Amazing Race
Outbound Amazing Race adalah satu permainan di luar ruangan yang benar-benar butuh kerjasama dalam suatu group. Semua team amazing race diberi pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di setiap area outbound amazing race yang kontestan singgahi ada game yang harus kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat selanjutnya. Sampai mereka pada akhirnya finish di tempat terakhir. Outbound Amazing Race saat ini begitu digandrungi oleh beberapa instansi pemerintah atau perusahaan amazing race ini amat mengasyikan karena lokasi berganti-ganti dan enggak monoton layaknya outbound lainnya. Dalam amazing race outbound terdapat game-game yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Menambah kapasitas personal dalam membentuk kelompok.
- Menaikan dan sharing ilmu dalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi kelompok, menambah rasa percaya diri, dan produktivitas.
- Meraih pertumbuhan individu dan team yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan kualitas dan mutu kepemimpinan dengan kepiawaian individu didalam keterbukaan mengatasi masalah dan membangun budaya kerja yang sesuai.
- Mengembangkan jiwa leadership pribadi dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Type Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada 1 lokasi
Kegiatan outbound amazing race pada 1 tempat pastinya akan menghemat uang. Tempat yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan terdiri dari berbagai tempat yang alami, salah satunya: Kebun binatang, objek wisata.
Pertama-tama kontestan dipisah jadi beberapa kelompok. Lalu mereka diberi panduan jalan area berikut yang bakal kontestan datangi. Jika berada di taman margasatwa, maka kontestan akan menuju ke beragam area sarang hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara gamblang dinyatakan peserta harus mencari tahu nama latin hewan itu.
Di lokasi yang mereka singgahi, peserta bakal mendapat game seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di sarang hewan ataupun area tertentu
- Joget maupun menari sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Amazing Race Adventure
- Perlombaan amazing race outbound diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana kontestan mesti merampungkan permainan) akan ditetapkan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot merupakan tempat dimana peserta mesti beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat akhir yang mesti pemain tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Amazing Race di Gunung
Apabila Kalian lebih suka tantangan dengan jenis adventure di alam terbuka, maka amazing race pada gunung adalah referensi yang tepat. Biar para pemain bisa melaksanakan permainan dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberi arahan masalah navigasi (mencari arah yang sesuai) dan jungle survivor (apabila kegiatan 2 hari 1 malam di gunung atau alas
Salah satu petunjuk didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan strategi agar enggak tersesat
- Membuat tenda
- Memakai peralatan masak dari jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah yang bisa dan enggak dapat dimakan
- Trik memperoleh air minum (jika stok air minum habis, dan sebagainya
Di dalam teknis pelaksanaan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang telah expert dalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yg tersesat. Team pemantau akan memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kain ukurannya 2,5 meter x 3 meter dibentangkan didalam jarak sepuluh meter. didalam Kain ini dilukis target perusahaaan dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bareng. diberi space kosong untuk di tembak. Alat tembak dari paint ball, Di mana seluruh peserta akan bergantian melakukan tembakan di dalam Kain itu.
Pilar 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi … pilih saja 3 orang tiap tim. Buat mummy dr tisue yg di bagikan. Cuma terdapat 6 gulung tisue toilet setiap tim. Jadi setiap org Cuma dua gulung tissu & harus dapat Buat mumy seefektif mungkin
Value yg digapai
- Menggunakan bahan seadanya dengan 2 gulung tisu bisa membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg di jadikan mumi (jadi Nilainya, tiap instansi membutuhkan orang orang seperti ini yang rela mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategy, di mana setiap tim yg sanggup melihat peluang & tanangan, peluang berhasil dengan memakai anggota yg kurus kecil. Sehingga Jikalau kelompok sanggup melihat tentunya akan memakai anggota yg kecil kurus. akan tetapi Jikalau tim nggak bisa melihat peluang pastinya akan memilih peserta asal asalan.
- Jangan melihat segala sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan wajib di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap tim di bagikan terpal ataupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. disisinya di berikan utasan tali tali dan pada talinya ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua anggota. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lainnya dengan aturan bertukar dan terpal ataupun kain nggak boleh jatuh ketanah. setiap peserta yang bertukar harus mengambil satu kertas tsb tanpa membuka nya. sehabis waktu selesai orang kumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yang di dapatkan setiap peserta.
Peserta yg Melakukan perpindahan secara baik akan memperoleh minimal 10 kertas dengan gambar yang lain lain.
Kunci Game:
- Komando, supaya enggak berbenturan saat pindah.
- Komunikasi, peserta supaya tidak menempati tempat yang sama.
- Strategi, supaya tiap anggota bisa mempunyai peluang berpindah dan merampungkan tugas.
- Wawasan lingkungan dengan memperhatikan kawan & tempat jadi perpindahan akan berjalan secara baik.
- Merendahkan keegoisan karena Jikalau tiap orang akan berpindah lebih dahulu, orang yang terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar yg didapatkan di pos 3 bisa dikumpulkan menjadi 1 dalam kelompok. dibagikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) dan papan sterofom. setiap grup dapat menyusun gambar yg diperoleh dipos tiga dalam sebuah papan yang memberi makna dan esensi. sesudah selesai akan direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan ini.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Bila diterapkan dengan benar & tepat akan menghasilkan suatu group yang kompak dan kuat, & untuk sebuah lembaga faktor ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan biar punya loyalitas pada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi kalian yang hendak melaksanakan aktivitas outbound silahkan menghubungi kami.