Outbound Amazing Race
Amazing Race Outbound merupakan suatu kegiatan di alam lepas yang amat membutuhkan teamwork di dalam suatu kelompok. Tiap tim amazing race diberi petunjuk untuk menuju tempat tertentu. Di tiap-tiap area amazing race yang mereka datangi ada game yang mesti mereka ikuti untuk memperoleh petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai mereka akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race sekarang ini amat diminati oleh beberapa perusahaan atau lembaga pemerintah outbound amazing race ini sangat asyik karena tempat berganti-ganti dan tidak monoton seperti outbound umumnya. Dalam amazing race terdapat permainan yang asyik yang bersifat kompetisi.
Tujuan Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kepiawaian pribadi di dalam membentuk team.
- Menambah serta sharing pengalaman dalam hal memotivasi individu dan memotivasi kelompok, meningkatkan rasa PD, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan pribadi dan team yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan problem.
- Mengembangkan kualitas dan mutu leadership dengan kepiawaian individu didalam keterbukaan menangani konflik dan mengembangkan kebiasaan kerja yang tepat.
- Mengembangkan jiwa leadership pribadi dan leadership didalam team
Beragam Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race Outbound di satu area
Aktivitas amazing race di 1 lokasi tentunya bisa hemat uang. Area yang dipakai sebisa mungkin luas dan ada beberapa tempat yang asri, salah satunya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama-tama anggota dikelompokan jadi beberapa team. Mereka lalu diberi pedoman arah area selanjutnya yang bakal mereka singgahi. Jika berada di kebun binatang, maka peserta akan mengarah ke beberapa area kandang binatang tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara jelas disampaikan kontestan wajib mengetahui nama latin hewan itu.
Di lokasi yang kontestan datangi, kontestan bakal mendapat game seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Berfoto di tempat tinggal hewan atau area tertentu
- Joget maupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race dimulai dari area tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain mesti menyelesaikan permainan) bakal ditetapkan di dalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot ialah tempat dimana peserta wajib berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point ialah tempat terakhir yang harus peserta tuju dan menetapkan juara perlombaan.
- Amazing Race di Gunung
Jika Anda lebih senang tantangan dengan jenis adventure di alam terbuka, maka outbound amazing race pada pegunungan merupakan pilihan yang tepat. Supaya para peserta mampu melakukan perlombaan dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberi petunjuk tentang navigasi (mendapatkan arah yang pas) dan jungle survivor (kalau permainan 2 hari satu malam di perbukitan ataupun hutan
Contoh petunjuk dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik supaya tidak salah jalan
- Mendirikan tenda
- Memakai alat masak dari jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah-buahan yang bisa dan enggak bisa dimakan
- Tips mendapat air minum (kalau stok habis, dan sebagainya
Di dalam teknik pelaksanaan, mereka wajib memiliki tim pemantau yang sudah ahli didalam jungle survivor. Maka tidak akan ada yang kesasar. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan grup tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Outbound Amazing Race
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Target
Gamenya: Kaen ukuran 2,5 meter x 3 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. dalam Kain tersebut di lukis target perusahaaan didalam beberapa tempat, maupun logo perusahaan sebagai tanda tujuan bersama. Dikasih ruang kosong untuk ditembak. Alat tembak nya berasal dari paint ball, Dimana setiap akan akan bergantian melakukan tembakan di dalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi … pilih saja 3 peserta setiap tim. bikin mummy dr tissu yg diberikan. Hanya terdapat 6 gulung tissu WC tiap kelompok. Jadi tiap org Cuma dua gulung tisu dan mesti bisa membuat mummy sebisa mungkin
Nilai yg dicapai
- Memakai sumber daya seadanya dengan dua gulung tissu dapat membungkus seluruh badan orang.
- totalitas dan Loyalitas anggota yang dibuat mumy (jadi Tujuannya, setiap perusahaan membutuhkan orang-orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi harapan bersama)
- Strategy, dimana tiap tim yang sanggup melihat peluang & hambatan, peluang berhasil dengan memilih anggota yg kurus kecil. Sehingga Apabila tim mampu melihat pastinya akan menggunakan peserta yang kecil kurus. namun Apabila team enggak dapat melihat peluang pasti akan memakai orang asal asalan.
- Dilarang melihat sesuatu dari cover, bentuk ataupun hasil. akan tetapi tiap peningkatan perusahaan wajib di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap group diberikan kain atau terpal berukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya diberikan utasan tali – tali & pada talinya di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. kain maupun terpal di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua peserta. lalu di berikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lain dengan aturan bertukar & terpal ataupun kain tak boleh jatuh ketanah. setiap orang yg bertukar wajib ambil 1 kertas kecil itu tanpa membukanya. sehabis waktu habis orang kumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yg diperoleh tiap peserta.
Peserta yang Melaksanakan rotasi secara tepat akan mendapat minim 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, agar nggak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, peserta agar nggak berada di tempat yg sama.
- Strategi, supaya setiap orang bisa memiliki kesempatan rotasi & merampungkan tugas.
- Pengetahuan situasi dengan melihat tempat & kawan jadi pertukaran akan berjalan baik.
- Mengesampingkan keegoisan sebab Jikalau tiap orang akan pindah lebih dulu, peserta yang akhir bisa kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar gambar yg diperoleh dipos tiga dapat di kumpulkan jadi 1 didalam kelompok. di berikan papan sterofom dan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem). setiap group akan menyusun gambar yang di peroleh dipos tiga dalam sebuah papan yg memberi esensi & makna. setelah selesai maka direview maupun dipresentasikan arti dari papan tsb.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Bila dilaksanakan secara benar dan tepat akan menghasilkan suatu group yg kuat & kompak, dan untuk sebuah instansi hal ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan supaya mempunyai loyalitas pada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Area Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Bagi kamu yang ingin mengikuti wisata outbound silahkan menghubungi kami.