Amazing Race
Amazing Race Outbound merupakan sebuah permainan di luar ruangan yang benar-benar butuh kerjasama dalam satu group. Seluruh kelompok amazing race dikasih petunjuk untuk menuju area tertentu. Di setiap tempat amazing race outbound yang kontestan datangi ada tantangan yang wajib peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area berikutnya. Sampai kontestan pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini amat diminati oleh berbagai perusahaan ataupun lembaga pemerintah outbound amazing race ini sangat mengasyikan karena area berpindah-pindah dan tidak monoton seperti outbound lainnya. Di dalam amazing race outbound banyak game-game yang asyik yang bersifat kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Menambah kapasitas pribadi di dalam membentuk kelompok.
- Menaikan serta berbagi pengetahuan dalam hal motivasi individu dan motivasi tim, menambah rasa percaya diri, dan kinerja.
- Menggapai pertumbuhan personal dan tim yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, termasuk didalamnya adalah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu dan kwalitas jiwa leadership dengan kepiawaian pribadi dalam keterbukaan mengatasi problem dan mengembangkan kebiasaan kerja yang sesuai.
- Membentuk jiwa leadership personal dan kepemimpinan didalam team
Beberapa Tipe Amazing Race
- Amazing Race pada 1 tempat
Aktivitas amazing race di satu lokasi pasti akan hemat uang. Area yang digunakan sedapat mungkin luas dan ada beragam area yang alami, seperti misalnya: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama-tama kontestan dibagi jadi beberapa tim. Kemudian mereka dikasih pedoman jalan lokasi berikutnya yang akan kontestan singgahi. Kalau bertempat di kebun binatang, maka kontestan akan menuju ke beragam area tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara detail disampaikan peserta wajib mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di lokasi yang peserta datangi, mereka akan memperoleh permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di kandang binatang maupun lokasi tertentu
- Joget maupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Petualangan
- Kegiatan amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib merampungkan aktivitas) akan ditetapkan di dalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot adalah area dimana pemain wajib istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi terakhir yang harus kontestan tuju dan menentukan juara perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Jika Kalian lebih senang kegiatan dengan jenis adventure di alam terbuka, maka amazing race di gunung merupakan referensi yang tepat. Agar seluruh pemain dapat menjalankan permainan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberikan pengarahan tentang navigasi (mendapatkan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (jika kegiatan dua hari satu malam di pegunungan ataupun hutan
Contoh arahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik biar tidak tersesat
- Mendirikan tenda
- Menggunakan alat-alat masak dari jungle survivor
- Mencari sayuran dan buah yang dapat dan tidak boleh dikonsumsi
- Cara memperoleh air minum (apabila persediaan habis, dan lain sebagainya
Dalam teknis pertandingan, mereka harus memiliki team pemantau yg sudah berpengalaman dalam jungle survivor. Maka tak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Amazing Race
Pilar 1: Contoh Kegiatan dengan Target
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. didalam Kain tersebut dilukis target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. Di kasih tempat blank untuk ditembak. Alat tembak nya dari paint ball, Dimana setiap peserta akan bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi nya … Pilih tiga orang setiap team. Buat mummy dr tisue yang di bagikan. Hanya ada enam gulung tisu toilet setiap kelompok. maka setiap peserta Hanya dua gulung tissu dan wajib dapat membikin mumy sebisa mungkin
Value yg dicapai
- Memaksimalkan sumber daya seadanya dengan dua gulung tissu bisa membungkus semua badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas peserta yg di buat mumi (jadi Valuenya, setiap perusahaan memerlukan orang – orang semacam ini yang rela mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategy, di mana tiap tim yg bisa melihat kesempatan & hambatan, peluang berhasil dengan menggunakan peserta yang kecil. Jadi Jikalau team bisa menganalisis pastinya akan memilih orang yang kecil. namun Apabila kelompok enggak sanggup menganalisis kesempatan tentunya akan memakai anggota asal asalan.
- Jangan menganalisis segala sesuatu dr bentuk, cover atau hasil. namun tiap peningkatan perusahaan harus di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap tim di berikan terpal ataupun kain ukurannya 3 meter x 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali – tali dan pada talinya di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan di dalamnya. kain ataupun terpal di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh anggota. Kemudian diberikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan peraturan bertukar dan kain atau terpal tak boleh terjatuh ke tanah. setiap peserta yang berpindah wajib mengambil satu kertas ini tanpa membuka nya. seusai waktu habis peserta kumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yang didapatkan tiap orang.
Peserta yg Mengerjakan pertukaran dengan tepat akan memperoleh min 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, biar tak tabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, orang supaya enggak berada di titik yang sama.
- Strategy, biar setiap orang dapat mempunyai kesempatan rotasi dan menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman situasi dengan melihat tempat dan kawan jadi rotasi bisa berjalan baik.
- Menghilangkan ego sebab Jika setiap peserta akan berpindah lebih dahulu, peserta yg terakhir bisa kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yg didapatkan ditempat tiga akan dikumpulkan menjadi satu didalam kelompok. dibagikan papan sterofom & peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). tiap group akan menyusun gambar yg didapatkan di pos tiga di dalam papan yang memberikan esensi & makna. sehabis selesai akan direview atau dipresentasikan pamaknaan dari display papan itu.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Jika diterapkan secara tepat & benar akan menghasilkan sebuah kelompok yang kuat & kompak, dan untuk suatu instansi hal ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan biar memiliki loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities.
Bagi kamu yang mau mengikuti aktivitas outbound bisa menghubungi kami.