Amazing Race
Outbound Amazing Race adalah satu permainan di alam lepas yang amat memerlukan kekompakan didalam sebuah group. Setiap kelompok outbound amazing race dikasih petunjuk untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap lokasi outbound amazing race yang kontestan datangi ada game yang mesti kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke area selanjutnya. Sampai mereka pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini amat digemari oleh banyak perusahaan maupun lembaga pemerintah amazing race outbound ini sangat mengasyikan karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound biasa. Didalam amazing race banyak game-game yang asyik yang sifatnya kompetitif.
Goal Amazing Race
- Menambah kemampuan personal dalam membentuk tim.
- Menambah dan sharing ilmu didalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih perkembangan pribadi dan team yang diarahkan pada sasaran perusahaan, salah satu di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Membentuk mutu & kwalitas jiwa leadership dengan kepiawaian personal di dalam keterbukaan menangani masalah dan membangun budaya kerja yang sesuai.
- Membangun kepemimpinan personal dan jiwa leadership di dalam team
Beragam Tipe Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada 1 area
Aktivitas amazing race outbound di satu lokasi pasti dapat hemat modal. Area yang dipakai sedapat mungkin luas dan ada beragam lokasi yang unik, salah satu contoh: Kebun binatang, lokasi wisata.
Pertama peserta dikelompokan jadi beberapa tim. Mereka lalu diberi pedoman arah area berikut yang bakal mereka tuju. Bila berlokasi di taman margasatwa, maka kontestan bakal mengarah ke beragam area kandang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan enggak secara gamblang disampaikan kontestan harus mengetahui nama latin hewan itu.
Di area yang peserta tuju, kontestan bakal mendapat game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di tempat tinggal hewan atau lokasi tertentu
- Bernyanyi ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Perlombaan amazing race dimulai dari lokasi tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana kontestan harus menuntaskan perlombaan) bakal di tentukan didalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot ialah lokasi dimana pemain harus istirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan area terakhir yang wajib kontestan tuju dan menentukan juara game.
- Amazing Race di Perbukitan
Kalau Anda lebih suka perlombaan seperti petualangan di alam lepas, maka amazing race outbound di gunung adalah pilihan yang sesuai. Biar semua peserta dapat melakukan perlombaan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mendapatkan arah yang sesuai) dan jungle survivor (bila game dua hari satu malam di perbukitan ataupun hutan
Salah satu pengarahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, mempergunakan kompas dan strategi supaya tidak kesasar
- Mendirikan tenda
- Memakai alat dapur dari jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah-buahan yang boleh dan tidak boleh dimakan
- Tips mendapatkan air minum (bila persediaan air minum habis, dan lain-lain
Didalam teknis pertandingan, mereka mesti punya tim pemantau yang sudah ahli dalam jungle survivor. Maka gak akan ada yg tersesat. Team pemantau dapat memantau pergerakan grup tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar 1: Misal Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meteran. di dalam Kaen ini di gambar target perusahaaan di dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. Dikasih tempat blank untuk di tembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Dimana segala akan akan secara bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen itu.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksinya … pilihlah 3 org tiap kelompok. bikin mummy dari tisu yang di bagikan. Cuma ada enam gulung tisue toilet tiap team. Jadi per org Hanya dua gulung tisue & wajib bisa Buat mummy sebisa mungkin
Nilai yg digapai
- Menggunakan bahan seada nya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus semua badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yg di buat mummy (jadi Tujuannya, setiap industri memerlukan orang-orang semacam ini yang mau mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategy, di mana setiap tim yg dapat melihat kesempatan & tanangan, peluang berhasil dengan memilih orang yg kecil. Sehingga Jika kelompok dapat melihat tentu saja akan memilih orang yang kecil kurus. namun Bila kelompok tak bisa melihat kesempatan tentu akan menggunakan anggota sembarangan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. tetapi tiap peningkatan perusahaan harus di lihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap kelompok diberikan terpal ataupun kain ukuran 3 meter X 3 meter. disisinya diberikan utasan tali – tali & pada talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua peserta. Kemudian di berikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan menukar dan kain atau terpal gak boleh terjatuh kebawah. tiap anggota yg bertukar harus mengambil satu kertas tersebut tanpa membuka nya. sesudah waktu habis orang berkumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yang diperoleh setiap orang.
Anggota yang Mengerjakan pertukaran dengan baik akan memperoleh min 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Inti Game:
- Komando, supaya tak berbenturan ketika pindah.
- Komunikasi, peserta biar gak berada di tempat yg sama.
- Strategy, agar tiap orang dapat punya peluang rotasi dan menyelesaikan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat kawan & tempat sehingga perpindahan dapat berjalan tepat.
- Merendahkan keegoisan sebab Kalau setiap anggota ingin berpindah lebih dulu, anggota yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yang didapatkan dititik 3 bisa di kumpulkan jadi 1 dalam kelompok. di berikan papan sterofom dan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem). tiap tim bisa menyusun gambar yg di dapatkan dipos 3 didalam sebuah papan yang memberikan makna & esensi. sesudah selesai kemudian direview ataupun dipresentasikan arti dari papan display tersebut.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Apabila diterapkan secara tepat & benar dapat menghasilkan suatu group yang kompak dan kuat, dan buat sebuah instansi hal ini sangat penting sekali untuk perkembangan tiap karyawannya biar mempunyai loyalitas pada perusahaan & menambah semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Bagi Anda yang hendak mengikuti wisata outbound silahkan menelpon kita.