Amazing Race
Amazing Race ialah suatu aktivitas di luar ruangan yang sangat memerlukan kerjasama di dalam sebuah team. Setiap kelompok amazing race dikasih pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di setiap tempat amazing race yang mereka datangi terdapat tantangan yang mesti mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi berikutnya. Hingga kontestan pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race saat ini begitu digandrungi oleh berbagai perusahaan maupun lembaga pemerintah outbound amazing race ini sangat mengasyikan karena area berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya outbound umumnya. Didalam outbound amazing race banyak gim-gim yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Sasaran Outbound Amazing Race
- Menambah kapasitas individu didalam mengembangkan team.
- Menaikan serta sharing ilmu dalam hal motivasi individu dan memotivasi team, menambah rasa percaya diri, dan produktivitas.
- Mencapai perkembangan personal dan tim yang diarahkan pada sasaran perusahaan, termasuk didalamnya adalah perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Membangun kualitas & mutu leadership dengan kemampuan individu dalam keterbukaan mengatasi problem dan membentuk kebiasaan kerja yang tepat.
- Mengembangkan kepemimpinan individu dan jiwa leadership di dalam team
Berbagai Tipe Amazing Race Outbound
- Outbound Amazing Race pada 1 area
Permainan amazing race di 1 area tentunya akan mengirit uang. Tempat yang dipilih sebisa mungkin lapang dan ada beberapa tempat yang unik, seperti misalnya: Kebun binatang, area wisata.
Di awal peserta dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Kemudian mereka diberi petunjuk jalan tempat selanjutnya yang akan mereka datangi. Jika berlokasi di taman margasatwa, maka mereka akan mengarah ke beragam lokasi tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara gamblang dinyatakan mereka harus mencari tahu nama latin hewan itu.
Di lokasi yang mereka singgahi, mereka akan memperoleh game seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di kandang binatang ataupun tempat tertentu
- Joget atau bergaya sesuai dengan perintah, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Kegiatan amazing race outbound diawali dari lokasi tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (area dimana peserta mesti menuntaskan aktivitas) akan di tentukan di dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan tempat dimana peserta mesti berhenti dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi finish yang mesti pemain tuju dan memutuskan pemenang game.
- Amazing Race Outbound di Gunung
Kalau Anda lebih suka kegiatan seperti petualangan di alam lepas, maka amazing race outbound pada perbukitan ialah pilihan yang pas. Biar semua kontestan bisa melaksanakan game dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan arahan tentang navigasi (mendapatkan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (apabila permainan 2 hari 1 malam di gunung ataupun alas
Salah satu petunjuk di dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik biar enggak salah arah
- Mendirikan tenda
- Mempergunakan alat-alat masak buatan jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah-buahan yang bisa dan enggak bisa dikonsumsi
- Cara mendapatkan air minum (jika persediaan habis, dan sebagainya
Dalam teknik permainan, mereka mesti memiliki tim pemantau yg telah expert dalam jungle survivor. Sehingga tidak akan ada yg tersesat. Team pemantau dapat memantau pergerakan kelompok tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race Outbound
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Output Focus
Gamenya: Kaen ukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan dalam jarak sepuluh meteran. di dalam Kaen tersebut dilukis target perusahaaan didalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bareng. di beri space blank untuk di tembak. Alat tembaknya berasal dari paint ball, Di mana setiap tim akan bergantian melakukan tembakan di dalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi nya … pilihlah 3 org tiap tim. Buat mumi dr tisu yg di bagikan. Cuma ada enam gulung tissu WC setiap team. Jadi per org Hanya 2 gulung tisue & mesti bisa membikin mumy seefektif mungkin
Poin yang di capai
- Mengotimalkan bahan seada nya dengan 2 gulung tisue bisa membungkus semua badan orang.
- totalitas dan Loyalitas peserta yang dijadikan mumi (jadi Nilainya, setiap instansi membutuhkan orang – orang semacam ini yg rela mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategi, di mana setiap kelompok yang dapat melihat peluang dan rintangan, peluang berhasil dengan memilih anggota yang kurus kecil. Maka Apabila team sanggup melihat pastinya akan memilih anggota yang kecil. akan tetapi Jikalau kelompok nggak dapat melihat peluang tentunya akan memilih orang asal asalan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. akan tetapi setiap peningkatan perusahaan harus dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap grup di berikan kain maupun terpal ukuran 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya dibagikan utasan tali tali & pada talinya dipasang kertas kecil kecil & paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal maupun kain dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi seluruh peserta. lalu dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yg lain nya dengan aturan berpindah & terpal maupun kain nggak boleh jatuh ketanah. setiap anggota yang bertukar harus ambil 1 kertas kecil tersebut tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota berkumpul dan fasilitator membuka dan mengecek kertas yang di dapatkan setiap peserta.
Anggota yg Melaksanakan pertukaran secara tepat akan mendapatkan minim 10 kertas dengan gambar yg berbeda.
Inti Permainan:
- Komando, biar gak berbenturan saat pindah.
- Komunikasi, orang agar enggak menempati titik yang sama.
- Strategi, agar setiap anggota bisa punya peluang berpindah dan menyelesaikan tugas.
- Wawasan situasi dengan mengamati tempat dan kawan sehingga pertukaran dapat berjalan tepat.
- Menghilangkan keegoisan karena Kalau setiap orang ingin berpindah terlebih duluan, orang yang akhir akan kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yg didapatkan di pos 3 dapat di kumpulkan menjadi satu di dalam tim. diberikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) & papan sterofom. setiap grup akan menyusun gambar yg di dapatkan di pos 3 didalam sebuah papan yg memberikan esensi & makna. setelah selesai maka dipresentasikan maupun direview arti dari papan tsb.
Inilah salah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race Outbound yang Kalau di terapkan dengan tepat dan benar dapat menjadikan suatu group yg kompak & kuat, dan buat sebuah lembaga kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawannya agar memiliki loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Lokasi Outbound Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Bagi kalian yang mau mengikuti aktivitas outbound silahkan menelpon kami.