Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race adalah suatu bentuk permainan di alam bebas yang amat membutuhkan kekompakan dalam suatu kelompok. Semua team amazing race dikasih petunjuk untuk mencapai lokasi tertentu. Di tiap tempat amazing race outbound yang kontestan singgahi terdapat tantangan yang mesti kontestan ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai mereka akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini amat digandrungi oleh banyak instansi pemerintah atau perusahaan amazing race outbound ini amat asyik karena lokasi berganti-ganti dan tidak monoton seperti outbound umumnya. Didalam outbound amazing race ada game-game yang asyik yang bersifat kompetitif.
Sasaran Amazing Race
- Meningkatkan kemampuan personal dalam membentuk kelompok.
- Meningkatkan dan sharing ilmu di dalam hal motivasi personal dan motivasi team, menambah kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih pertumbuhan personal dan tim yang dipusatkan pada goal perusahaan, salah satu di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membangun kualitas dan mutu jiwa leadership dengan kepiawaian personal di dalam keterbukaan menangani masalah serta mengembangkan budaya kerja yang pas.
- Mengembangkan kepemimpinan individu dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Type Amazing Race
- Amazing Race Outbound di satu tempat
Kegiatan outbound amazing race di satu lokasi tentu bisa menghemat modal. Tempat yang digunakan sedapat mungkin lapang dan terdiri dari beragam tempat yang unik, salah satunya: Kebun binatang, objek wisata.
Pertama-tama pemain dipisah jadi beberapa kelompok. Mereka lalu dikasih pedoman arah area berikut yang bakal mereka singgahi. Kalau bertempat di taman margasatwa, maka peserta akan mengarah ke beberapa area tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk sarang hewan tidak secara jelas dinyatakan peserta harus mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang peserta datangi, kontestan bakal mendapat tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal binatang atau area tertentu
- Joget maupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Kegiatan amazing race diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib menyelesaikan aktivitas) bakal ditetapkan dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot adalah tempat dimana peserta wajib beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan lokasi finish yang wajib pemain tuju dan memutuskan pemenang perlombaan.
- Amazing Race di Gunung
Jika Kalian lebih senang perlombaan dengan jenis petualangan di alam terbuka, maka amazing race outbound di pegunungan merupakan pilihan yang pas. Supaya para peserta dapat menjalankan perlombaan dengan pas, maka mesti ada fasilitator yang memberi pengarahan mengenai navigasi (mendapatkan jalan yang pas) dan jungle survivor (jika kegiatan 2 hari satu malam di perbukitan atau alas
Salah satu arahan dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik biar enggak salah jalan
- Membuat tenda
- Memakai peralatan dapur dari jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah-buahan yang boleh dan tidak bisa dimakan
- Cara mendapat air minum (bila persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknis permainan, mereka wajib punya team pemantau yg telah berpengalaman didalam jungle survivor. Sehingga tidak akan ada yg kesasar. Team pemantau akan memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Game dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukurannya 2,5 meter x 3 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meter. didalam Kaen ini di lukis target perusahaaan di dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. di beri ruang kosong untuk di tembak. Alat tembaknya berasal dari paint ball, Dimana seluruh akan akan bergantian melakukan tembakan dalam Kaen tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksinya … Pilih tiga peserta tiap team. membikin mumy dari tisu yang di bagikan. Cuma ada enam gulung tisu WC setiap kelompok. Jadi setiap org Hanya 2 gulung tisue dan harus bisa bikin mumi seefektif mungkin
Tujuan yang di capai
- Mengotimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tisu bisa membungkus semua badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yg dibuat mummy (jadi Nilainya, setiap instansi memerlukan orang – orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategi, dimana tiap tim yang mampu melihat kesempatan dan rintangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan peserta yg kurus kecil. Jadi Apabila team bisa melihat pastinya akan menggunakan peserta yang kecil. namun Jika kelompok tak sanggup menganalisis peluang tentu akan memakai anggota asal asalan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dr bentuk, cover maupun hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan harus di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap group di bagikan kain ataupun terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di berikan utasan tali – tali & di talinya ditaruh kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. terpal maupun kain dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua orang. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yg lain nya dengan aturan berpindah dan kain maupun terpal tidak boleh terjatuh kebawah. setiap anggota yg bertukar harus mengambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. seusai waktu habis orang kumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yang didapatkan setiap anggota.
Peserta yg Mengerjakan perpindahan dengan tepat akan mendapat min 10 kertas dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, biar tidak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, anggota biar tidak berada di tempat yg sama.
- Strategy, agar setiap orang bisa memiliki kesempatan berpindah dan merampungkan tugas.
- Pengetahuan situasi dengan mengamati tempat & kawan sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Menghilangkan ego karena Jika setiap orang ingin pindah terlebih duluan, peserta yang terakhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar yang di peroleh dipos tiga bisa dikumpulkan jadi satu didalam kelompok. di berikan papan sterofom & peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem). setiap group bisa menyusun gambar yg di peroleh dipos 3 didalam papan yang memberi makna & esensi. sesudah selesai kemudian direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan ini.
Inilah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Bila diterapkan secara tepat dan benar akan menghasilkan suatu grup yang kuat dan kompak, dan buat sebuah lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan supaya mempunyai loyalitas pada perusahaan dan menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Area Amazing Race Outbound Di Bandung
Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya.
Untuk kamu yang hendak mengikuti wisata outbound silahkan mengontak kita.