Amazing Race
Outbound Amazing Race ialah suatu permainan di luar ruangan yang sangat butuh kerjasama dalam satu kelompok. Semua tim amazing race diberi petunjuk untuk mencapai lokasi tertentu. Di setiap tempat amazing race yang mereka tuju ada game yang mesti mereka ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai mereka pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini begitu diminati oleh banyak perusahaan maupun instansi pemerintah amazing race ini benar-benar mengasyikan karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound lainnya. Didalam outbound amazing race banyak game-game yang mengasyikan yang bersifat kompetitif.
Goal Amazing Race Outbound
- Menambah kepiawaian pribadi didalam mengembangkan team.
- Menambah dan berbagi ilmu dalam hal motivasi pribadi dan memotivasi tim, menaikan rasa PD, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan personal dan tim yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membentuk mutu & kualitas leadership dengan kemampuan pribadi di dalam keterbukaan menangani problem dan mengembangkan kebiasaan kerja yang pas.
- Membangun leadership individu dan leadership dalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race di satu lokasi
Kegiatan outbound amazing race pada satu lokasi pastinya bisa menghemat uang. Lokasi yang dipakai semaksimalkan mungkin lapang dan ada berbagai tempat yang natural, salah satu contoh: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Di awal peserta dipisah jadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih petunjuk arah tempat selanjutnya yang bakal peserta singgahi. Bila bertempat di kebun binatang, maka mereka bakal mengarah ke berbagai area tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara jelas disampaikan kontestan wajib mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di area yang kontestan tuju, mereka akan mendapat game seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Selfie di tempat tinggal hewan ataupun lokasi tertentu
- Bernyanyi ataupun bergaya sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana kontestan wajib menuntaskan perlombaan) akan di tentukan didalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana peserta mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat akhir yang harus kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Outbound Amazing Race di Pegunungan
Jika Kamu lebih suka tantangan seperti adventure di alam lepas, maka amazing race outbound pada pegunungan merupakan pilihan yang cocok. Biar seluruh kontestan dapat menjalankan permainan dengan tepat, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (apabila game 2 hari satu malam di pegunungan maupun alas
Contoh pengarahan didalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik supaya tidak kesasar
- Membikin tenda
- Menggunakan alat-alat dapur versi jungle survivor
- Menemukan sayur dan buah-buahan yang bisa dan enggak boleh dimakan
- Trik memperoleh air minum (apabila persediaan air minum habis, dan sebagainya
Didalam teknis pelaksanaan, mereka mesti mempunyai team pemantau yang sudah expert didalam jungle survivor. Maka tak akan ada yang kesasar. Tim pemantau dapat memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Game dengan Output Focus
Gamenya: Kain ukuran 2,5 meter X 3 meter di bentangkan didalam jarak sepuluh meteran. didalam Kain ini di lukis target target perusahaaan dalam beberapa tempat, ataupun logo perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. Dikasih tempat kosong untuk di tembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Di mana semua akan akan bergantian menembak didalam Kaen tersebut.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan anggaran
Instruksinya … pilih saja tiga org tiap team. bikin mumy dari tissu yg di bagikan. Cuma terdapat enam gulung tisue WC tiap team. maka per peserta Hanya dua gulung tisue dan harus dapat membikin mumi sebisa mungkin
Tujuan yg digapai
- Memakai sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas anggota yg di jadikan mumy (jadi Tujuannya, setiap lembaga memerlukan orang-orang seperti ini yang mau berkorban demi tujuan bersama)
- Strategy, dimana tiap team yg dapat melihat peluang & rintangan, peluang berhasil dengan menggunakan orang yang kurus kecil. Sehingga Jika kelompok dapat menganalisis pastinya akan memilih anggota yang kurus kecil. tetapi Apabila team enggak bisa menganalisis kesempatan tentu saja akan memilih peserta asal asalan.
- Tidak boleh melihat sesuatu dari cover, bentuk atau hasil. namun setiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap tim di bagikan kain atau terpal ukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali tali dan pada tali di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh anggota. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lainnya dengan aturan berpindah dan terpal maupun kain nggak boleh terjatuh ke tanah. tiap peserta yg bertukar harus ambil satu kertas itu tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta berkumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas yg diperoleh tiap orang.
Orang yang Melaksanakan perpindahan secara baik akan mendapat minimal 10 kertas dengan gambar yang berbeda beda.
Inti Game:
- Komando, agar gak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, orang biar tidak berada di titik yg sama.
- Strategi, agar setiap peserta dapat memiliki peluang rotasi dan merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan mengamati tempat dan kawan jadi perpindahan akan berjalan baik.
- Mengesampingkan ego karena Bila setiap peserta ingin berpindah lebih duluan, anggota yang akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yang diperoleh di pos tiga bisa di kumpulkan menjadi satu di dalam grup. dibagikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) dan papan sterofom. setiap tim bisa menyusun gambar yg di peroleh ditempat tiga didalam sebuah papan yg memberi esensi & makna. sesudah selesai maka direview ataupun dipresentasikan pamaknaan dari papan display itu.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Bila diterapkan secara tepat & benar bisa menghasilkan sebuah tim yang kuat dan kompak, dan buat sebuah perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan nya agar punya loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Tempat Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Untuk Anda yang hendak mengikuti wisata outbound silahkan menelpon kami.