Amazing Race Outbound
Amazing Race Outbound merupakan suatu permainan di alam bebas yang benar-benar membutuhkan kekompakan didalam satu tim. Tiap kelompok amazing race outbound diberi pedoman untuk menuju area tertentu. Di setiap area outbound amazing race yang mereka singgahi ada permainan yang harus peserta ikuti untuk memperoleh petunjuk ke area selanjutnya. Hingga peserta akhirnya finish di area terakhir. Outbound Amazing Race saat ini begitu digandrungi oleh beberapa instansi pemerintah ataupun perusahaan outbound amazing race ini amat mengasyikan karena area berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Di dalam amazing race outbound terdapat game-game yang asyik yang bersifat kompetitif.
Sasaran Amazing Race
- Menambah kapasitas individu didalam membangun tim.
- Menaikan dan berbagi pengalaman dalam hal motivasi individu dan memotivasi tim, meningkatkan rasa PD, dan produktivitas.
- Menggapai perkembangan personal dan team yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya adalah perasaan saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Mengembangkan mutu & kwalitas leadership dengan kemampuan personal didalam keterbukaan menangani problem dan mengembangkan kebiasaan kerja yang pas.
- Mengembangkan kepemimpinan individu dan kepemimpinan didalam team
Beragam Type Amazing Race Outbound
- Amazing Race di 1 tempat
Aktivitas amazing race di 1 area pastinya dapat menghemat modal. Tempat yang dipilih semaksimalkan mungkin luas dan ada beragam tempat yang unik, seperti misalnya: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama anggota dipisah menjadi beberapa kelompok. Kemudian mereka diberi petunjuk jalan area selanjutnya yang akan peserta tuju. Apabila berada di taman margasatwa, maka mereka bakal pergi ke beragam lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk kandang binatang enggak secara jelas dinyatakan peserta harus mengetahui nama latin hewan tersebut.
Di area yang mereka datangi, peserta bakal memperoleh game diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di kandang binatang atau area tertentu
- Joget atau bergaya sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Kegiatan amazing race dimulai dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana pemain wajib merampungkan kegiatan) bakal di tentukan di dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana peserta wajib beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi finish yang wajib kontestan tuju dan menentukan pemenang perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Apabila Anda lebih menyukai kegiatan seperti adventure di alam bebas, maka amazing race pada pegunungan merupakan referensi yang tepat. Supaya seluruh kontestan dapat menjalankan perlombaan dengan sesuai, maka wajib ada fasilitator yang memberi petunjuk masalah navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (apabila permainan dua hari satu malam di perbukitan maupun alas
Salah satu arahan di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai kompas dan taktik supaya enggak tersesat
- Mendirikan tenda
- Memakai alat dapur versi jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah yang boleh dan tidak boleh dimakan
- Trik mendapat air minum (apabila stok air minum habis, dan lain-lain
Didalam teknis pertandingan, mereka mesti mempunyai tim pemantau yang telah ahli di dalam jungle survivor. Sehingga tidak akan ada yg tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan group tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Contoh Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukurannya 3 meter X 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak sepuluh meter. didalam Kaen itu di gambar target target perusahaaan didalam beberapa space, ataupun logo perusahaan sebagai simbol keinginan bareng. Dikasih tempat blank untuk di tembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Dimana seluruh peserta akan bergantian melakukan tembakan di dalam Kain ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksinya … pilih saja 3 peserta setiap team. membikin mumi dari tissu yg diberikan. Hanya ada 6 gulung tisue toilet setiap team. Jadi setiap peserta Hanya 2 gulung tisue dan mesti bisa membikin mumy sebisa mungkin
Value yg di capai
- Memaksimalkan sumber daya seada nya dengan dua gulung tisu bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas & Loyalitas peserta yang dijadikan mumy (jadi Nilainya, setiap instansi membutuhkan orang orang seperti ini yang mau berkorban demi harapan bersama)
- Strategi, di mana tiap tim yg dapat menganalisis kesempatan dan rintangan, kesempatan berhasil dengan memakai anggota yang kecil kurus. Jadi Bila kelompok sanggup melihat tentu saja akan menggunakan orang yg kecil kurus. namun Jikalau team enggak sanggup menganalisis peluang tentunya akan menggunakan orang sembarangan.
- Jangan menganalisis sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. akan tetapi setiap perkembangan perusahaan harus dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup di berikan kain atau terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya diberikan utasan tali – tali & di tali ditaruh kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. kain maupun terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh peserta. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yang lainnya dengan peraturan berpindah dan terpal maupun kain nggak boleh terjatuh kebawah. setiap anggota yg berpindah mesti mengambil satu kertas tersebut tanpa membukanya. sesudah waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas yg didapatkan setiap anggota.
Anggota yg Melaksanakan pertukaran secara tepat akan mendapatkan minimal 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, agar nggak berbenturan saat pindah.
- Komunikasi, peserta biar tak berada di tempat yang sama.
- Strategy, agar setiap anggota bisa mempunyai peluang rotasi & merampungkan tugas.
- Pengetahuan situasi dengan melihat tempat & kawan jadi perpindahan akan berjalan baik.
- Menghilangkan ego karena Apabila tiap anggota akan berpindah terlebih dulu, orang yang terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar yang didapatkan di pos tiga dapat di kumpulkan jadi 1 di dalam kelompok. di berikan papan sterofom & peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku). setiap grup dapat menyusun gambar yg di dapatkan di pos tiga di dalam sebuah papan yang memberi esensi dan makna. sesudah selesai akan direview atau dipresentasikan arti dari display papan tsb.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Apabila dilakukan secara benar dan tepat dapat menjadikan sebuah kelompok yg kompak dan kuat, dan bagi sebuah lembaga faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawan supaya punya loyalitas kepada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Lokasi Amazing Race Di Bandung
Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan.
Bagi Anda yang mau melaksanakan kegiatan outbound silahkan menelpon kami.