Outbound Amazing Race
Amazing Race ialah suatu bentuk kegiatan di luar ruangan yang benar-benar membutuhkan kekompakan didalam satu kelompok. Semua group amazing race outbound diberi pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap area amazing race outbound yang mereka tuju terdapat permainan yang harus kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga mereka akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini sangat digemari oleh berbagai instansi pemerintah ataupun perusahaan amazing race outbound ini benar-benar asyik karena area berganti-ganti dan enggak monoton layaknya outbound biasa. Di dalam outbound amazing race terdapat permainan yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Sasaran Amazing Race
- Menambah kemampuan personal dalam membangun team.
- Meningkatkan serta berbagi pengalaman didalam hal motivasi personal dan motivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih pertumbuhan individu dan tim yang diarahkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu dan kwalitas leadership dengan kepiawaian personal dalam keterbukaan menangani konflik serta mengembangkan budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan jiwa leadership pribadi dan leadership dalam team
Beragam Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race di 1 area
Game outbound amazing race di satu tempat pasti dapat mengirit biaya. Lokasi yang dipilih sebisa mungkin lapang dan terdapat beberapa lokasi yang asri, salah satunya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama anggota dibagi menjadi beberapa tim. Lalu mereka dikasih pedoman arah area berikutnya yang akan kontestan tuju. Jika bertempat di kebun binatang, maka peserta akan pergi ke berbagai lokasi sarang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara jelas dinyatakan mereka harus mencari tahu nama latin binatang itu.
Di area yang mereka tuju, mereka akan mendapat tantangan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di kandang binatang maupun lokasi tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Amazing Race Petualangan
- Perlombaan outbound amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana kontestan harus merampungkan kegiatan) akan di tentukan di dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana pemain mesti berhenti dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang wajib kontestan tuju dan menentukan juara game.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Bila Kalian lebih senang perlombaan seperti petualangan di alam bebas, maka amazing race pada pegunungan ialah pilihan yang tepat. Biar semua pemain bisa melakukan perlombaan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberikan pengarahan tentang navigasi (mendapatkan arah yang tepat) dan jungle survivor (bila permainan dua hari satu malam di gunung atau hutan
Contoh pengarahan dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan strategi biar enggak salah jalan
- Membuat tenda
- Memakai peralatan dapur buatan jungle survivor
- Mencari sayur dan buah yang boleh dan tidak bisa dikonsumsi
- Tips memperoleh air minum (bila persediaan habis, dan lain sebagainya
Di dalam teknis permainan, mereka mesti memiliki team pemantau yang sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga enggak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan group tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Contoh Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen berukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan dalam jarak 10 meteran. dalam Kaen itu di lukis target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun logo perusahaan sebagai simbol harapan bersama. Di kasih ruang kosong untuk ditembak. Alat tembak dari paint ball, Dimana semua akan akan bergantian melakukan tembakan didalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan anggaran
Instruksinya … Pilih tiga orang setiap tim. membuat mummy dari tissu yang dibagikan. Hanya ada 6 gulung tisu WC tiap team. maka tiap orang Hanya 2 gulung tisue & harus dapat Buat mumy sebisa mungkin
Tujuan yang di capai
- Mengotimalkan bahan seadanya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus semua badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yg di buat mumy (jadi Poinnya, tiap lembaga memerlukan orang orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategy, di mana tiap kelompok yang mampu menganalisis peluang dan hambatan, peluang berhasil dengan memilih orang yg kurus kecil. Maka Bila tim mampu menganalisis pastinya akan menggunakan orang yang kurus kecil. tetapi Bila tim nggak dapat menganalisis peluang tentu saja akan memakai orang sembarangan.
- Dilarang melihat sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. tetapi tiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap group di berikan terpal maupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali – tali & di tali di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua orang. lalu diberikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan bertukar dan kain ataupun terpal nggak boleh terjatuh ke tanah. setiap orang yg berpindah wajib mengambil satu kertas tersebut tanpa membuka nya. setelah waktu habis peserta kumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas yg didapatkan setiap orang.
Anggota yg Melakukan rotasi secara tepat akan memperoleh min 10 kertas dengan gambar yg berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, supaya tak tabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta agar tidak berada di posisi yang sama.
- Strategi, biar setiap peserta dapat memiliki peluang berpindah dan merampungkan tugas.
- Wawasan lingkungan dengan memperhatikan tempat & kawan jadi pertukaran bisa berjalan tepat.
- Mengesampingkan ego karena Kalau setiap orang ingin berpindah lebih dahulu, orang yg akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar yang di dapatkan dititik 3 akan di kumpulkan menjadi satu dalam tim. diberikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. setiap grup dapat menyusun gambar yang diperoleh ditempat 3 didalam papan yang memberi esensi & makna. sesudah selesai maka direview maupun dipresentasikan arti dari papan display itu.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Outbound Amazing Race yg Bila di terapkan dengan benar & tepat bisa menciptakan suatu group yg kuat & kompak, & buat sebuah instansi faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya supaya memiliki loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi kamu yang mau melaksanakan wisata outbound bisa menghubungi kita.