Amazing Race
Amazing Race Outbound merupakan suatu bentuk kegiatan di luar ruangan yang benar-benar butuh kekompakan di dalam sebuah team. Seluruh group amazing race dikasih pedoman untuk menuju lokasi tertentu. Di setiap tempat amazing race outbound yang peserta datangi terdapat tantangan yang harus peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi berikutnya. Sampai mereka pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini begitu digemari oleh banyak lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini amat mengasyikan karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton seperti jenis outbound lainnya. Didalam amazing race outbound banyak game-game yang asyik yang sifatnya kompetisi.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kemampuan personal dalam membentuk tim.
- Menambah dan berbagi pengetahuan dalam hal motivasi pribadi dan memotivasi tim, menaikan rasa PD, dan kreativitas.
- Menggapai perkembangan personal dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membangun mutu & kualitas jiwa leadership dengan kapasitas pribadi didalam keterbukaan mengatasi masalah serta membangun budaya kerja yang pas.
- Membentuk leadership individu dan kepemimpinan didalam team
Beragam Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race di satu lokasi
Kegiatan amazing race di 1 lokasi tentunya akan menghemat uang. Lokasi yang dipakai semaksimalkan mungkin luas dan terdapat berbagai lokasi yang natural, seperti misalnya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Di awal peserta dikelompokan jadi beberapa kelompok. Lalu mereka diberi pedoman arah area selanjutnya yang bakal kontestan datangi. Jika bertempat di taman margasatwa, maka kontestan akan pergi ke beberapa lokasi kandang binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang tidak secara jelas disampaikan peserta harus mencari tahu nama latin binatang itu.
Di area yang kontestan singgahi, mereka bakal mendapat game seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di tempat tinggal binatang atau lokasi tertentu
- Berjoget atau bergaya sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Permainan amazing race outbound diawali dari tempat tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta harus menyelesaikan kegiatan) bakal ditetapkan di dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana peserta wajib istirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat finish yang wajib peserta tuju dan memutuskan juara perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Kalau Kalian lebih menyukai tantangan seperti petualangan di alam bebas, maka amazing race pada pegunungan merupakan referensi yang pas. Biar para pemain bisa melaksanakan permainan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberi pengarahan tentang navigasi (mencari jalan yang pas) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari satu malam di perbukitan maupun hutan
Salah satu arahan didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan strategi biar tidak kesasar
- Membikin tenda
- Memakai alat-alat masak dari jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah yang dapat dan tidak dapat dikonsumsi
- Tips mendapatkan air minum (jika stok habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknis permainan, mereka wajib mempunyai tim pemantau yg telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga gak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misalnya Game dengan Target
Permainannya: Kaen berukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan didalam jarak sepuluh meter. di dalam Kain ini digambar target perusahaaan didalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai tanda harapan bareng. diberi ruang blank untuk di tembak. peralatan tembak berasal dari paint ball, Dimana seluruh tim akan secara bergantian menembak di dalam Kain itu.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksinya … pilihlah 3 peserta setiap tim. membikin mummy dr tissu yang di berikan. Cuma terdapat enam gulung tisue toilet tiap tim. maka setiap peserta Hanya 2 gulung tisue & wajib dapat membikin mumi sebisa mungkin
Poin yg digapai
- Mengotimalkan sumber daya seada nya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas & totalitas anggota yang dibuat mumy (jadi Poinnya, tiap lembaga memerlukan orang-orang seperti ini yg rela mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategy, dimana tiap kelompok yang bisa menganalisis kesempatan dan rintangan, peluang berhasil dengan memakai orang yg kecil. Maka Jika tim sanggup menganalisis tentu akan memakai peserta yg kecil kurus. tapi Jika tim enggak sanggup menganalisis kesempatan pasti akan menggunakan anggota asal asalan.
- Dilarang melihat sesuatu dari bentuk, cover maupun hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap kelompok di berikan terpal ataupun kain ukurannya 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya diberikan utasan tali-tali dan di talinya ditaruh kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh peserta. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan menukar dan terpal maupun kain enggak boleh terjatuh kebawah. setiap orang yg bertukar wajib ambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yg diperoleh setiap orang.
Peserta yang Melaksanakan pertukaran secara tepat akan memperoleh min 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Kunci Game:
- Komando, agar tidak berbenturan saat rotasi.
- Komunikasi, orang supaya gak menempati posisi yg sama.
- Strategi, agar setiap peserta bisa memiliki kesempatan rotasi & menyelesaikan tugasnya.
- Wawasan situasi dengan mengamati tempat dan kawan sehingga perpindahan bisa berjalan secara baik.
- Menghilangkan keegoisan sebab Kalau tiap peserta ingin pindah lebih duluan, anggota yang akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yang di peroleh ditempat tiga akan di kumpulkan jadi satu di dalam grup. di bagikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) & papan sterofom. tiap tim bisa menyusun gambar yg di dapatkan dititik 3 didalam papan yang memberikan esensi & makna. seusai selesai maka dipresentasikan maupun direview pamaknaan dari display papan tsb.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yg Kalau dilakukan dengan benar & tepat bisa menghasilkan sebuah tim yg kuat & kompak, dan bagi sebuah lembaga kondisi ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan agar memiliki loyalitas pada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Tempat Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Untuk kamu yang hendak melaksanakan aktivitas outbound dapat menelpon kita.