Amazing Race Outbound
Amazing Race Outbound ialah suatu permainan di luar ruangan yang amat membutuhkan kerjasama didalam sebuah kelompok. Semua team amazing race diberi panduan untuk mencapai lokasi tertentu. Di setiap area amazing race yang mereka datangi ada permainan yang mesti mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai kontestan akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race Outbound saat ini begitu digemari oleh beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah outbound amazing race ini benar-benar asyik karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya jenis outbound lainnya. Dalam amazing race banyak permainan yang asyik yang bersifat kompetitif.
Goal Amazing Race
- Menambah kapasitas personal didalam mengembangkan kelompok.
- Menambah serta sharing pengetahuan dalam hal motivasi pribadi dan memotivasi tim, menaikan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Menggapai perkembangan individu dan kelompok yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu dan kwalitas kepemimpinan dengan kepiawaian individu dalam keterbukaan mengatasi konflik dan membangun kebiasaan kerja yang sesuai.
- Mengembangkan kepemimpinan individu dan kepemimpinan di dalam team
Beberapa Tipe Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada satu lokasi
Aktivitas amazing race outbound di 1 tempat tentunya bisa menghemat uang. Tempat yang dipakai sedapat mungkin luas dan terdapat beberapa tempat yang natural, salah satunya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama anggota dikelompokan menjadi beberapa team. Mereka lalu dikasih petunjuk jalan lokasi selanjutnya yang akan kontestan datangi. Jika berlokasi di taman margasatwa, maka mereka akan menuju ke berbagai tempat tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara jelas dinyatakan kontestan wajib mencari tahu nama latin binatang itu.
Di area yang peserta singgahi, kontestan bakal mendapatkan permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di kandang hewan ataupun lokasi tertentu
- Berjoget atau bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Kegiatan outbound amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (area dimana kontestan mesti menyelesaikan kegiatan) akan di tentukan didalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana peserta wajib berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point ialah area finish yang mesti kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Bila Anda lebih menyukai tantangan dengan jenis adventure di alam terbuka, maka amazing race pada pegunungan merupakan opsi yang sesuai. Agar para pemain mampu menjalankan game dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberi pengarahan mengenai navigasi (mencari arah yang tepat) dan jungle survivor (jika kegiatan 2 hari 1 malam di pegunungan ataupun hutan
Contoh petunjuk di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi agar tidak salah arah
- Membikin tenda
- Menggunakan alat dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah-buahan yang bisa dan tidak dapat dimakan
- Trik mendapat air minum (jika persediaan habis, dan lain-lain
Di dalam teknis permainan, mereka wajib punya team pemantau yang sudah ahli di dalam jungle survivor. Maka tak akan ada yg kesasar. Tim pemantau akan memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Target
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meteran. dalam Kaen tersebut dilukis target perusahaaan di dalam beberapa tempat, ataupun lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. di beri tempat kosong untuk ditembak. Alat tembaknya berasal dari paint ball, Di mana seluruh peserta akan secara bergantian menembak didalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi nya … pilih saja 3 org tiap tim. Buat mumi dr tissu yg dibagikan. Cuma ada 6 gulung tissu WC setiap kelompok. maka per org Hanya 2 gulung tisu dan harus bisa membuat mumy seefektif mungkin
Nilai yg di gapai
- Memakai sumber daya seada nya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas & totalitas anggota yg di buat mumy (jadi Valuenya, setiap industri memerlukan orang-orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi keinginan bareng)
- Strategi, di mana tiap kelompok yang dapat menganalisis peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan memilih peserta yang kurus kecil. Sehingga Jikalau tim dapat menganalisis tentu saja akan memakai peserta yang kecil. tetapi Jikalau tim tak mampu menganalisis kesempatan pastinya akan memilih anggota sembarangan.
- Jangan menganalisis segala sesuatu dari cover, bentuk atau hasil. akan tetapi tiap peningkatan perusahaan wajib di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap kelompok diberikan terpal maupun kain ukuran 3 meter x 3 meter. disisinya di berikan utasan tali tali dan di tali ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh orang. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lainnya dengan peraturan berpindah dan terpal ataupun kain nggak boleh jatuh ke tanah. tiap anggota yang berpindah harus ambil 1 kertas kecil tersebut tanpa membukanya. setelah waktu selesai peserta kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas yg diperoleh setiap orang.
Peserta yg Melakukan pertukaran dengan tepat akan mendapatkan minim 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, biar gak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, anggota agar nggak menempati tempat yg sama.
- Strategy, biar tiap orang bisa memiliki kesempatan berpindah & merampungkan tugasnya.
- Pengetahuan lingkungan dengan melihat kawan dan tempat sehingga rotasi dapat berjalan tepat.
- Menghilangkan ego karena Jikalau setiap orang ingin pindah terlebih duluan, peserta yang akhir akan kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yang didapatkan ditempat tiga dapat di kumpulkan menjadi 1 didalam kelompok. diberikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap group akan menyusun gambar yg di peroleh dititik 3 di dalam papan yg memberikan esensi dan makna. seusai selesai maka dipresentasikan maupun direview pamaknaan dari papan ini.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Bila dilakukan secara benar & tepat dapat menghasilkan suatu kelompok yg kompak & kuat, dan bagi sebuah lembaga hal ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya agar punya loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Bagi kamu yang mau mengikuti aktivitas outbound bisa menelpon kami.