Outbound Amazing Race
Outbound Amazing Race adalah sebuah permainan di alam terbuka yang amat membutuhkan teamwork di dalam sebuah group. Seluruh group amazing race diberi panduan untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap lokasi amazing race yang kontestan datangi ada tantangan yang mesti mereka ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area berikutnya. Hingga mereka pada akhirnya sampai di lokasi terakhir. Outbound Amazing Race saat ini begitu digemari oleh beberapa instansi pemerintah ataupun perusahaan amazing race outbound ini benar-benar mengasyikan karena tempat berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound biasa. Di dalam amazing race ada game-game yang seru yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race Outbound
- Meningkatkan kemampuan individu didalam mengembangkan team.
- Menaikan dan sharing ilmu dalam hal memotivasi pribadi dan memotivasi kelompok, menambah kepercayaan diri, dan kreativitas.
- Mencapai pertumbuhan pribadi dan kelompok yang diarahkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya adalah rasa saling percaya, dan pemecahan masalah.
- Membentuk kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kepiawaian personal didalam keterbukaan menangani problem serta membentuk budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan kepemimpinan personal dan jiwa leadership di dalam team
Berbagai Jenis Outbound Amazing Race
- Amazing Race di 1 lokasi
Aktivitas amazing race outbound di 1 tempat pasti bisa hemat modal. Area yang dipilih sedapat mungkin lapang dan terdiri dari beberapa tempat yang unik, salah satunya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama pemain dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian mereka dikasih panduan jalan lokasi selanjutnya yang akan peserta singgahi. Bila berada di taman margasatwa, maka kontestan akan mengarah ke beragam lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang hewan enggak secara jelas disampaikan mereka wajib mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang peserta kunjungi, mereka akan mendapatkan tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di tempat tinggal hewan maupun tempat tertentu
- Joget ataupun bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race outbound diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana pemain wajib menuntaskan kegiatan) akan di tentukan di dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan tempat dimana peserta mesti istirahat dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi finish yang mesti kontestan tuju dan memutuskan pemenang permainan.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Jika Kamu lebih senang kegiatan seperti petualangan di alam bebas, maka amazing race outbound di pegunungan ialah pilihan yang cocok. Biar para kontestan bisa menjalankan game dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberikan pengarahan tentang navigasi (mencari arah yang pas) dan jungle survivor (apabila game 2 hari 1 malam di pegunungan maupun hutan
Salah satu arahan dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik supaya tidak tersesat
- Mendirikan tenda
- Menggunakan peralatan dapur dari jungle survivor
- Mencari tumbuhan dan buah yang boleh dan tidak bisa dimakan
- Tips mendapatkan air minum (apabila stok habis, dan sebagainya
Dalam teknis pertandingan, mereka wajib punya team pemantau yg sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Sehingga gak akan ada yang kesasar. Team pemantau akan memantau pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar ke 1: Contoh Kegiatan dengan Target
Permainannya: Kain ukurannya 2,5 meter X 3 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meter. dalam Kaen tersebut di lukis target target perusahaaan di dalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai simbol harapan bersama. Di kasih ruang blank untuk ditembak. peralatan tembaknya dari paint ball, Dimana segala akan akan bergantian melakukan tembakan didalam Kain tsb.
Pilar 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksi … pilih saja 3 peserta tiap team. membuat mumy dari tissu yang di berikan. Hanya ada 6 gulung tissu WC tiap kelompok. maka per peserta Cuma dua gulung tissu & harus bisa bikin mumy sebisa mungkin
Nilai yang digapai
- Menggunakan sumber daya seadanya dengan dua gulung tisue bisa membungkus semua badan orang.
- Loyalitas & totalitas anggota yg di jadikan mumy (jadi Tujuannya, setiap perusahaan memerlukan orang orang semacam ini yang rela mengorbankan diri demi harapan bareng)
- Strategy, dimana tiap kelompok yg mampu melihat peluang dan rintangan, peluang berhasil dengan memakai peserta yang kurus kecil. Jadi Jika tim sanggup melihat pastinya akan memilih orang yang kecil kurus. namun Kalau kelompok gak sanggup menganalisis kesempatan tentu akan menggunakan peserta asal asalan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dari cover, bentuk maupun hasil. namun setiap perkembangan perusahaan mesti di lihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Setiap grup dibagikan kain atau terpal berukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali – tali & di tali dipasang paperklip dan kertas kecil kecil dengan lukisan didalamnya. terpal atau kain di bentangkan dengan memegang tali tali tadi semua peserta. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yang lain dengan peraturan menukar dan kain maupun terpal nggak boleh terjatuh ke tanah. tiap peserta yg berpindah harus ambil 1 kertas tsb tanpa membukanya. sesudah waktu habis orang kumpul & fasilitator membuka dan mengecek kertas kecil yg di peroleh setiap peserta.
Anggota yg Melakukan pertukaran secara baik akan memperoleh min 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda beda.
Kunci Game:
- Komando, agar nggak bertabrakan pada saat pindah.
- Komunikasi, peserta supaya nggak menempati tempat yg sama.
- Strategi, biar setiap orang bisa punya kesempatan berpindah & merampungkan tugas.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat kawan & tempat jadi rotasi dapat berjalan tepat.
- Menghilangkan ego karena Kalau tiap orang mau berpindah terlebih dahulu, anggota yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yg diperoleh di pos tiga akan dikumpulkan menjadi 1 di dalam kelompok. di bagikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) & papan sterofom. tiap group bisa menyusun gambar yg diperoleh dipos 3 dalam sebuah papan yg memberi makna & esensi. setelah selesai maka direview maupun dipresentasikan arti dari display papan tersebut.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yg Kalau dilakukan secara tepat & benar dapat menjadikan sebuah group yang kompak dan kuat, & untuk suatu instansi faktor ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawan agar mempunyai loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Amazing Race Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi kamu yang hendak melaksanakan aktivitas outbound silahkan menghubungi kita.