Amazing Race
Amazing Race Outbound ialah sebuah kegiatan di alam lepas yang sangat memerlukan teamwork di dalam sebuah kelompok. Seluruh team amazing race diberi petunjuk untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap area amazing race outbound yang peserta datangi terdapat game yang harus peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat selanjutnya. Hingga kontestan akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race sekarang ini amat digandrungi oleh berbagai perusahaan atau lembaga pemerintah amazing race ini sangat asyik karena area berganti-ganti dan tidak monoton layaknya jenis outbound lainnya. Didalam amazing race terdapat permainan yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race
- Menaikan kepiawaian individu dalam membentuk team.
- Meningkatkan dan sharing ilmu di dalam hal motivasi individu dan motivasi kelompok, menaikan rasa percaya diri, dan kinerja.
- Meraih perkembangan individu dan team yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membentuk kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kemampuan pribadi di dalam keterbukaan mengatasi masalah dan mengembangkan budaya kerja yang pas.
- Membangun leadership personal dan kepemimpinan dalam team
Berbagai Type Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada 1 area
Game outbound amazing race pada 1 area tentu dapat mengirit uang. Tempat yang dipakai semaksimalkan mungkin lapang dan ada beragam lokasi yang alami, salah satunya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama-tama kontestan dipisah jadi beberapa tim. Mereka lalu diberi panduan arah tempat berikut yang akan peserta tuju. Kalau bertempat di kebun binatang, maka peserta akan pergi ke berbagai tempat sarang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara jelas dinyatakan peserta harus mengetahui nama latin hewan itu.
Di tempat yang kontestan tuju, kontestan bakal mendapatkan game seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di tempat tinggal hewan ataupun area tertentu
- Bernyanyi atau bergaya sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Adventure
- Perlombaan outbound amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana kontestan mesti menyelesaikan kegiatan) akan di tentukan dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot ialah area dimana pemain mesti istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area terakhir yang wajib kontestan tuju dan menentukan pemenang permainan.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Kalau Kamu lebih menyukai tantangan dengan jenis adventure di alam lepas, maka amazing race outbound pada pegunungan ialah referensi yang tepat. Biar para pemain mampu melaksanakan game dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (menemukan jalan yang tepat) dan jungle survivor (bila permainan 2 hari 1 malam di perbukitan atau hutan
Contoh pengarahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan strategi biar tidak salah jalan
- Membuat tenda
- Memakai alat dapur versi jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah yang boleh dan enggak dapat dimakan
- Trik mendapatkan air minum (jika persediaan habis, dan lain-lain
Di dalam teknis permainan, mereka harus mempunyai team pemantau yang telah berpengalaman didalam jungle survivor. Sehingga tak akan ada yg tersesat. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar 1: Contoh Game dengan Output Focus
Gamenya: Kain ukurannya 2,5 meter X 3 meter di bentangkan dalam jarak 10 meteran. didalam Kaen ini di gambar target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun logo perusahaan sebagai simbol keinginan bersama. Di kasih ruang blank untuk di tembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Di mana semua peserta akan secara bergantian menembak didalam Kain ini.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi … pilihlah tiga orang setiap team. membuat mumy dari tisue yg dibagikan. Cuma terdapat 6 gulung tisu WC tiap kelompok. maka per orang Hanya dua gulung tissu & harus dapat Buat mumi sebisa mungkin
Value yg dicapai
- Mengotimalkan bahan seadanya dengan 2 gulung tissu bisa membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas anggota yg di jadikan mumy (jadi Nilainya, tiap lembaga memerlukan orang orang seperti ini yg mau berkorban demi harapan bersama)
- Strategy, dimana tiap kelompok yg mampu menganalisis kesempatan dan tanangan, kesempatan berhasil dengan memakai anggota yang kurus kecil. Sehingga Jikalau team bisa melihat tentu saja akan menggunakan orang yg kecil. akan tetapi Jika team nggak mampu melihat kesempatan tentu akan menggunakan peserta sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dari cover, bentuk atau hasil. namun setiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap kelompok di berikan kain atau terpal ukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya diberikan utasan tali – tali & di tali dipasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan di dalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh orang. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan aturan berpindah & kain maupun terpal tidak boleh jatuh ke tanah. setiap peserta yg berpindah harus ambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai orang kumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yang di peroleh setiap peserta.
Peserta yang Mengerjakan pertukaran dengan baik akan mendapatkan min 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Inti Permainan:
- Komando, supaya enggak berbenturan pada saat rotasi.
- Komunikasi, anggota agar enggak menempati titik yg sama.
- Strategy, supaya tiap orang bisa punya peluang rotasi & menyelesaikan tugas.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi perpindahan bisa berjalan tepat.
- Mengesampingkan keegoisan sebab Jikalau tiap orang mau berpindah lebih dulu, anggota yg akhir akan kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yg didapatkan dipos tiga dapat dikumpulkan menjadi satu dalam tim. di bagikan papan sterofom dan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). setiap tim akan menyusun gambar yg diperoleh di pos tiga didalam papan yg memberikan makna dan esensi. seusai selesai kemudian direview maupun dipresentasikan arti dari display papan tsb.
Inilah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Bila diterapkan secara benar & tepat bisa menghasilkan suatu group yang kompak dan kuat, & bagi suatu lembaga hal ini penting sekali untuk perkembangan setiap karyawannya agar punya loyalitas kepada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Untuk kamu yang ingin melaksanakan aktivitas outbound dapat menelpon kami.