Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah suatu aktivitas di alam lepas yang benar-benar memerlukan teamwork di dalam satu team. Seluruh team outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di setiap tempat amazing race outbound yang kontestan singgahi ada game yang mesti peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat selanjutnya. Sampai mereka pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race Outbound saat ini amat diminati oleh beberapa perusahaan ataupun lembaga pemerintah amazing race outbound ini amat asyik karena lokasi berpindah-pindah dan tidak monoton seperti outbound umumnya. Didalam amazing race terdapat gim-gim yang mengasyikan yang sifatnya kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kemampuan pribadi dalam membentuk team.
- Menambah serta sharing ilmu dalam hal motivasi personal dan memotivasi team, menambah rasa percaya diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan individu dan tim yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk didalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membangun mutu & kwalitas leadership dengan kemampuan personal dalam keterbukaan mengatasi problem serta membentuk kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membangun leadership pribadi dan leadership didalam team
Beberapa Jenis Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada satu area
Aktivitas outbound amazing race pada 1 area tentunya akan hemat modal. Area yang dipakai sebisa mungkin lapang dan terdapat beberapa area yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, objek wisata.
Pertama-tama kontestan dibagi jadi beberapa tim. Mereka lalu diberi pedoman arah area selanjutnya yang akan mereka singgahi. Bila berlokasi di kebun binatang, maka peserta bakal menuju ke beragam lokasi tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara jelas disampaikan peserta harus mencari tahu nama latin binatang itu.
Di tempat yang kontestan tuju, kontestan akan mendapatkan game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di sarang hewan atau lokasi tertentu
- Berjoget ataupun menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Kegiatan amazing race outbound diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain mesti menyelesaikan aktivitas) bakal di tentukan didalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana pemain wajib beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat finish yang harus kontestan tuju dan memutuskan juara perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Jika Anda lebih senang tantangan seperti petualangan di alam bebas, maka outbound amazing race pada pegunungan ialah pilihan yang cocok. Supaya seluruh kontestan mampu melaksanakan perlombaan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberi petunjuk masalah navigasi (mendapatkan jalan yang pas) dan jungle survivor (bila game dua hari 1 malam di gunung ataupun hutan
Contoh petunjuk dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan teknik agar tidak salah arah
- Mendirikan tenda
- Menggunakan alat masak versi jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang dapat dan enggak dapat dimakan
- Tips mendapatkan air minum (kalau stok habis, dan lain-lain
Dalam teknis permainan, mereka wajib memiliki team pemantau yang telah berpengalaman dalam jungle survivor. Sehingga nggak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Contoh Kegiatan dengan Target
Permainannya: Kain ukurannya 3 meter x 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meter. didalam Kain tersebut digambar target target perusahaaan di dalam beberapa tempat, atau logo perusahaan sebagai tanda harapan bareng. di beri space kosong untuk ditembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Dimana setiap akan akan bergantian menembak dalam Kaen tersebut.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai dana
Instruksi … pilih saja 3 peserta tiap kelompok. Buat mumy dari tisue yang di berikan. Hanya ada enam gulung tissu toilet setiap tim. Jadi per orang Hanya dua gulung tisu & wajib bisa membikin mumi seefektif mungkin
Value yg dicapai
- Memakai bahan seada nya dengan dua gulung tissu bisa membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas anggota yang dibuat mummy (jadi Valuenya, tiap perusahaan membutuhkan orang – orang semacam ini yang mau berkorban demi harapan bersama)
- Strategi, dimana setiap team yg sanggup menganalisis peluang & tanangan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yg kecil. Sehingga Bila team dapat menganalisis tentunya akan menggunakan orang yang kurus kecil. tapi Apabila tim tak mampu menganalisis kesempatan tentunya akan memakai anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. namun setiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap kelompok di berikan terpal maupun kain ukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali tali dan pada tali ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua orang. lalu di bagikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain nya dengan aturan bertukar dan terpal maupun kain enggak boleh terjatuh ke tanah. tiap anggota yg bertukar mesti ambil satu kertas itu tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai orang kumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yg didapatkan setiap peserta.
Peserta yg Mengerjakan pertukaran dengan tepat akan mendapatkan minimal 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Inti Game:
- Komando, supaya gak bertabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, anggota supaya tidak menempati posisi yg sama.
- Strategy, supaya setiap orang bisa memiliki peluang rotasi & merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan mengamati tempat & kawan sehingga perpindahan bisa berjalan tepat.
- Menghilangkan ego sebab Jika setiap anggota akan pindah terlebih dahulu, anggota yang terakhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di peroleh dititik tiga akan di kumpulkan menjadi satu dalam kelompok. diberikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) & papan sterofom. tiap kelompok akan menyusun gambar yang di peroleh di pos 3 didalam sebuah papan yang memberi makna dan esensi. seusai selesai maka direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan display itu.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yg Jikalau dilakukan secara benar dan tepat bisa menciptakan suatu grup yg kompak & kuat, & bagi sebuah instansi faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawan agar memiliki loyalitas pada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery.
Bagi Anda yang ingin melaksanakan aktivitas outbound dapat menelpon kami.