Amazing Race
Amazing Race adalah sebuah kegiatan di luar ruangan yang amat membutuhkan kerjasama di dalam sebuah tim. Tiap tim amazing race outbound diberi pedoman untuk mencapai tempat tertentu. Di setiap tempat outbound amazing race yang peserta datangi ada game yang mesti kontestan ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi selanjutnya. Hingga kontestan akhirnya finish di lokasi terakhir. Amazing Race sekarang ini sangat digemari oleh berbagai perusahaan ataupun instansi pemerintah amazing race ini benar-benar mengasyikan karena tempat berganti-ganti dan enggak monoton seperti jenis outbound umumnya. Didalam amazing race outbound ada permainan yang mengasyikan yang sifatnya kompetisi.
Tujuan Amazing Race
- Menaikan kemampuan individu didalam membentuk kelompok.
- Menambah serta sharing pengalaman dalam hal motivasi individu dan memotivasi kelompok, menaikan rasa PD, dan kreativitas.
- Meraih pertumbuhan individu dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya yaitu rasa saling percaya, dan penyelesaian masalah.
- Membangun kwalitas & mutu leadership dengan kepiawaian individu dalam keterbukaan mengatasi masalah dan mengembangkan kebiasaan kerja yang pas.
- Mengembangkan jiwa leadership pribadi dan jiwa leadership di dalam team
Beberapa Tipe Amazing Race
- Amazing Race Outbound di satu tempat
Permainan amazing race di satu area tentunya akan mengirit uang. Lokasi yang dipakai semaksimalkan mungkin lapang dan terdapat berbagai tempat yang unik, salah satu contoh: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama-tama pemain dipisah menjadi beberapa kelompok. Kemudian mereka diberi pedoman jalan tempat berikutnya yang akan kontestan tuju. Jika berada di kebun binatang, maka peserta bakal mengarah ke berbagai lokasi kandang binatang tertentu. Petunjuk sarang binatang enggak secara jelas disampaikan kontestan harus mencari tahu nama latin binatang tersebut.
Di tempat yang mereka singgahi, mereka bakal mendapatkan tantangan seperti:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di tempat tinggal hewan atau tempat tertentu
- Joget ataupun menari sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain.
- Outbound Amazing Race Petualangan
- Aktivitas amazing race outbound dimulai dari tempat tertentu dengan mobil yang disediakan.
- Game Spot (area dimana peserta wajib menyelesaikan perlombaan) bakal ditetapkan didalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot ialah area dimana kontestan wajib berhenti dengan jangka waktu tertentu.
- Finish Point merupakan tempat finish yang harus pemain tuju dan menetapkan pemenang game.
- Amazing Race di Perbukitan
Bila Anda lebih menyukai kegiatan dengan jenis adventure di alam lepas, maka amazing race outbound di perbukitan merupakan pilihan yang pas. Biar seluruh pemain bisa melakukan permainan dengan pas, maka wajib ada fasilitator yang memberi arahan tentang navigasi (menemukan arah yang pas) dan jungle survivor (kalau permainan dua hari satu malam di gunung atau alas
Contoh arahan di dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, memakai kompas dan strategi agar enggak salah arah
- Membuat tenda
- Mempergunakan alat masak buatan jungle survivor
- Mendeteksi tumbuhan dan buah-buahan yang dapat dan tidak bisa dikonsumsi
- Trik mendapatkan air minum (apabila persediaan habis, dan lain-lain
Dalam teknik pelaksanaan, mereka wajib memiliki team pemantau yang sudah berpengalaman didalam jungle survivor. Sehingga gak akan ada yang kesasar. Tim pemantau bisa memantau arah pergerakan kelompok tanpa diketahui kehadiran nya.
Contoh Game Outbound Amazing Race
Pilar 1: Misalnya Kegiatan dengan Target
Gamenya: Kaen ukurannya 3 meter x 2,5 meter dibentangkan di dalam jarak sepuluh meter. didalam Kaen tersebut di lukis target target perusahaaan di dalam beberapa tempat, atau lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bersama. Di kasih tempat kosong untuk ditembak. peralatan tembaknya dari paint ball, Dimana setiap akan akan bergantian melakukan tembakan didalam Kain tsb.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksinya … Pilih 3 org tiap tim. Buat mummy dari tisu yg di bagikan. Hanya terdapat 6 gulung tissu WC setiap kelompok. maka tiap orang Cuma 2 gulung tisue & harus bisa Buat mummy sebisa mungkin
Value yg di gapai
- Mengotimalkan bahan seadanya dengan dua gulung tisue dapat membungkus semua badan peserta.
- totalitas dan Loyalitas peserta yang di buat mumi (jadi Tujuannya, tiap perusahaan memerlukan orang orang semacam ini yang mau mengorbankan diri demi tujuan bareng)
- Strategy, dimana setiap kelompok yang mampu menganalisis kesempatan & rintangan, peluang berhasil dengan memilih peserta yg kurus kecil. Jadi Jikalau tim bisa menganalisis pasti akan menggunakan anggota yg kecil. tetapi Jikalau kelompok enggak bisa menganalisis kesempatan pastinya akan menggunakan peserta asal asalan.
- Tidak boleh melihat segala sesuatu dari bentuk, cover ataupun hasil. tapi setiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari kerjasama yang baik, komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik dan tertata rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup di bagikan terpal atau kain berukuran 3 meter X 3 meter. di sisinya di bagikan utasan tali tali dan pada talinya ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali tali tadi seluruh orang. Kemudian dibagikan waktu 20 menit untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan peraturan berpindah & terpal maupun kain tak boleh terjatuh ketanah. setiap orang yg bertukar mesti ambil 1 kertas kecil itu tanpa membuka nya. sesudah waktu habis anggota berkumpul & fasilitator membuka & mengecek kertas yg di peroleh tiap anggota.
Anggota yang Melakukan rotasi secara baik akan mendapat min 10 kertas dengan gambar yg lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, biar nggak tabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, orang agar enggak berada di tempat yg sama.
- Strategi, agar setiap orang bisa memiliki peluang berpindah & merampungkan tugasnya.
- Pengetahuan situasi dengan memperhatikan tempat dan kawan jadi pertukaran akan berjalan tepat.
- Menghilangkan ego sebab Apabila setiap peserta akan pindah lebih dulu, peserta yg akhir bisa kehabisan space.
Pilar 4: Evaluation
Gambar gambar yang di dapatkan ditempat 3 bisa dikumpulkan menjadi satu didalam group. di bagikan peralatan tulis (gunting, kertas, lem, paku, doble tip) dan papan sterofom. setiap kelompok dapat menyusun gambar yg di peroleh dipos 3 di dalam sebuah papan yang memberi esensi dan makna. setelah selesai maka direview maupun dipresentasikan arti dari display papan tsb.
Ini ialah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yang Jikalau diterapkan dengan benar dan tepat bisa menjadikan suatu grup yg kuat dan kompak, dan bagi suatu perusahaan hal ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya agar mempunyai loyalitas pada perusahaan dan menambah semangat kerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Beragam Tempat Amazing Race Di Bandung
Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang.
Bagi Anda yang ingin melaksanakan wisata outbound dapat menelpon kita.