Outbound Amazing Race
Amazing Race ialah suatu bentuk permainan di luar ruangan yang amat membutuhkan kekompakan dalam suatu tim. Setiap kelompok amazing race diberi pedoman untuk mencapai lokasi tertentu. Di setiap area amazing race outbound yang peserta tuju terdapat game yang harus peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke tempat berikutnya. Hingga kontestan akhirnya finish di area terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini begitu diminati oleh beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah amazing race ini benar-benar seru karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton seperti jenis outbound lainnya. Di dalam amazing race ada permainan yang seru yang bersifat kompetitif.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kemampuan pribadi didalam mengembangkan team.
- Menaikan serta sharing ilmu didalam hal memotivasi pribadi dan motivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Menggapai perkembangan personal dan team yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan mutu & kwalitas kepemimpinan dengan kepiawaian pribadi di dalam keterbukaan menangani konflik serta membentuk budaya kerja yang tepat.
- Membentuk kepemimpinan personal dan jiwa leadership dalam team
Beberapa Type Outbound Amazing Race
- Amazing Race pada satu lokasi
Permainan amazing race pada satu tempat tentu dapat mengirit modal. Tempat yang digunakan sedapat mungkin lapang dan ada beberapa area yang natural, salah satu contoh: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama anggota dibagi menjadi beberapa tim. Mereka lalu diberi pedoman jalan lokasi berikutnya yang akan kontestan tuju. Kalau berlokasi di taman margasatwa, maka peserta akan menuju ke beragam area sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan tidak secara gamblang dinyatakan mereka mesti mencari tahu nama latin hewan tersebut.
Di tempat yang peserta singgahi, peserta akan memperoleh tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di kandang binatang maupun lokasi tertentu
- Joget atau menari sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Kegiatan amazing race diawali dari area tertentu dengan mobil yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana kontestan harus menuntaskan kegiatan) akan ditetapkan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana kontestan wajib berhenti dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat terakhir yang harus peserta tuju dan menentukan pemenang perlombaan.
- Amazing Race di Pegunungan
Kalau Anda lebih suka perlombaan dengan jenis petualangan di alam bebas, maka amazing race pada pegunungan merupakan referensi yang cocok. Agar semua kontestan mampu melaksanakan game dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberi arahan tentang navigasi (menemukan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (kalau kegiatan dua hari satu malam di perbukitan atau alas
Contoh arahan dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan taktik biar enggak salah jalan
- Membikin tenda
- Memakai alat-alat masak buatan jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah yang bisa dan enggak boleh dikonsumsi
- Cara mendapatkan air minum (bila stok air minum habis, dan lain-lain
Didalam teknis pelaksanaan, mereka wajib punya team pemantau yang telah ahli didalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yg kesasar. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Contoh Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen berukuran 2,5 meter X 3 meter dibentangkan didalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kain ini di gambar target target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. Dikasih space kosong untuk ditembak. Alat tembak nya dari paint ball, Di mana setiap peserta akan secara bergantian melakukan tembakan didalam Kain ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … pilih saja 3 org tiap team. membuat mummy dr tisu yg diberikan. Cuma ada enam gulung tisu WC setiap team. Jadi per peserta Hanya 2 gulung tissu & wajib dapat membikin mumi seefektif mungkin
Point yang di capai
- Menggunakan sumber daya seadanya dengan dua gulung tisue dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas anggota yang dijadikan mumy (jadi Valuenya, tiap industri membutuhkan orang-orang seperti ini yang mau berkorban demi keinginan bersama)
- Strategy, dimana tiap kelompok yg dapat menganalisis peluang & hambatan, kesempatan berhasil dengan menggunakan orang yang kurus kecil. Jadi Apabila team dapat menganalisis tentunya akan menggunakan orang yang kecil kurus. tapi Jika kelompok tak mampu melihat kesempatan tentu saja akan menggunakan peserta sembarangan.
- Dilarang melihat sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. namun tiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap kelompok di bagikan kain ataupun terpal berukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di berikan utasan tali – tali & di tali ditaruh paperklip & kertas kecil kecil dengan lukisan di dalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua orang. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lainnya dengan aturan menukar & kain ataupun terpal gak boleh jatuh kebawah. tiap orang yg bertukar harus ambil 1 kertas ini tanpa membukanya. sesudah waktu habis anggota kumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di peroleh setiap anggota.
Anggota yang Melaksanakan perpindahan dengan baik akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Kunci Game:
- Komando, agar enggak berbenturan pada saat pindah.
- Komunikasi, peserta supaya tidak berada di titik yang sama.
- Strategi, agar tiap anggota bisa punya kesempatan rotasi dan merampungkan tugasnya.
- Pengetahuan situasi dengan melihat kawan & tempat sehingga perpindahan akan berjalan tepat.
- Menghilangkan keegoisan sebab Apabila setiap anggota ingin pindah terlebih dahulu, orang yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg didapatkan di pos tiga akan dikumpulkan jadi 1 dalam kelompok. diberikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap group dapat menyusun gambar yang di peroleh dipos 3 di dalam sebuah papan yang memberi makna & esensi. sesudah selesai kemudian direview atau dipresentasikan arti dari papan display tsb.
Inilah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yg Kalau di terapkan dengan benar & tepat bisa menjadikan suatu tim yg kuat dan kompak, & buat suatu instansi kondisi ini penting sekali untuk melatih tiap karyawannya agar mempunyai loyalitas kepada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities.
Bagi kamu yang mau melaksanakan kegiatan outbound silahkan menelpon kita.