Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race ialah sebuah kegiatan di luar ruangan yang sangat butuh teamwork di dalam sebuah tim. Tiap team amazing race outbound dikasih petunjuk untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap-tiap lokasi amazing race outbound yang mereka datangi terdapat game yang mesti mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat selanjutnya. Hingga kontestan pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini sangat digandrungi oleh banyak lembaga pemerintah atau perusahaan outbound amazing race ini amat seru karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Di dalam amazing race outbound ada gim-gim yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Goal Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kemampuan pribadi dalam mengembangkan kelompok.
- Meningkatkan serta sharing ilmu didalam hal memotivasi individu dan memotivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Menggapai pertumbuhan pribadi dan kelompok yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu didalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Mengembangkan mutu dan kualitas leadership dengan kemampuan pribadi dalam keterbukaan menangani problem serta membentuk kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membangun jiwa leadership personal dan leadership di dalam team
Beragam Jenis Amazing Race Outbound
- Amazing Race di 1 area
Aktivitas amazing race di 1 tempat tentu dapat menghemat biaya. Tempat yang dipakai sedapat mungkin lapang dan ada beberapa area yang alami, salah satunya: Kebun binatang, area wisata.
Pertama-tama peserta dibagi jadi beberapa kelompok. Mereka lalu dikasih panduan arah tempat berikutnya yang akan peserta datangi. Apabila berlokasi di kebun binatang, maka kontestan akan menuju ke berbagai area tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk kandang binatang tidak secara gamblang disampaikan peserta mesti mengetahui nama latin binatang itu.
Di tempat yang peserta singgahi, mereka akan mendapat permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal binatang atau area tertentu
- Joget maupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan sebagainya.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Permainan amazing race diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib menyelesaikan permainan) akan ditetapkan didalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan tempat dimana peserta mesti istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah area akhir yang mesti peserta tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Jika Anda lebih suka tantangan seperti petualangan di alam lepas, maka amazing race di gunung adalah pilihan yang sesuai. Biar seluruh kontestan bisa melaksanakan perlombaan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (apabila game 2 hari satu malam di perbukitan atau hutan
Contoh petunjuk di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan taktik supaya tidak kesasar
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat masak buatan jungle survivor
- Mencari sayur dan buah-buahan yang bisa dan tidak dapat dimakan
- Cara mendapatkan air minum (bila stok habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknis pelaksanaan, mereka mesti memiliki team pemantau yg sudah ahli di dalam jungle survivor. Jadi nggak akan ada yg kesasar. Tim pemantau akan memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misal Permainan dengan Target
Permainannya: Kain ukuran 2,5 meter X 3 meter di bentangkan dalam jarak sepuluh meteran. dalam Kaen ini dilukis target perusahaaan didalam beberapa space, maupun logo perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. di beri tempat blank untuk ditembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Di mana setiap peserta akan bergantian menembak didalam Kaen tsb.
Pilar 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja 3 orang tiap kelompok. bikin mummy dari tisue yg dibagikan. Hanya terdapat enam gulung tissu toilet tiap tim. maka tiap peserta Hanya 2 gulung tisue dan wajib dapat membuat mummy seefektif mungkin
Poin yang digapai
- Menggunakan sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu dapat membungkus seluruh badan orang.
- totalitas & Loyalitas anggota yg dijadikan mumy (jadi Tujuannya, setiap industri memerlukan orang seperti ini yang rela berkorban demi keinginan bersama)
- Strategi, dimana setiap kelompok yang sanggup melihat peluang & tanangan, peluang berhasil dengan memilih peserta yang kecil. Sehingga Bila tim sanggup menganalisis pastinya akan memakai peserta yang kecil kurus. namun Apabila kelompok enggak sanggup menganalisis kesempatan pasti akan memakai orang asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tetapi setiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap grup di berikan terpal ataupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali tali dan pada talinya dipasang kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh anggota. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan bertukar dan terpal maupun kain nggak boleh terjatuh kebawah. tiap anggota yang bertukar wajib mengambil satu kertas ini tanpa membuka nya. sesudah waktu habis peserta kumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yang di peroleh tiap peserta.
Orang yg Melakukan pertukaran secara baik akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Inti Game:
- Komando, supaya enggak tabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, peserta agar nggak berada di titik yg sama.
- Strategi, agar setiap anggota bisa punya peluang rotasi & merampungkan tugasnya.
- Pemahaman lingkungan dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi pertukaran dapat berjalan secara baik.
- Menghilangkan keegoisan karena Kalau setiap anggota akan pindah lebih dulu, orang yang terakhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg didapatkan dititik tiga akan dikumpulkan menjadi 1 didalam grup. di bagikan papan sterofom & peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). tiap grup akan menyusun gambar yg diperoleh ditempat 3 didalam papan yg memberi makna & esensi. seusai selesai maka direview maupun dipresentasikan arti dari display papan itu.
Ini adalah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Jikalau diterapkan secara benar & tepat bisa menjadikan sebuah tim yang kompak dan kuat, & bagi suatu perusahaan faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawannya biar mempunyai loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Area Amazing Race Outbound Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Untuk kalian yang hendak melaksanakan kegiatan outbound silahkan menghubungi kita.