Amazing Race
Amazing Race adalah suatu bentuk permainan di alam terbuka yang benar-benar memerlukan kerjasama didalam sebuah team. Semua group outbound amazing race dikasih pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di tiap-tiap tempat outbound amazing race yang peserta datangi ada tantangan yang harus kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi selanjutnya. Hingga mereka akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race Outbound saat ini begitu digemari oleh beberapa instansi pemerintah maupun perusahaan amazing race outbound ini amat asyik karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton seperti outbound lainnya. Di dalam outbound amazing race banyak game-game yang mengasyikan yang bersifat kompetisi.
Tujuan Outbound Amazing Race
- Meningkatkan kemampuan pribadi didalam mengembangkan kelompok.
- Meningkatkan dan berbagi ilmu didalam hal memotivasi personal dan motivasi kelompok, menaikan rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Menggapai perkembangan personal dan team yang diarahkan pada sasaran perusahaan, termasuk di dalamnya ialah rasa saling percaya, dan pemecahan permasalahan.
- Membangun mutu dan kwalitas leadership dengan kapasitas individu didalam keterbukaan mengatasi problem serta mengembangkan budaya kerja yang pas.
- Mengembangkan leadership personal dan leadership dalam team
Berbagai Tipe Amazing Race
- Outbound Amazing Race di 1 tempat
Kegiatan amazing race outbound pada satu area pastinya akan menghemat uang. Area yang dipakai sedapat mungkin luas dan terdapat berbagai tempat yang unik, salah satunya: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama-tama anggota dipisah jadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi panduan jalan tempat selanjutnya yang akan peserta singgahi. Bila berlokasi di taman margasatwa, maka mereka bakal pergi ke berbagai tempat tempat tinggal hewan tertentu. Petunjuk tempat tinggal hewan tidak secara gamblang dinyatakan mereka harus mencari tahu nama latin hewan tersebut.
Di lokasi yang kontestan tuju, mereka akan mendapatkan tantangan seperti:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Foto di sarang hewan atau area tertentu
- Berjoget maupun bergaya sesuai dengan perintah, dan sebagainya.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (tempat dimana peserta mesti menyelesaikan aktivitas) bakal di tentukan dalam petunjuk yang dikasihkan.
- Break Spot merupakan lokasi dimana peserta wajib beristirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat terakhir yang mesti pemain tuju dan memutuskan pemenang permainan.
- Amazing Race di Perbukitan
Apabila Anda lebih suka perlombaan seperti petualangan di alam bebas, maka outbound amazing race di pegunungan merupakan pilihan yang pas. Agar semua pemain mampu melaksanakan game dengan sesuai, maka mesti ada fasilitator yang memberikan arahan mengenai navigasi (mendapatkan jalan yang sesuai) dan jungle survivor (kalau permainan dua hari 1 malam di perbukitan ataupun alas
Contoh pengarahan dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai penunjuk arah (kompas) dan teknik biar tidak salah jalan
- Membuat tenda
- Mempergunakan peralatan dapur versi jungle survivor
- Menemukan sayuran dan buah yang bisa dan enggak boleh dimakan
- Trik memperoleh air minum (jika stok air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknik pelaksanaan, mereka wajib punya team pemantau yg telah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka enggak akan ada yang tersesat. Tim pemantau bisa memantau pergerakan grup tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen berukuran 3 meter x 2,5 meter di bentangkan didalam jarak 10 meteran. dalam Kaen ini digambar target perusahaaan dalam beberapa tempat, atau logo perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. diberi ruang blank untuk di tembak. peralatan tembak dari paint ball, Dimana seluruh peserta akan secara bergantian menembak di dalam Kaen tsb.
Pilar 2: Efektifitas Menggunakan anggaran
Instruksi … pilih saja tiga peserta tiap tim. Buat mummy dr tissu yg di bagikan. Cuma terdapat 6 gulung tissu toilet tiap kelompok. maka tiap org Cuma 2 gulung tisue & mesti bisa membikin mumy seefektif mungkin
Poin yg di capai
- Memaksimalkan bahan seada nya dengan dua gulung tissu dapat membungkus semua badan orang.
- Loyalitas dan totalitas peserta yang di buat mumi (jadi Poinnya, setiap lembaga memerlukan orang – orang semacam ini yang mau mengorbankan diri demi tujuan bersama)
- Strategi, dimana setiap tim yang dapat menganalisis peluang & rintangan, kesempatan berhasil dengan memilih orang yang kurus kecil. Jadi Apabila kelompok bisa melihat tentunya akan memilih orang yg kecil kurus. akan tetapi Jika tim enggak sanggup menganalisis peluang tentunya akan memilih orang asal asalan.
- Jangan menganalisis segala sesuatu dr bentuk, cover atau hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Setiap group dibagikan kain atau terpal berukuran 3 meter x 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali-tali & pada talinya di pasang kertas kecil kecil & paperklip dengan lukisan didalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua peserta. Kemudian di bagikan waktu 20 menit untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan aturan bertukar dan terpal ataupun kain enggak boleh jatuh ke tanah. tiap orang yg bertukar wajib ambil satu kertas kecil tsb tanpa membuka nya. seusai waktu selesai peserta kumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yang di dapatkan tiap anggota.
Anggota yang Mengerjakan pertukaran secara tepat akan mendapatkan min 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Kunci Permainan:
- Komando, supaya tidak berbenturan ketika rotasi.
- Komunikasi, peserta supaya enggak berada di titik yang sama.
- Strategy, agar setiap peserta dapat punya peluang rotasi & menyelesaikan tugas.
- Pengetahuan situasi dengan mengamati tempat & kawan sehingga rotasi bisa berjalan tepat.
- Mengesampingkan keegoisan sebab Jikalau tiap peserta mau berpindah lebih dahulu, peserta yg akhir bisa kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar gambar yang di dapatkan di pos 3 dapat di kumpulkan jadi satu didalam kelompok. di berikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) dan papan sterofom. tiap group dapat menyusun gambar yang diperoleh dipos tiga di dalam papan yang memberi makna & esensi. setelah selesai akan dipresentasikan atau direview pamaknaan dari papan tersebut.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Outbound Amazing Race yg Bila dilaksanakan secara benar & tepat bisa menciptakan sebuah tim yg kuat & kompak, dan untuk suatu instansi hal ini penting sekali untuk melatih tiap karyawan supaya mempunyai loyalitas pada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi kalian yang hendak mengikuti aktivitas outbound dapat menghubungi kita.