Amazing Race
Outbound Amazing Race merupakan sebuah aktivitas di alam bebas yang amat memerlukan teamwork didalam suatu kelompok. Setiap kelompok amazing race diberi panduan untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap area amazing race yang peserta singgahi terdapat tantangan yang mesti peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke area berikutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini sangat diminati oleh banyak instansi pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini benar-benar seru karena lokasi berganti-ganti dan tidak monoton seperti jenis outbound lainnya. Dalam outbound amazing race terdapat permainan yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Goal Amazing Race
- Menambah kapasitas individu dalam membentuk team.
- Menaikan dan berbagi ilmu dalam hal memotivasi personal dan motivasi kelompok, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan individu dan team yang dipusatkan pada goal perusahaan, salah satu di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Mengembangkan mutu & kwalitas kepemimpinan dengan kapasitas pribadi di dalam keterbukaan menangani masalah serta mengembangkan budaya kerja yang pas.
- Mengembangkan kepemimpinan individu dan leadership di dalam team
Beberapa Tipe Amazing Race
- Amazing Race di 1 area
Game amazing race outbound pada 1 lokasi tentu bisa hemat modal. Tempat yang digunakan sebisa mungkin luas dan terdapat berbagai tempat yang alami, salah satunya: Kebun binatang, area wisata.
Pertama pemain dikelompokan jadi beberapa tim. Lalu mereka dikasih panduan arah lokasi berikut yang akan peserta singgahi. Apabila bertempat di kebun binatang, maka peserta bakal mengarah ke beberapa lokasi kandang binatang tertentu. Petunjuk sarang hewan enggak secara jelas dinyatakan mereka mesti mengetahui nama latin binatang itu.
Di tempat yang mereka datangi, peserta akan mendapatkan tantangan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di tempat tinggal hewan ataupun tempat tertentu
- Berjoget maupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Adventure
- Kegiatan outbound amazing race diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (tempat dimana peserta mesti menyelesaikan permainan) bakal ditetapkan di dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot ialah tempat dimana pemain wajib berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi akhir yang harus kontestan tuju dan menentukan juara permainan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Apabila Kamu lebih suka perlombaan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race outbound di gunung adalah opsi yang pas. Biar para peserta dapat melaksanakan perlombaan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (mencari arah yang tepat) dan jungle survivor (jika permainan dua hari satu malam di pegunungan maupun alas
Contoh arahan didalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan teknik biar tidak tersesat
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat-alat masak dari jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah yang boleh dan tidak dapat dikonsumsi
- Cara mendapatkan air minum (bila stok habis, dan sebagainya
Di dalam teknis permainan, mereka wajib mempunyai team pemantau yang telah expert didalam jungle survivor. Jadi tak akan ada yang kesasar. Team pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar ke 1: Contoh Game dengan Output Focus
Gamenya: Kain ukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. didalam Kaen itu di lukis target target perusahaaan didalam beberapa tempat, maupun logo perusahaan sebagai tanda harapan bareng. di beri tempat blank untuk ditembak. Alat tembaknya dari paint ball, Di mana setiap peserta akan secara bergantian menembak didalam Kain itu.
Pilar 2: Efektif Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja tiga org tiap team. membuat mumy dr tisu yang di berikan. Cuma terdapat enam gulung tissu WC tiap team. maka tiap orang Hanya dua gulung tissu & wajib bisa bikin mumy sebisa mungkin
Tujuan yang di capai
- Memakai bahan seada nya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas peserta yang dibuat mummy (jadi Poinnya, tiap instansi memerlukan orang orang semacam ini yang mau berkorban demi tujuan bareng)
- Strategi, dimana setiap tim yg dapat menganalisis peluang dan tanangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan anggota yg kecil. Sehingga Jikalau kelompok bisa menganalisis tentunya akan memilih orang yg kurus kecil. tapi Apabila team gak mampu menganalisis peluang tentunya akan menggunakan orang sembarangan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. namun tiap perkembangan perusahaan mesti dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap kelompok dibagikan terpal maupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali – tali & pada tali dipasang paperklip & kertas kecil kecil dengan gambar di dalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh orang. Kemudian di berikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan peraturan menukar dan terpal maupun kain tidak boleh terjatuh ketanah. tiap anggota yg berpindah mesti mengambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. seusai waktu selesai anggota kumpul dan fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yg di dapatkan tiap orang.
Peserta yg Melaksanakan rotasi secara tepat akan mendapat minim 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Inti Game:
- Komando, agar tak berbenturan ketika pindah.
- Komunikasi, anggota biar enggak berada di posisi yg sama.
- Strategy, agar setiap peserta dapat punya kesempatan rotasi & merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan mengamati tempat dan kawan sehingga rotasi akan berjalan tepat.
- Mengesampingkan keegoisan karena Jikalau setiap peserta akan berpindah terlebih dahulu, peserta yang terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yang diperoleh ditempat tiga bisa di kumpulkan menjadi 1 didalam kelompok. dibagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) & papan sterofom. tiap kelompok dapat menyusun gambar yang diperoleh di pos 3 di dalam sebuah papan yg memberi esensi & makna. sehabis selesai kemudian direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan itu.
Inilah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Kalau dilakukan dengan tepat & benar dapat menciptakan sebuah tim yg kompak dan kuat, & buat suatu instansi faktor ini sangat penting sekali untuk perkembangan setiap karyawan supaya memiliki loyalitas pada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Untuk Anda yang mau mengikuti wisata outbound bisa menghubungi kita.