Amazing Race Outbound
Outbound Amazing Race adalah satu permainan di luar ruangan yang amat butuh kerjasama didalam sebuah kelompok. Seluruh group outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju area tertentu. Di tiap tempat amazing race outbound yang mereka singgahi terdapat game yang mesti peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat berikutnya. Hingga mereka akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini sangat digemari oleh banyak instansi pemerintah maupun perusahaan amazing race outbound ini amat asyik karena lokasi berganti-ganti dan tidak monoton seperti outbound biasa. Di dalam outbound amazing race ada permainan yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kemampuan personal di dalam membentuk kelompok.
- Menambah serta berbagi ilmu dalam hal motivasi personal dan motivasi tim, menaikan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Mencapai pertumbuhan individu dan tim yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya adalah rasa saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Mengembangkan kualitas dan mutu leadership dengan kepiawaian individu dalam keterbukaan mengatasi masalah dan membentuk kebiasaan kerja yang sesuai.
- Mengembangkan leadership individu dan jiwa leadership dalam team
Beragam Jenis Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada 1 area
Permainan outbound amazing race pada satu tempat pasti akan mengirit uang. Lokasi yang dipakai sedapat mungkin luas dan terdiri dari beragam tempat yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, tempat wisata.
Pertama-tama pemain dipisah menjadi beberapa team. Mereka lalu dikasih petunjuk arah area berikut yang bakal peserta singgahi. Apabila berada di taman margasatwa, maka kontestan akan menuju ke beberapa tempat sarang hewan tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara detail disampaikan kontestan harus mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang peserta tuju, mereka bakal memperoleh game seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di tempat tinggal hewan atau lokasi tertentu
- Bernyanyi maupun menari sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Perlombaan amazing race diawali dari area tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib merampungkan permainan) akan di tentukan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot merupakan area dimana kontestan harus beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi akhir yang wajib kontestan tuju dan menentukan juara perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Kalau Kamu lebih menyukai kegiatan seperti petualangan di alam lepas, maka amazing race di pegunungan merupakan referensi yang pas. Agar semua peserta dapat menjalankan perlombaan dengan sesuai, maka harus ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mencari jalan yang tepat) dan jungle survivor (jika game dua hari satu malam di pegunungan maupun alas
Salah satu pengarahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan strategi agar enggak tersesat
- Mendirikan tenda
- Memakai alat masak versi jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah-buahan yang dapat dan enggak dapat dikonsumsi
- Cara mendapatkan air minum (jika persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Didalam teknik pertandingan, mereka wajib mempunyai tim pemantau yg telah expert didalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yg tersesat. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan dalam jarak sepuluh meteran. didalam Kain tersebut di lukis target perusahaaan dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai tanda harapan bareng. diberi tempat kosong untuk ditembak. peralatan tembak dari paint ball, Di mana setiap peserta akan secara bergantian menembak dalam Kaen tersebut.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksinya … Pilih tiga org setiap tim. membuat mumy dr tisu yang di bagikan. Cuma terdapat enam gulung tisu WC setiap team. maka setiap peserta Cuma 2 gulung tissu dan mesti dapat membikin mummy seefektif mungkin
Poin yg dicapai
- Mengotimalkan bahan seadanya dengan dua gulung tisue bisa membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas anggota yang dibuat mumi (jadi Tujuannya, setiap perusahaan memerlukan orang – orang seperti ini yg mau berkorban demi harapan bareng)
- Strategi, dimana tiap kelompok yang bisa menganalisis peluang & rintangan, peluang berhasil dengan memilih peserta yang kecil. Maka Apabila kelompok bisa menganalisis pasti akan memakai anggota yang kecil kurus. tapi Jika kelompok gak mampu menganalisis peluang tentu akan memakai orang sembarangan.
- Jangan menganalisis sesuatu dr bentuk, cover ataupun hasil. tetapi setiap peningkatan perusahaan mesti di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap group di berikan kain ataupun terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya diberikan utasan tali tali dan di tali ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh orang. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan bertukar & kain atau terpal tak boleh jatuh ke tanah. tiap anggota yg bertukar mesti mengambil 1 kertas ini tanpa membuka nya. seusai waktu habis orang berkumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yang di dapatkan setiap orang.
Anggota yang Melaksanakan perpindahan secara tepat akan memperoleh min 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Kunci Game:
- Komando, biar tidak berbenturan pada saat pindah.
- Komunikasi, orang supaya tak berada di tempat yg sama.
- Strategi, supaya tiap orang bisa memiliki peluang berpindah dan menyelesaikan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan memperhatikan tempat & kawan jadi perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Mengesampingkan ego karena Jikalau setiap peserta akan pindah terlebih dulu, anggota yang terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yg didapatkan dititik 3 bisa di kumpulkan menjadi 1 dalam grup. di berikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. setiap grup akan menyusun gambar yang di dapatkan ditempat tiga dalam sebuah papan yg memberikan makna dan esensi. sesudah selesai akan dipresentasikan ataupun direview arti dari papan display tersebut.
Ini ialah salah satu contoh pelaksanaan dari Outbound Amazing Race yang Jika dilakukan dengan benar dan tepat dapat menciptakan suatu group yg kompak dan kuat, & untuk sebuah lembaga hal ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawannya supaya punya loyalitas pada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Bagi Anda yang mau mengikuti kegiatan outbound silahkan menelpon kita.