Outbound Amazing Race
Amazing Race ialah sebuah permainan di alam lepas yang amat membutuhkan teamwork di dalam satu tim. Setiap team amazing race outbound diberi pedoman untuk mencapai area tertentu. Di tiap lokasi amazing race outbound yang peserta datangi terdapat permainan yang harus mereka ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai peserta akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race Outbound saat ini sangat digandrungi oleh beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah amazing race outbound ini amat mengasyikan karena area berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya jenis outbound biasa. Didalam outbound amazing race ada gim-gim yang asyik yang bersifat kompetitif.
Sasaran Amazing Race Outbound
- Menaikan kemampuan individu didalam mengembangkan team.
- Menaikan serta sharing pengalaman di dalam hal motivasi pribadi dan motivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Menggapai perkembangan individu dan kelompok yang diarahkan pada goal perusahaan, termasuk didalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Membentuk kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kapasitas individu dalam keterbukaan menangani konflik dan membentuk budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan leadership individu dan leadership didalam team
Beberapa Jenis Amazing Race Outbound
- Amazing Race Outbound pada satu area
Game amazing race outbound di 1 tempat pastinya dapat hemat biaya. Area yang dipakai sedapat mungkin lapang dan ada berbagai lokasi yang asri, seperti misalnya: Kebun binatang, lokasi wisata.
Pertama peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Lalu mereka dikasih pedoman arah tempat berikutnya yang akan mereka datangi. Kalau berlokasi di taman margasatwa, maka peserta akan pergi ke beberapa lokasi sarang hewan tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara detail disampaikan kontestan wajib mencari tahu nama latin binatang itu.
Di lokasi yang peserta singgahi, peserta bakal memperoleh permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal binatang atau tempat tertentu
- Berjoget ataupun menari sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Amazing Race Outbound Petualangan
- Aktivitas amazing race outbound dimulai dari lokasi tertentu dengan kendaraan yang disediakan.
- Game Spot (lokasi dimana pemain wajib menyelesaikan kegiatan) akan di tentukan dalam clue yang diberikan.
- Break Spot ialah tempat dimana pemain mesti istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point merupakan lokasi akhir yang harus kontestan tuju dan memutuskan pemenang permainan.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Apabila Anda lebih menyukai perlombaan seperti adventure di alam terbuka, maka amazing race pada gunung adalah pilihan yang pas. Supaya semua peserta mampu melakukan permainan dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberikan petunjuk mengenai navigasi (mencari arah yang pas) dan jungle survivor (jika game dua hari 1 malam di pegunungan atau hutan
Contoh petunjuk di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai kompas dan teknik agar tidak tersesat
- Membikin tenda
- Mempergunakan peralatan masak versi jungle survivor
- Mencari sayur dan buah yang bisa dan enggak boleh dikonsumsi
- Cara mendapat air minum (jika persediaan air minum habis, dan lain-lain
Dalam teknis pertandingan, mereka mesti punya tim pemantau yang sudah berpengalaman di dalam jungle survivor. Maka gak akan ada yg kesasar. Team pemantau dapat memantau pergerakan grup tanpa diketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race Outbound
Pilar 1: Contoh Permainan dengan Output Focus
Permainannya: Kaen ukurannya 2,5 meter X 3 meter di bentangkan di dalam jarak 10 meter. di dalam Kain itu di gambar target perusahaaan didalam beberapa tempat, atau logo perusahaan sebagai simbol tujuan bareng. Dikasih tempat kosong untuk di tembak. Alat tembak nya dari paint ball, Di mana seluruh akan akan secara bergantian melakukan tembakan dalam Kain itu.
Pilar 2: Efektif Memakai anggaran
Instruksi … Pilih tiga orang setiap tim. bikin mummy dr tisue yang diberikan. Cuma ada 6 gulung tisu toilet tiap kelompok. maka setiap org Hanya 2 gulung tisue dan mesti bisa bikin mumi sebisa mungkin
Poin yang di gapai
- Mengotimalkan sumber daya seada nya dengan dua gulung tissu bisa membungkus seluruh badan orang.
- totalitas dan Loyalitas peserta yg dijadikan mummy (jadi Poinnya, tiap lembaga membutuhkan orang orang semacam ini yg rela berkorban demi keinginan bareng)
- Strategi, di mana tiap tim yg sanggup melihat peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan memilih orang yang kecil kurus. Sehingga Jika team sanggup menganalisis tentu akan memilih anggota yang kecil. tetapi Jikalau tim tak dapat melihat kesempatan pastinya akan memakai anggota asal asalan.
- Dilarang menganalisis segala sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. tetapi tiap perkembangan perusahaan wajib dilihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap group di bagikan kain ataupun terpal ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya di berikan utasan tali tali & pada talinya dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan gambar di dalamnya. terpal maupun kain dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh orang. Kemudian di bagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan bertukar & terpal maupun kain tak boleh jatuh kebawah. tiap orang yg bertukar wajib ambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. sesudah waktu selesai anggota berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas kecil yg di peroleh tiap peserta.
Anggota yang Mengerjakan perpindahan dengan baik akan mendapatkan minimal 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, supaya nggak bertabrakan saat pindah.
- Komunikasi, peserta biar gak berada di posisi yang sama.
- Strategi, supaya tiap anggota dapat mempunyai peluang berpindah & merampungkan tugas.
- Wawasan situasi dengan memperhatikan tempat dan kawan sehingga rotasi bisa berjalan tepat.
- Merendahkan ego sebab Kalau setiap peserta mau berpindah lebih duluan, orang yg terakhir akan kehabisan ruang.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar gambar yg di dapatkan ditempat tiga akan dikumpulkan jadi satu di dalam tim. di berikan papan sterofom & peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip). setiap group bisa menyusun gambar yang di peroleh dititik tiga di dalam papan yang memberi esensi dan makna. sehabis selesai maka dipresentasikan maupun direview pamaknaan dari papan display tsb.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Bila diterapkan dengan benar dan tepat bisa menghasilkan suatu tim yg kuat & kompak, dan buat suatu instansi faktor ini penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya supaya memiliki loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Tempat Amazing Race Di Bandung
Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities.
Untuk Anda yang mau mengikuti wisata outbound dapat mengontak kita.