Amazing Race
Amazing Race Outbound merupakan satu kegiatan di luar ruangan yang amat membutuhkan teamwork didalam sebuah team. Tiap group outbound amazing race dikasih pedoman untuk menuju tempat tertentu. Di tiap-tiap tempat amazing race yang mereka datangi ada permainan yang harus kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai kontestan akhirnya finish di area terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini begitu digandrungi oleh berbagai perusahaan atau lembaga pemerintah amazing race outbound ini sangat mengasyikan karena lokasi berpindah-pindah dan enggak monoton layaknya outbound biasa. Di dalam amazing race outbound ada game-game yang seru yang bersifat kompetisi.
Goal Amazing Race
- Meningkatkan kepiawaian individu di dalam membentuk team.
- Menambah serta sharing pengalaman dalam hal motivasi individu dan motivasi tim, meningkatkan kepercayaan diri, dan kinerja.
- Mencapai pertumbuhan individu dan team yang dipusatkan pada sasaran perusahaan, salah satu didalamnya ialah perasaan saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Mengembangkan mutu & kualitas kepemimpinan dengan kepiawaian individu didalam keterbukaan menangani konflik dan mengembangkan budaya kerja yang tepat.
- Mengembangkan kepemimpinan pribadi dan leadership didalam team
Beberapa Tipe Amazing Race
- Outbound Amazing Race pada 1 lokasi
Permainan amazing race outbound pada satu area tentu bisa hemat modal. Area yang dipilih semaksimalkan mungkin lapang dan terdiri dari beberapa tempat yang alami, salah satu contoh: Taman margasatwa, tempat wisata.
Pertama-tama anggota dipisah menjadi beberapa tim. Mereka lalu diberi pedoman jalan lokasi berikut yang bakal kontestan tuju. Apabila bertempat di taman margasatwa, maka mereka akan menuju ke beragam tempat sarang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang tidak secara gamblang dinyatakan kontestan harus mengetahui nama latin binatang tersebut.
Di area yang mereka kunjungi, mereka bakal mendapat permainan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di sarang hewan maupun lokasi tertentu
- Joget ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain sebagainya.
- Amazing Race Petualangan
- Kegiatan outbound amazing race diawali dari tempat tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (area dimana pemain wajib merampungkan perlombaan) bakal ditetapkan dalam clue yang dikasihkan.
- Break Spot adalah lokasi dimana pemain mesti beristirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah tempat finish yang mesti peserta tuju dan memutuskan juara perlombaan.
- Outbound Amazing Race di Gunung
Kalau Kamu lebih senang tantangan seperti petualangan di alam terbuka, maka amazing race outbound pada perbukitan adalah referensi yang tepat. Agar seluruh peserta mampu melakukan game dengan pas, maka harus ada fasilitator yang memberikan pengarahan mengenai navigasi (menemukan jalan yang tepat) dan jungle survivor (apabila game 2 hari satu malam di pegunungan atau alas
Contoh arahan didalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik supaya tidak salah jalan
- Membikin tenda
- Menggunakan alat dapur dari jungle survivor
- Mencari sayuran dan buah yang dapat dan enggak boleh dikonsumsi
- Trik mendapat air minum (kalau persediaan air minum habis, dan sebagainya
Dalam teknik permainan, mereka wajib mempunyai team pemantau yg telah berpengalaman dalam jungle survivor. Jadi enggak akan ada yg kesasar. Team pemantau akan memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Kegiatan dengan Output Focus
Permainannya: Kain ukuran 3 meter X 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meter. dalam Kaen itu dilukis target perusahaaan didalam beberapa space, maupun lambang perusahaan sebagai simbol tujuan bersama. Di kasih ruang kosong untuk di tembak. peralatan tembaknya berasal dari paint ball, Dimana seluruh peserta akan secara bergantian menembak di dalam Kaen ini.
Pilar Ke 2: Efektif Memakai dana
Instruksi … pilihlah tiga orang tiap kelompok. Buat mumi dr tissu yg di bagikan. Hanya ada 6 gulung tisu WC setiap tim. Jadi per org Hanya dua gulung tisu & harus dapat Buat mumy sebisa mungkin
Value yang di gapai
- Mengotimalkan bahan seadanya dengan dua gulung tisu dapat membungkus seluruh badan orang.
- Loyalitas & totalitas peserta yang di jadikan mumy (jadi Valuenya, setiap lembaga membutuhkan orang semacam ini yg mau mengorbankan diri demi keinginan bersama)
- Strategi, di mana tiap team yang dapat menganalisis peluang dan hambatan, kesempatan berhasil dengan memilih peserta yang kecil. Sehingga Jikalau tim bisa menganalisis tentu saja akan menggunakan orang yg kecil. tetapi Jikalau tim gak dapat menganalisis peluang pastinya akan menggunakan orang asal asalan.
- Dilarang melihat segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. namun setiap peningkatan perusahaan harus di lihat dari tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik, komando yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap group dibagikan terpal ataupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. di sisinya dibagikan utasan tali-tali & di tali dipasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan didalamnya. terpal ataupun kain dibentangkan dengan memegang tali-tali tadi semua peserta. Kemudian di bagikan waktu 20 menit untuk berpindah posisi ke posisi yg lain nya dengan peraturan berpindah & kain ataupun terpal nggak boleh terjatuh kebawah. tiap anggota yang bertukar mesti ambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. setelah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas kecil yang di dapatkan setiap peserta.
Anggota yang Melakukan perpindahan dengan baik akan mendapatkan min 10 kertas kecil dengan gambar yang berbeda.
Kunci Permainan:
- Komando, agar gak berbenturan saat rotasi.
- Komunikasi, anggota agar gak menempati tempat yg sama.
- Strategi, biar tiap anggota dapat memiliki peluang berpindah & menyelesaikan tugasnya.
- Pemahaman lingkungan dengan melihat kawan & tempat jadi rotasi akan berjalan secara baik.
- Merendahkan ego karena Kalau setiap peserta akan berpindah terlebih dahulu, orang yg akhir bisa kehabisan tempat.
Pilar Ke 4: Evaluasi
Gambar yang didapatkan dititik tiga dapat di kumpulkan menjadi satu di dalam grup. dibagikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) & papan sterofom. tiap grup dapat menyusun gambar yg di dapatkan dipos 3 dalam papan yg memberi esensi dan makna. sehabis selesai kemudian dipresentasikan ataupun direview pamaknaan dari papan display tersebut.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race yg Jika diterapkan dengan tepat dan benar akan menghasilkan sebuah group yg kompak & kuat, dan bagi sebuah instansi faktor ini penting sekali untuk perkembangan tiap karyawannya supaya memiliki loyalitas kepada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beberapa Tempat Outbound Amazing Race Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Untuk kalian yang mau mengikuti aktivitas outbound dapat mengontak kita.