Outbound Amazing Race
Amazing Race adalah suatu kegiatan di alam lepas yang benar-benar memerlukan kekompakan di dalam suatu tim. Setiap group amazing race outbound diberi petunjuk untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap-tiap area amazing race outbound yang mereka tuju ada permainan yang harus peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai peserta pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini begitu digandrungi oleh banyak perusahaan atau instansi pemerintah amazing race outbound ini amat asyik karena area berpindah-pindah dan enggak monoton seperti outbound umumnya. Di dalam amazing race banyak game-game yang seru yang bersifat kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Menaikan kemampuan personal dalam membangun tim.
- Meningkatkan serta sharing ilmu di dalam hal memotivasi individu dan motivasi tim, menaikan kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Meraih perkembangan individu dan kelompok yang diarahkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membangun kualitas & mutu leadership dengan kapasitas personal didalam keterbukaan mengatasi problem dan mengembangkan karakter kerja yang sesuai.
- Membangun leadership personal dan jiwa leadership di dalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race Outbound di 1 tempat
Game amazing race di 1 lokasi pasti bisa hemat modal. Lokasi yang dipakai semaksimalkan mungkin luas dan terdiri dari beragam area yang natural, salah satunya: Taman margasatwa, area wisata.
Di awal anggota dikelompokan menjadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih petunjuk jalan lokasi berikut yang bakal kontestan singgahi. Bila bertempat di taman margasatwa, maka kontestan bakal mengarah ke beragam tempat tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang tidak secara gamblang disampaikan kontestan harus mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang peserta singgahi, peserta bakal mendapat permainan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di tempat tinggal binatang ataupun lokasi tertentu
- Berjoget ataupun bergaya sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Permainan amazing race diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana peserta mesti merampungkan aktivitas) bakal di tentukan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot adalah tempat dimana kontestan harus berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi akhir yang mesti peserta tuju dan menentukan pemenang perlombaan.
- Amazing Race di Pegunungan
Apabila Kalian lebih menyukai perlombaan seperti petualangan di alam terbuka, maka outbound amazing race di pegunungan adalah referensi yang sesuai. Supaya seluruh peserta dapat melaksanakan permainan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberikan pengarahan masalah navigasi (mencari jalan yang sesuai) dan jungle survivor (apabila kegiatan 2 hari satu malam di pegunungan ataupun hutan
Contoh arahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik supaya tidak salah jalan
- Mendirikan tenda
- Menggunakan peralatan masak dari jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah yang dapat dan tidak bisa dikonsumsi
- Cara memperoleh air minum (kalau stok habis, dan lain-lain
Didalam teknis permainan, mereka wajib memiliki team pemantau yang sudah expert di dalam jungle survivor. Jadi gak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Kegiatan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter X 2,5 meter di bentangkan didalam jarak 10 meteran. didalam Kaen itu dilukis target target perusahaaan di dalam beberapa tempat, maupun lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. Di kasih space kosong untuk ditembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Dimana segala peserta akan secara bergantian menembak didalam Kaen tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai dana
Instruksi nya … pilihlah tiga peserta setiap team. Buat mumi dari tisue yg dibagikan. Hanya ada 6 gulung tissu WC setiap team. Jadi setiap peserta Cuma 2 gulung tisu dan wajib bisa Buat mumy seefektif mungkin
Poin yg dicapai
- Menggunakan bahan seadanya dengan 2 gulung tisue dapat membungkus seluruh badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas peserta yang di jadikan mumy (jadi Pointnya, setiap lembaga membutuhkan orang semacam ini yang rela mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategy, di mana setiap team yg mampu menganalisis kesempatan dan rintangan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yang kurus kecil. Sehingga Bila tim sanggup melihat tentu saja akan memilih peserta yg kecil kurus. tetapi Jika kelompok tidak dapat menganalisis peluang pastinya akan memilih peserta sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. akan tetapi setiap peningkatan perusahaan harus di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap grup dibagikan kain atau terpal ukurannya 3 meter x 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali-tali & pada tali di pasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh peserta. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yang lainnya dengan aturan menukar & kain maupun terpal tak boleh terjatuh ke tanah. setiap anggota yang bertukar harus ambil satu kertas itu tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota kumpul & fasilitator mengecek dan membuka kertas kecil yang diperoleh setiap anggota.
Orang yg Melakukan pertukaran dengan baik akan memperoleh minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Inti Game:
- Komando, supaya nggak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, anggota supaya tak menempati posisi yg sama.
- Strategy, supaya setiap orang dapat mempunyai kesempatan rotasi & menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat kawan & tempat sehingga perpindahan akan berjalan baik.
- Menghilangkan ego sebab Apabila tiap peserta akan berpindah lebih duluan, orang yg akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yang diperoleh di pos tiga akan dikumpulkan jadi satu di dalam grup. di bagikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) & papan sterofom. tiap grup akan menyusun gambar yg di dapatkan dipos tiga di dalam sebuah papan yang memberi makna & esensi. sesudah selesai maka direview maupun dipresentasikan maksud dari papan tersebut.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Kalau di terapkan dengan tepat dan benar bisa menghasilkan sebuah grup yg kompak dan kuat, & bagi suatu lembaga kondisi ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan nya supaya mempunyai loyalitas pada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beberapa Lokasi Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Untuk kalian yang hendak melaksanakan wisata outbound dapat menelpon kami.