Amazing Race Outbound
Amazing Race Outbound adalah suatu bentuk kegiatan di luar ruangan yang amat butuh kerjasama didalam satu group. Setiap tim amazing race dikasih pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di tiap area amazing race yang mereka datangi terdapat permainan yang mesti peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat selanjutnya. Hingga kontestan akhirnya sampai di area terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini amat diminati oleh beberapa lembaga pemerintah ataupun perusahaan amazing race outbound ini benar-benar mengasyikan karena tempat berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound lainnya. Dalam amazing race outbound ada game-game yang asyik yang sifatnya kompetitif.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Menaikan kemampuan individu didalam membangun team.
- Menambah dan berbagi pengetahuan didalam hal motivasi personal dan motivasi tim, menambah rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Menggapai perkembangan individu dan tim yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, salah satu di dalamnya yaitu rasa saling percaya, dan pemecahan problem.
- Membentuk kwalitas & mutu kepemimpinan dengan kepiawaian personal didalam keterbukaan mengatasi konflik dan membentuk budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan jiwa leadership individu dan jiwa leadership didalam team
Berbagai Tipe Amazing Race Outbound
- Amazing Race pada satu area
Permainan outbound amazing race pada satu tempat tentu akan menghemat uang. Tempat yang digunakan sebisa mungkin luas dan terdiri dari beberapa area yang natural, salah satunya: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Di awal peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka lalu dikasih pedoman arah lokasi berikutnya yang akan mereka datangi. Jika bertempat di kebun binatang, maka mereka bakal mengarah ke beragam lokasi sarang binatang tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara gamblang disampaikan mereka harus mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di lokasi yang mereka datangi, mereka bakal mendapatkan tantangan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di sarang binatang maupun tempat tertentu
- Bernyanyi atau menari sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Petualangan
- Perlombaan amazing race outbound dimulai dari area tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana peserta mesti merampungkan perlombaan) bakal ditetapkan didalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot ialah area dimana kontestan wajib beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang mesti peserta tuju dan menetapkan pemenang perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Perbukitan
Jika Kalian lebih suka perlombaan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race pada perbukitan adalah referensi yang sesuai. Supaya seluruh pemain dapat menjalankan perlombaan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (mencari arah yang pas) dan jungle survivor (jika permainan 2 hari 1 malam di gunung ataupun alas
Contoh pengarahan di dalam jungle survivor adalah:
- Navigasi, menggunakan penunjuk arah (kompas) dan strategi supaya enggak salah arah
- Mendirikan tenda
- Memakai peralatan masak versi jungle survivor
- Mendeteksi sayur dan buah yang dapat dan tidak boleh dimakan
- Tips mendapat air minum (bila persediaan air minum habis, dan lain-lain
Di dalam teknik pertandingan, mereka wajib memiliki team pemantau yang sudah ahli dalam jungle survivor. Maka enggak akan ada yang kesasar. Team pemantau akan memantau pergerakan group tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar ke 1: Misalnya Game dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan didalam jarak 10 meter. dalam Kaen ini digambar target target perusahaaan didalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai tanda tujuan bareng. Dikasih tempat kosong untuk di tembak. peralatan tembak nya berasal dari paint ball, Dimana setiap akan akan bergantian melakukan tembakan didalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksi nya … pilih saja 3 peserta tiap kelompok. Buat mumi dr tisu yg di bagikan. Hanya ada enam gulung tissu toilet tiap team. Jadi per peserta Cuma 2 gulung tisu dan mesti bisa Buat mumi seefektif mungkin
Poin yang di gapai
- Memaksimalkan sumber daya seadanya dengan 2 gulung tisue bisa membungkus seluruh badan peserta.
- Loyalitas & totalitas peserta yang di buat mummy (jadi Tujuannya, setiap industri membutuhkan orang – orang seperti ini yang mau mengorbankan diri demi tujuan bareng)
- Strategi, di mana tiap team yang mampu menganalisis peluang & tanangan, peluang berhasil dengan menggunakan peserta yang kecil kurus. Maka Apabila kelompok bisa menganalisis pastinya akan menggunakan peserta yang kecil. akan tetapi Bila team enggak mampu melihat peluang tentu akan memilih peserta asal asalan.
- Tidak boleh menganalisis segala sesuatu dr cover, bentuk maupun hasil. namun tiap peningkatan perusahaan mesti di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup diberikan kain ataupun terpal berukuran 3 meter X 3 meter. disisinya diberikan utasan tali-tali dan pada talinya di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar didalamnya. terpal maupun kain dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh peserta. lalu di berikan waktu 20 menitan untuk berpindah posisi ke posisi yg lainnya dengan peraturan menukar & kain maupun terpal tidak boleh terjatuh kebawah. setiap orang yang bertukar mesti mengambil 1 kertas tsb tanpa membukanya. sehabis waktu selesai anggota berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yang diperoleh tiap peserta.
Peserta yg Melaksanakan pertukaran dengan tepat akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yg berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar tak tabrakan saat pindah.
- Komunikasi, orang agar tak berada di titik yg sama.
- Strategy, biar setiap peserta bisa memiliki peluang berpindah & merampungkan tugasnya.
- Pemahaman lingkungan dengan mengamati tempat & kawan jadi perpindahan akan berjalan tepat.
- Merendahkan keegoisan sebab Kalau setiap anggota ingin pindah lebih dahulu, anggota yg akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluation
Gambar yg di dapatkan ditempat tiga dapat di kumpulkan menjadi 1 didalam tim. di berikan peralatan tulis (doble tip, gunting, kertas, lem, paku) dan papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yg diperoleh di pos tiga dalam papan yg memberikan makna dan esensi. setelah selesai maka direview ataupun dipresentasikan maksud dari papan display tsb.
Inilah satu contoh implementasi dari Amazing Race yang Jikalau diterapkan dengan benar & tepat akan menjadikan suatu group yg kompak dan kuat, & bagi sebuah lembaga faktor ini penting sekali untuk melatih setiap karyawannya biar mempunyai loyalitas pada perusahaan dan meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Tempat Amazing Race Di Bandung
Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure.
Bagi Anda yang hendak melaksanakan kegiatan outbound silahkan menelpon kami.