Amazing Race
Amazing Race Outbound ialah suatu bentuk aktivitas di luar ruangan yang sangat memerlukan kerjasama didalam suatu kelompok. Seluruh group outbound amazing race diberi petunjuk untuk mencapai tempat tertentu. Di tiap-tiap lokasi amazing race outbound yang kontestan singgahi terdapat game yang mesti kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga mereka akhirnya finish di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini amat digandrungi oleh beberapa perusahaan atau lembaga pemerintah outbound amazing race ini amat asyik karena area berpindah-pindah dan tidak monoton seperti jenis outbound biasa. Dalam outbound amazing race ada permainan yang seru yang sifatnya kompetisi.
Sasaran Outbound Amazing Race
- Menambah kepiawaian pribadi didalam membangun tim.
- Menaikan serta berbagi pengetahuan di dalam hal memotivasi personal dan motivasi team, menambah kepercayaan diri, dan kinerja.
- Meraih perkembangan individu dan team yang diarahkan pada goal perusahaan, salah satu di dalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membentuk mutu dan kualitas leadership dengan kepiawaian pribadi didalam keterbukaan menangani konflik serta membangun karakter kerja yang tepat.
- Membangun jiwa leadership individu dan leadership di dalam team
Beberapa Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race pada 1 tempat
Game amazing race outbound di satu lokasi pasti bisa mengirit uang. Area yang digunakan sedapat mungkin lapang dan ada beragam tempat yang alami, salah satunya: Taman margasatwa, objek wisata.
Pertama-tama pemain dibagi jadi beberapa team. Mereka lalu diberi panduan arah area berikut yang bakal mereka tuju. Kalau berada di taman margasatwa, maka kontestan bakal pergi ke beragam tempat sarang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara gamblang disampaikan peserta mesti mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang peserta datangi, peserta bakal mendapat permainan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Berfoto di tempat tinggal binatang ataupun tempat tertentu
- Joget maupun menari sesuai dengan intruksi, dan sebagainya.
- Outbound Amazing Race Adventure
- Kegiatan amazing race outbound diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang dipersiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib menuntaskan permainan) bakal di tentukan didalam clue yang diberikan.
- Break Spot merupakan tempat dimana pemain mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi terakhir yang wajib peserta tuju dan memutuskan juara perlombaan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Apabila Kamu lebih menyukai perlombaan seperti adventure di alam terbuka, maka outbound amazing race pada perbukitan adalah referensi yang tepat. Agar para kontestan dapat melaksanakan permainan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (mencari arah yang pas) dan jungle survivor (kalau kegiatan 2 hari 1 malam di pegunungan maupun hutan
Salah satu petunjuk di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan taktik biar enggak salah jalan
- Membikin tenda
- Menggunakan alat masak buatan jungle survivor
- Mencari sayur dan buah yang bisa dan tidak dapat dikonsumsi
- Trik mendapat air minum (apabila stok habis, dan sebagainya
Dalam teknik permainan, mereka harus punya team pemantau yang sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga tidak akan ada yg tersesat. Tim pemantau dapat memantau arah pergerakan grup tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Misal Kegiatan dengan Target
Permainannya: Kaen ukurannya 2,5 meter X 3 meter dibentangkan di dalam jarak 10 meter. didalam Kaen tersebut di gambar target target perusahaaan di dalam beberapa tempat, maupun logo perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. Dikasih space kosong untuk di tembak. peralatan tembaknya dari paint ball, Di mana seluruh tim akan secara bergantian menembak didalam Kaen itu.
Pilar 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi nya … pilih saja 3 peserta tiap tim. bikin mumy dari tisu yg di berikan. Cuma terdapat 6 gulung tisu WC tiap team. Jadi setiap orang Cuma dua gulung tissu & harus bisa bikin mummy sebisa mungkin
Nilai yang di gapai
- Mengotimalkan bahan seada nya dengan 2 gulung tissu dapat membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas anggota yg di jadikan mumy (jadi Nilainya, setiap industri memerlukan orang seperti ini yang mau berkorban demi keinginan bersama)
- Strategi, di mana setiap team yg sanggup menganalisis kesempatan & tanangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan anggota yang kecil. Sehingga Bila kelompok sanggup melihat pasti akan memilih orang yang kecil. akan tetapi Jika kelompok tidak dapat melihat kesempatan tentu saja akan menggunakan orang asal asalan.
- Jangan menganalisis sesuatu dari cover, bentuk atau hasil. akan tetapi tiap perkembangan perusahaan mesti di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup dibagikan terpal ataupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. disisinya di bagikan utasan tali tali dan di tali dipasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. terpal maupun kain di bentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua orang. Kemudian dibagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lain nya dengan aturan bertukar & terpal ataupun kain gak boleh jatuh ke tanah. tiap orang yg berpindah harus mengambil satu kertas kecil ini tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yg di dapatkan setiap anggota.
Orang yang Melaksanakan pertukaran secara baik akan mendapat minim 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, biar tidak bertabrakan pada saat rotasi.
- Komunikasi, anggota supaya tak menempati titik yg sama.
- Strategi, supaya tiap peserta bisa punya peluang rotasi dan menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman situasi dengan memperhatikan tempat & kawan jadi rotasi akan berjalan baik.
- Merendahkan keegoisan sebab Jika tiap peserta akan pindah lebih dahulu, orang yg terakhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yg diperoleh dititik 3 bisa dikumpulkan menjadi 1 didalam tim. diberikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. tiap tim bisa menyusun gambar yang di peroleh ditempat tiga di dalam sebuah papan yang memberikan esensi dan makna. sehabis selesai kemudian direview atau dipresentasikan arti dari display papan ini.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yang Kalau diterapkan dengan benar dan tepat akan menghasilkan sebuah kelompok yg kompak & kuat, & bagi suatu lembaga hal ini penting sekali untuk melatih tiap karyawan biar punya loyalitas pada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Beragam Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Untuk kamu yang ingin melaksanakan wisata outbound silahkan menghubungi kami.