Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound merupakan sebuah kegiatan di luar ruangan yang amat membutuhkan teamwork di dalam satu team. Tiap kelompok outbound amazing race dikasih petunjuk untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap-tiap area outbound amazing race yang peserta tuju ada tantangan yang mesti peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke area berikutnya. Sampai mereka pada akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digemari oleh berbagai perusahaan atau lembaga pemerintah amazing race outbound ini amat seru karena area berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound umumnya. Didalam outbound amazing race terdapat gim-gim yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Goal Amazing Race
- Meningkatkan kapasitas individu didalam membentuk tim.
- Meningkatkan dan berbagi pengalaman didalam hal motivasi pribadi dan memotivasi team, menaikan rasa PD, dan kreativitas.
- Menggapai pertumbuhan personal dan kelompok yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya adalah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membentuk mutu & kualitas jiwa leadership dengan kemampuan pribadi di dalam keterbukaan mengatasi problem dan membangun karakter kerja yang tepat.
- Membentuk kepemimpinan personal dan jiwa leadership didalam team
Beragam Tipe Outbound Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada satu lokasi
Permainan outbound amazing race pada satu lokasi pasti dapat menghemat uang. Lokasi yang dipilih semaksimalkan mungkin lapang dan terdapat beberapa tempat yang natural, salah satu contoh: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama-tama kontestan dikelompokan jadi beberapa team. Mereka lalu diberi petunjuk jalan area berikut yang bakal kontestan tuju. Apabila bertempat di kebun binatang, maka peserta akan pergi ke beragam lokasi sarang binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara jelas disampaikan mereka harus mencari tahu nama latin binatang itu.
Di area yang kontestan tuju, peserta bakal mendapatkan permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di tempat tinggal binatang atau lokasi tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Perlombaan amazing race outbound dimulai dari lokasi tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti menyelesaikan perlombaan) akan di tentukan di dalam pedoman yang dikasihkan.
- Break Spot adalah lokasi dimana peserta mesti beristirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area finish yang mesti pemain tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Amazing Race di Gunung
Kalau Kalian lebih senang tantangan dengan jenis adventure di alam terbuka, maka outbound amazing race di gunung adalah referensi yang sesuai. Biar seluruh peserta mampu melaksanakan game dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberikan petunjuk masalah navigasi (mendapatkan arah yang tepat) dan jungle survivor (kalau game dua hari 1 malam di perbukitan ataupun hutan
Salah satu arahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi biar tidak kesasar
- Membikin tenda
- Mempergunakan peralatan dapur buatan jungle survivor
- Mendeteksi sayuran dan buah yang boleh dan enggak dapat dimakan
- Cara memperoleh air minum (jika stok habis, dan sebagainya
Didalam teknik permainan, mereka mesti memiliki team pemantau yang sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yg kesasar. Tim pemantau bisa memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Permainan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kain ukurannya 2,5 meter X 3 meter dibentangkan didalam jarak sepuluh meter. di dalam Kaen itu dilukis target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun lambang perusahaan sebagai simbol harapan bareng. Di kasih ruang blank untuk di tembak. Alat tembaknya dari paint ball, Di mana semua akan akan secara bergantian menembak didalam Kaen tsb.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksi nya … pilihlah tiga orang tiap tim. membikin mumi dr tisue yang di berikan. Hanya terdapat enam gulung tisu WC tiap tim. Jadi per peserta Cuma dua gulung tisue & wajib dapat membuat mumi sebisa mungkin
Nilai yg dicapai
- Memaksimalkan sumber daya seadanya dengan dua gulung tissu bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yg di jadikan mumy (jadi Poinnya, setiap instansi memerlukan orang – orang seperti ini yang mau berkorban demi keinginan bareng)
- Strategy, dimana tiap tim yang bisa menganalisis peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yg kecil. Maka Bila team bisa menganalisis tentu akan menggunakan peserta yang kecil kurus. tapi Apabila kelompok tidak sanggup melihat kesempatan pasti akan menggunakan peserta asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. tetapi tiap perkembangan perusahaan harus di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap kelompok dibagikan kain atau terpal berukuran 3 meter X 3 meter. disisinya di berikan utasan tali – tali dan di talinya dipasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh anggota. lalu di berikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan bertukar dan terpal ataupun kain gak boleh jatuh kebawah. tiap peserta yg berpindah mesti ambil 1 kertas tersebut tanpa membukanya. setelah waktu selesai orang kumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yang di dapatkan setiap peserta.
Orang yg Melakukan pertukaran dengan tepat akan mendapat min 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Inti Permainan:
- Komando, biar tak bertabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, anggota agar tak berada di tempat yang sama.
- Strategi, agar tiap peserta dapat memiliki kesempatan berpindah dan menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan lingkungan dengan mengamati tempat dan kawan sehingga pertukaran bisa berjalan baik.
- Menghilangkan ego karena Bila tiap peserta akan berpindah terlebih dahulu, orang yg terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yang di dapatkan di pos tiga bisa di kumpulkan menjadi satu di dalam kelompok. dibagikan papan sterofom & peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem). setiap grup dapat menyusun gambar yg di peroleh di pos tiga di dalam sebuah papan yg memberi makna & esensi. setelah selesai kemudian dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan ini.
Ini ialah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yg Apabila dilakukan secara tepat & benar dapat menghasilkan sebuah grup yg kompak & kuat, dan untuk sebuah lembaga kondisi ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan supaya mempunyai loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Untuk kalian yang hendak mengikuti kegiatan outbound silahkan mengontak kita.