Amazing Race
Amazing Race ialah satu aktivitas di alam bebas yang amat memerlukan kerjasama di dalam sebuah group. Seluruh tim amazing race diberi panduan untuk menuju area tertentu. Di setiap lokasi amazing race outbound yang peserta singgahi ada tantangan yang wajib peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke lokasi selanjutnya. Sampai kontestan pada akhirnya sampai di tempat terakhir. Amazing Race Outbound sekarang ini sangat digandrungi oleh berbagai perusahaan ataupun lembaga pemerintah amazing race ini benar-benar mengasyikan karena lokasi berganti-ganti dan enggak monoton layaknya jenis outbound biasa. Di dalam amazing race outbound ada permainan yang mengasyikan yang sifatnya kompetitif.
Goal Amazing Race
- Menaikan kapasitas personal didalam membentuk team.
- Meningkatkan serta berbagi ilmu didalam hal memotivasi pribadi dan motivasi team, menaikan kepercayaan diri, dan produktivitas.
- Meraih pertumbuhan personal dan team yang dipusatkan pada goal perusahaan, termasuk di dalamnya adalah perasaan saling percaya, dan penyelesaian permasalahan.
- Mengembangkan kwalitas dan mutu kepemimpinan dengan kemampuan individu didalam keterbukaan mengatasi problem dan membangun karakter kerja yang tepat.
- Membentuk leadership pribadi dan leadership di dalam team
Beberapa Type Outbound Amazing Race
- Outbound Amazing Race di 1 lokasi
Kegiatan amazing race outbound pada 1 tempat tentunya akan hemat uang. Area yang digunakan sebisa mungkin luas dan terdiri dari berbagai area yang alami, salah satu contoh: Kebun binatang, area wisata.
Pertama-tama pemain dikelompokan menjadi beberapa tim. Mereka lalu dikasih pedoman jalan tempat berikutnya yang bakal peserta tuju. Bila berada di kebun binatang, maka kontestan bakal pergi ke berbagai area sarang hewan tertentu. Petunjuk kandang hewan enggak secara jelas disampaikan peserta mesti mencari tahu nama latin hewan tersebut.
Di area yang mereka kunjungi, mereka akan mendapatkan permainan diantaranya:
- Word Puzzle Dan Games team building
- Selfie di tempat tinggal hewan maupun tempat tertentu
- Berjoget ataupun bergaya sesuai dengan intruksi, dan lain-lain.
- Amazing Race Adventure
- Kegiatan amazing race diawali dari area tertentu dengan kendaraan yang disiapkan.
- Game Spot (lokasi dimana kontestan mesti menuntaskan permainan) akan ditetapkan didalam pedoman yang diberikan.
- Break Spot adalah tempat dimana kontestan mesti istirahat dengan jarak waktu tertentu.
- Finish Point ialah lokasi akhir yang harus pemain tuju dan menetapkan juara game.
- Amazing Race Outbound di Perbukitan
Bila Anda lebih suka kegiatan dengan jenis petualangan di alam bebas, maka amazing race di gunung adalah pilihan yang pas. Agar seluruh peserta bisa menjalankan permainan dengan tepat, maka harus ada fasilitator yang memberi petunjuk mengenai navigasi (mendapatkan jalan yang pas) dan jungle survivor (bila game 2 hari satu malam di gunung maupun alas
Salah satu arahan dalam jungle survivor ialah:
- Navigasi, menggunakan kompas dan teknik biar tidak kesasar
- Membuat tenda
- Memakai alat-alat masak dari jungle survivor
- Mencari sayuran dan buah-buahan yang boleh dan tidak bisa dikonsumsi
- Tips memperoleh air minum (kalau stok habis, dan lain-lain
Di dalam teknik pelaksanaan, mereka harus mempunyai tim pemantau yg sudah ahli dalam jungle survivor. Maka gak akan ada yang tersesat. Team pemantau dapat memantau arah pergerakan grup tanpa di ketahui kehadiran nya.
Contoh Game Amazing Race
Pilar ke 1: Misal Game dengan Target
Permainannya: Kain ukurannya 2,5 meter x 3 meter dibentangkan didalam jarak sepuluh meter. didalam Kaen ini dilukis target target perusahaaan dalam beberapa space, atau logo perusahaan sebagai tanda harapan bareng. di beri tempat kosong untuk di tembak. Alat tembak berasal dari paint ball, Di mana seluruh peserta akan secara bergantian menembak dalam Kain tersebut.
Pilar 2: Efektif Menggunakan dana
Instruksi nya … pilihlah tiga peserta tiap team. bikin mummy dari tisue yg di bagikan. Hanya ada enam gulung tisue toilet tiap tim. Jadi per org Cuma 2 gulung tissu & wajib dapat membikin mummy seefektif mungkin
Nilai yg di capai
- Memaksimalkan bahan seadanya dengan dua gulung tisue bisa membungkus semua badan peserta.
- Loyalitas & totalitas peserta yang di jadikan mummy (jadi Poinnya, tiap lembaga membutuhkan orang orang seperti ini yang rela mengorbankan diri demi tujuan bareng)
- Strategy, di mana setiap tim yg bisa melihat kesempatan dan rintangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan peserta yang kecil. Maka Jikalau team bisa melihat pastinya akan menggunakan orang yg kurus kecil. tapi Apabila kelompok nggak mampu melihat kesempatan pastinya akan memilih anggota asal asalan.
- Jangan melihat segala sesuatu dr cover, bentuk ataupun hasil. tapi tiap peningkatan perusahaan mesti dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan juga rapi.
Pilar 3: Source oF Growth
Tiap grup di bagikan terpal maupun kain ukurannya 3 meter X 3 meter. DipinggirDi pinggirnya di bagikan utasan tali – tali dan di talinya ditaruh paperklip dan kertas kecil kecil dengan gambar didalamnya. kain ataupun terpal di bentangkan dengan memegang tali – tali tadi seluruh orang. lalu diberikan waktu 20 menitan untuk bertukar posisi ke posisi yang lain nya dengan aturan bertukar dan terpal atau kain tidak boleh jatuh ketanah. tiap peserta yang berpindah mesti mengambil satu kertas tersebut tanpa membukanya. seusai waktu habis anggota berkumpul dan fasilitator mengecek & membuka kertas yang di peroleh setiap peserta.
Orang yang Melaksanakan perpindahan secara tepat akan memperoleh minimal 10 kertas kecil dengan gambar yang lain lain.
Inti Permainan:
- Komando, supaya tidak tabrakan saat rotasi.
- Komunikasi, orang agar gak berada di tempat yg sama.
- Strategy, biar tiap peserta dapat punya peluang berpindah dan menyelesaikan tugasnya.
- Pengetahuan situasi dengan melihat kawan & tempat jadi rotasi dapat berjalan secara baik.
- Merendahkan ego karena Jika setiap peserta mau berpindah terlebih dahulu, peserta yg terakhir bisa kehabisan space.
Pilar Ke 4: Evaluation
Gambar yg didapatkan dipos tiga akan di kumpulkan menjadi 1 didalam grup. diberikan peralatan tulis (paku, doble tip, gunting, kertas, lem) & papan sterofom. setiap group dapat menyusun gambar yg di dapatkan di pos tiga dalam sebuah papan yang memberi makna dan esensi. sehabis selesai kemudian dipresentasikan atau direview maksud dari papan display ini.
Inilah salah satu contoh implementasi dari Amazing Race Outbound yg Jikalau diterapkan dengan tepat dan benar dapat menjadikan sebuah group yg kuat & kompak, dan bagi suatu lembaga faktor ini sangat penting sekali untuk melatih tiap karyawan nya supaya mempunyai loyalitas kepada perusahaan & meningkatkan kinerja demi untuk kemajuan perusahaan.
Berbagai Tempat Amazing Race Outbound Di Bandung
The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan, Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park.
Bagi Anda yang ingin melaksanakan kegiatan outbound dapat menghubungi kami.