Amazing Race
Amazing Race ialah satu kegiatan di alam lepas yang amat butuh teamwork dalam suatu team. Semua kelompok outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di setiap tempat outbound amazing race yang peserta tuju ada game yang harus mereka ikuti untuk mendapat petunjuk ke tempat berikutnya. Sampai mereka pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh berbagai lembaga pemerintah maupun perusahaan outbound amazing race ini amat seru karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton seperti outbound lainnya. Dalam amazing race terdapat gim-gim yang seru yang sifatnya kompetitif.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Menambah kapasitas pribadi di dalam mengembangkan team.
- Meningkatkan serta sharing ilmu dalam hal motivasi individu dan motivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Meraih perkembangan pribadi dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membangun mutu dan kwalitas leadership dengan kapasitas personal dalam keterbukaan menangani konflik serta membentuk budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan kepemimpinan personal dan kepemimpinan dalam team
Berbagai Jenis Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race di satu lokasi
Game outbound amazing race pada satu area pasti bisa menghemat biaya. Area yang dipakai sedapat mungkin lapang dan terdiri dari berbagai area yang asri, salah satunya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama-tama anggota dikelompokan jadi beberapa team. Mereka lalu diberi panduan jalan area berikut yang bakal peserta singgahi. Jika berada di taman margasatwa, maka kontestan akan mengarah ke beberapa tempat kandang binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara jelas disampaikan mereka mesti mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang mereka singgahi, peserta akan memperoleh game seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di tempat tinggal hewan maupun lokasi tertentu
- Berjoget maupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta harus merampungkan kegiatan) bakal di tentukan dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot adalah tempat dimana peserta mesti berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi terakhir yang wajib pemain tuju dan menentukan juara perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Pegunungan
Kalau Anda lebih menyukai kegiatan seperti petualangan di alam bebas, maka amazing race outbound pada perbukitan merupakan referensi yang cocok. Biar semua kontestan bisa menjalankan game dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberi pengarahan masalah navigasi (mencari arah yang sesuai) dan jungle survivor (apabila permainan dua hari satu malam di pegunungan maupun alas
Salah satu pengarahan dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan teknik supaya tidak tersesat
- Membikin tenda
- Mempergunakan peralatan dapur versi jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah-buahan yang dapat dan enggak dapat dikonsumsi
- Tips mendapat air minum (kalau persediaan habis, dan lain sebagainya
Didalam teknis pertandingan, mereka wajib mempunyai tim pemantau yg telah expert didalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yg tersesat. Team pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar 1: Contoh Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen berukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan didalam jarak sepuluh meter. didalam Kaen ini di lukis target perusahaaan didalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai tanda keinginan bersama. di beri ruang kosong untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Di mana segala peserta akan bergantian melakukan tembakan di dalam Kain itu.
Pilar 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksinya … Pilih tiga orang tiap tim. bikin mummy dari tissu yg di berikan. Cuma terdapat enam gulung tisue WC tiap team. Jadi setiap orang Hanya 2 gulung tisu dan wajib dapat bikin mumi seefektif mungkin
Tujuan yang di capai
- Menggunakan bahan seadanya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas dan totalitas anggota yg dijadikan mumi (jadi Tujuannya, setiap perusahaan membutuhkan orang orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategi, di mana setiap tim yg bisa menganalisis kesempatan & tanangan, peluang berhasil dengan menggunakan peserta yg kecil kurus. Maka Apabila kelompok bisa menganalisis tentunya akan memilih orang yg kecil. tapi Jika kelompok tidak mampu melihat peluang tentu akan memakai peserta asal asalan.
- Jangan menganalisis sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap group diberikan terpal maupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali tali dan di talinya di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua peserta. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan menukar dan kain ataupun terpal gak boleh jatuh ketanah. tiap orang yg bertukar harus ambil satu kertas kecil tersebut tanpa membukanya. setelah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yang di dapatkan setiap anggota.
Peserta yang Melaksanakan rotasi secara baik akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar gak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, peserta biar nggak menempati tempat yg sama.
- Strategi, biar setiap peserta dapat memiliki peluang rotasi & menyelesaikan tugas.
- Wawasan situasi dengan melihat tempat dan kawan jadi pertukaran dapat berjalan tepat.
- Mengesampingkan ego sebab Kalau setiap anggota mau berpindah terlebih dulu, orang yang akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yang diperoleh dipos 3 bisa di kumpulkan jadi satu didalam tim. dibagikan papan sterofom & peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas). setiap group bisa menyusun gambar yang di dapatkan dipos tiga dalam papan yg memberikan esensi dan makna. seusai selesai maka dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan tersebut.
Ini merupakan satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Bila dilaksanakan secara tepat dan benar akan menjadikan suatu tim yg kompak & kuat, dan buat suatu perusahaan faktor ini penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya agar mempunyai loyalitas kepada perusahaan & menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Untuk kalian yang mau melaksanakan kegiatan outbound silahkan menelpon kita.