua kontestan mampu melakukan permainan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberikan pengarahan masalah navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari satu malam di perbukitan maupun alas
Contoh arahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik biar enggak salah jalan
- Membikin tenda
- Memakai peralatan dapur buatan jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah-buahan yang dapat dan tidak dapat dimakan
- Tips memperoleh air minum (jika persediaan habis, dan lain sebagainya
Dalam teknik pelaksanaan, mereka mesti mempunyai tim pemantau yang sudah ahli didalam jungle survivor. Jadi tak akan ada yang kesasar. Team pemantau dapat memantau pergerakan grup tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukurannya 2,5 meter X 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. dalam Kaen tersebut di gambar target target perusahaaan dalam beberapa tempat, maupun lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. Di kasih space blank untuk di tembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Di mana segala tim akan bergantian melakukan tembakan didalam Kain itu.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja 3 org setiap team. Buat mumi dari tisue yang di bagikan. Hanya ada 6 gulung tisu toilet tiap tim. maka per orang Cuma dua gulung tissu & harus dapat Buat mummy seefektif mungkin
Tujuan yg digapai
- Memaksimalkan bahan seadanya dengan 2 gulung tisu bisa membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang dijadikan mumi (jadi Valuenya, setiap instansi membutuhkan orang-orang semacam ini yang rela berkorban demi keinginan bersama)
- Strategi, dimana setiap tim yang dapat melihat peluang dan tanangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan anggota yg kecil. Sehingga Jikalau tim dapat melihat tentu saja akan memilih orang yg kurus kecil. tapi Jika tim enggak mampu melihat peluang tentu akan menggunakan anggota asal asalan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup di bagikan terpal maupun kain ukurannya 3 meter x 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali – tali dan di tali dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. kain atau terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua orang. lalu di berikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan menukar & terpal atau kain enggak boleh jatuh ketanah. setiap orang yg bertukar mesti ambil satu kertas tsb tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yang di dapatkan tiap peserta.
Orang yang Melakukan rotasi secara tepat akan mendapatkan minim 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Kunci Permainan:
- Komando, supaya tidak bertabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta biar gak menempati posisi yang sama.
- Strategi, agar setiap orang bisa mempunyai peluang rotasi dan merampungkan tugasnya.
- Pengetahuan situasi dengan memperhatikan kawan dan tempat jadi perpindahan bisa berjalan baik.
- Mengesampingkan keegoisan karena Kalau tiap anggota ingin pindah lebih dulu, peserta yg terakhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yang didapatkan dititik 3 bisa di kumpulkan jadi satu di dalam group. di bagikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) dan papan sterofom. setiap group bisa menyusun gambar yang didapatkan dipos 3 dalam papan yg memberi esensi dan makna. seusai selesai maka dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan display ini.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Kalau dilaksanakan dengan tepat dan benar bisa menghasilkan suatu tim yg kuat dan kompak, dan buat suatu perusahaan hal ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan nya supaya memiliki loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Bagi Anda yang hendak melaksanakan aktivitas outbound dapat menghubungi kita.