Amazing Race Outbound
Amazing Race ialah suatu permainan di alam bebas yang amat butuh kerjasama di dalam sebuah team. Setiap group outbound amazing race diberi pedoman untuk menuju area tertentu. Di setiap tempat amazing race yang mereka singgahi terdapat permainan yang wajib peserta ikuti untuk mendapat petunjuk ke area berikutnya. Hingga kontestan akhirnya sampai di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini amat digemari oleh berbagai lembaga pemerintah atau perusahaan amazing race ini amat seru karena area berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Di dalam amazing race ada game-game yang asyik yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race Outbound
- Menaikan kemampuan individu dalam mengembangkan tim.
- Menambah serta sharing pengetahuan di dalam hal motivasi personal dan motivasi kelompok, menambah rasa PD, dan kreativitas.
- Mencapai perkembangan individu dan kelompok yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, termasuk di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Mengembangkan mutu & kwalitas kepemimpinan dengan kepiawaian personal didalam keterbukaan menangani konflik dan membangun karakter kerja yang pas.
- Mengembangkan kepemimpinan pribadi dan kepemimpinan dalam team
Beberapa Type Amazing Race
- Amazing Race Outbound di satu area
Permainan amazing race outbound di satu lokasi tentu bisa menghemat uang. Area yang dipilih sedapat mungkin luas dan ada berbagai area yang asri, seperti misalnya: Taman margasatwa, area wisata.
Pertama-tama anggota dikelompokan jadi beberapa kelompok. Lalu mereka diberi pedoman jalan area berikutnya yang bakal mereka datangi. Apabila berlokasi di taman margasatwa, maka kontestan akan mengarah ke berbagai tempat tempat tinggal binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan enggak secara detail dinyatakan peserta harus mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang peserta singgahi, mereka bakal mendapat game seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di sarang binatang maupun area tertentu
- Berjoget ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Adventure
- Perlombaan outbound amazing race diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana pemain mesti menyelesaikan aktivitas) akan ditetapkan di dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot adalah lokasi dimana pemain mesti istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi finish yang mesti peserta tuju dan menetapkan pemenang perlombaan.
- Amazing Race di Pegunungan
Kalau Kamu lebih menyukai perlombaan seperti petualangan di alam lepas, maka amazing race outbound di gunung merupakan referensi yang sesuai. Biar seluruh kontestan mampu melakukan permainan dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberi pengarahan tentang navigasi (menemukan jalan yang pas) dan jungle survivor (apabila kegiatan 2 hari satu malam di pegunungan ataupun alas
Contoh arahan di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi supaya enggak salah arah
- Membikin tenda
- Menggunakan alat masak dari jungle survivor
- Menemukan tumbuhan dan buah-buahan yang boleh dan enggak dapat dikonsumsi
- Trik mendapat air minum (jika persediaan habis, dan sebagainya
Dalam teknik pelaksanaan, mereka harus memiliki tim pemantau yg telah berpengalaman didalam jungle survivor. Jadi gak akan ada yang kesasar. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar ke 1: Misalnya Permainan dengan Target
Gamenya: Kain berukuran 2,5 meter x 3 meter dibentangkan didalam jarak 10 meteran. dalam Kain itu di lukis target target perusahaaan di dalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bareng. di beri ruang blank untuk ditembak. peralatan tembak nya dari paint ball, Di mana semua tim akan secara bergantian melakukan tembakan didalam Kain tersebut.
Pilar Ke 2: Efektifitas Memakai anggaran
Instruksi … pilihlah tiga org setiap kelompok. Buat mumi dari tisue yang di bagikan. Cuma ada 6 gulung tisu toilet setiap tim. Jadi per org Hanya dua gulung tisu & wajib dapat membikin mummy seefektif mungkin
Point yg di capai
- Memaksimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan orang.
- totalitas dan Loyalitas anggota yang di jadikan mummy (jadi Tujuannya, tiap lembaga membutuhkan orang orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi keinginan bareng)
- Strategy, di mana tiap team yg bisa menganalisis peluang dan rintangan, peluang berhasil dengan memakai anggota yg kecil. Sehingga Jikalau kelompok dapat melihat pasti akan memakai peserta yang kecil kurus. tapi Bila team gak mampu melihat kesempatan tentu akan memilih orang sembarangan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dr bentuk, cover atau hasil. tapi tiap perkembangan perusahaan mesti di lihat dari proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap tim dibagikan terpal maupun kain berukuran 3 meter x 3 meter. disisinya dibagikan utasan tali tali & pada tali di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal ataupun kain di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. Kemudian diberikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yang lain dengan aturan berpindah & kain ataupun terpal tidak boleh jatuh ketanah. setiap orang yang berpindah wajib ambil 1 kertas kecil ini tanpa membukanya. sesudah waktu habis peserta kumpul dan fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yang didapatkan tiap anggota.
Anggota yang Mengerjakan perpindahan dengan tepat akan memperoleh min 10 kertas kecil dengan gambar yg lain lain.
Kunci Game:
- Komando, biar enggak berbenturan ketika pindah.
- Komunikasi, peserta supaya enggak menempati titik yang sama.
- Strategy, biar tiap orang bisa memiliki kesempatan berpindah & menyelesaikan tugasnya.
- Pengetahuan situasi dengan mengamati kawan dan tempat sehingga perpindahan dapat berjalan secara baik.
- Mengesampingkan keegoisan sebab Apabila setiap orang ingin berpindah lebih duluan, anggota yang akhir bisa kehabisan tempat.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yg didapatkan dititik 3 bisa dikumpulkan menjadi satu di dalam tim. di berikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) dan papan sterofom. setiap tim akan menyusun gambar yg di peroleh ditempat 3 dalam papan yang memberi makna & esensi. sesudah selesai kemudian direview maupun dipresentasikan pamaknaan dari papan tersebut.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yang Jika dilakukan secara benar & tepat bisa menciptakan sebuah tim yg kuat & kompak, dan untuk sebuah lembaga hal ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya biar punya loyalitas pada perusahaan & menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Lokasi Amazing Race Outbound Di Bandung
Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole.
Untuk kamu yang hendak mengikuti aktivitas outbound silahkan menghubungi kita.