Amazing Race Outbound
Amazing Race merupakan satu aktivitas di luar ruangan yang sangat memerlukan kerjasama dalam sebuah team. Seluruh tim outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju area tertentu. Di setiap lokasi outbound amazing race yang kontestan singgahi terdapat tantangan yang wajib kontestan ikuti untuk mendapat petunjuk ke area berikutnya. Sampai kontestan akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race saat ini begitu diminati oleh berbagai perusahaan ataupun instansi pemerintah outbound amazing race ini sangat asyik karena area berganti-ganti dan enggak monoton seperti jenis outbound umumnya. Di dalam outbound amazing race banyak game-game yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Sasaran Amazing Race
- Menaikan kemampuan personal di dalam membentuk tim.
- Menaikan dan sharing pengetahuan didalam hal motivasi personal dan motivasi kelompok, meningkatkan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Menggapai perkembangan personal dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya ialah perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membentuk mutu & kwalitas kepemimpinan dengan kapasitas personal dalam keterbukaan menangani konflik serta membentuk kebiasaan kerja yang pas.
- Membentuk kepemimpinan pribadi dan jiwa leadership dalam team
Berbagai Type Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada satu lokasi
Aktivitas amazing race outbound pada 1 lokasi pastinya akan mengirit modal. Lokasi yang digunakan semaksimalkan mungkin luas dan terdiri dari beragam area yang asri, seperti misalnya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama pemain dibagi jadi beberapa kelompok. Lalu mereka dikasih panduan arah tempat berikut yang bakal mereka singgahi. Kalau berlokasi di taman margasatwa, maka kontestan akan mengarah ke berbagai lokasi kandang hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan enggak secara jelas dinyatakan peserta harus mengetahui nama latin hewan itu.
Di tempat yang peserta tuju, kontestan bakal mendapat game diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di kandang binatang atau tempat tertentu
- Joget ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Perlombaan outbound amazing race diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana peserta harus merampungkan aktivitas) bakal ditetapkan dalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana peserta mesti berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi terakhir yang mesti peserta tuju dan menentukan pemenang perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Jika Kamu lebih senang tantangan dengan jenis adventure di alam bebas, maka amazing race outbound pada gunung ialah referensi yang tepat. Biar semua kontestan mampu menjalankan permainan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberi pengarahan tentang navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (bila permainan dua hari satu malam di perbukitan maupun hutan
Salah satu arahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi supaya enggak kesasar
- Membikin tenda
- Menggunakan peralatan masak buatan jungle survivor
- Mencari sayur dan buah-buahan yang dapat dan enggak dapat dimakan
- Trik memperoleh air minum (kalau stok habis, dan lain-lain
Di dalam teknik pertandingan, mereka mesti punya team pemantau yg telah expert dalam jungle survivor. Maka nggak akan ada yang kesasar. Tim pemantau dapat memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Permainan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kain ukurannya 3 meter X 2,5 meter dibentangkan didalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kain ini dilukis target target perusahaaan didalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai simbol harapan bersama. diberi ruang kosong untuk ditembak. Alat tembak nya dari paint ball, Di mana semua tim akan secara bergantian menembak dalam Kain ini.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai dana
Instruksi … Pilih tiga org setiap team. Buat mumi dr tisue yg di bagikan. Cuma ada enam gulung tissu WC tiap tim. Jadi per peserta Cuma dua gulung tissu & harus dapat membikin mumi sebisa mungkin
Point yg dicapai
- Memakai sumber daya seadanya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas anggota yg dijadikan mumi (jadi Valuenya, setiap industri membutuhkan orang – orang seperti ini yg mau mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategy, dimana tiap team yg dapat melihat peluang & rintangan, peluang berhasil dengan memilih anggota yang kecil kurus. Sehingga Bila tim mampu menganalisis tentu akan memakai peserta yang kecil. tapi Kalau tim nggak mampu melihat kesempatan tentu saja akan memilih orang asal asalan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap group dibagikan terpal atau kain ukurannya 3 meter X 3 meter. disisinya diberikan utasan tali-tali dan di talinya di pasang paperklip & kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh anggota. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yg lain dengan aturan berpindah & kain atau terpal enggak boleh terjatuh ketanah. setiap orang yang bertukar wajib ambil satu kertas itu tanpa membukanya. setelah waktu habis peserta kumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas yg di dapatkan setiap peserta.
Anggota yang Melakukan perpindahan dengan baik akan mendapat min 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, biar tidak berbenturan pada saat pindah.
- Komunikasi, anggota biar tak berada di posisi yang sama.
- Strategy, biar tiap peserta dapat memiliki kesempatan berpindah dan menyelesaikan tugas.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan kawan dan tempat sehingga pertukaran akan berjalan baik.
- Menghilangkan ego karena Jikalau setiap peserta akan berpindah lebih dulu, orang yang terakhir bisa kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar yang di peroleh ditempat 3 dapat di kumpulkan jadi 1 dalam grup. diberikan papan sterofom & peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). tiap tim akan menyusun gambar yg diperoleh ditempat 3 dalam papan yang memberikan makna & esensi. sehabis selesai maka direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan itu.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yang Bila diterapkan dengan benar dan tepat bisa menciptakan sebuah kelompok yg kompak & kuat, dan bagi suatu perusahaan hal ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan agar punya loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Area Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi Anda yang ingin mengikuti aktivitas outbound dapat menghubungi kami.