Outbound Amazing Race
Amazing Race ialah suatu bentuk kegiatan di luar ruangan yang sangat memerlukan teamwork di dalam sebuah tim. Semua tim amazing race outbound dikasih petunjuk untuk menuju lokasi tertentu. Di tiap-tiap tempat amazing race yang peserta singgahi terdapat tantangan yang mesti peserta ikuti untuk mendapatkan petunjuk ke tempat berikutnya. Hingga mereka pada akhirnya finish di tempat terakhir. Outbound Amazing Race sekarang ini amat diminati oleh beberapa perusahaan ataupun instansi pemerintah amazing race outbound ini amat asyik karena area berpindah-pindah dan tidak monoton layaknya outbound biasa. Didalam amazing race outbound ada permainan yang seru yang sifatnya kompetitif.
Sasaran Amazing Race
- Menambah kapasitas personal dalam mengembangkan kelompok.
- Menambah dan berbagi pengetahuan di dalam hal memotivasi pribadi dan motivasi team, menambah rasa percaya diri, dan kreativitas.
- Menggapai pertumbuhan pribadi dan tim yang dipusatkan pada tujuan perusahaan, salah satu didalamnya yaitu perasaan saling percaya, dan penyelesaian problem.
- Mengembangkan mutu dan kwalitas leadership dengan kapasitas pribadi didalam keterbukaan menangani konflik serta membentuk budaya kerja yang tepat.
- Membentuk jiwa leadership pribadi dan leadership di dalam team
Beberapa Jenis Amazing Race
- Amazing Race Outbound pada 1 area
Aktivitas amazing race outbound di satu area tentu dapat mengirit modal. Lokasi yang dipakai sebisa mungkin lapang dan terdapat berbagai area yang alami, salah satu contoh: Taman margasatwa, lokasi wisata.
Pertama peserta dipisah jadi beberapa kelompok. Mereka lalu diberi pedoman jalan area selanjutnya yang bakal peserta tuju. Bila berada di taman margasatwa, maka peserta akan menuju ke berbagai area kandang binatang tertentu. Petunjuk tempat tinggal binatang enggak secara gamblang dinyatakan kontestan harus mencari tahu nama latin hewan itu.
Di lokasi yang peserta kunjungi, mereka akan memperoleh tantangan diantaranya:
- Games team building Dan Word Puzzle
- Foto di sarang binatang ataupun area tertentu
- Bernyanyi atau menari sesuai dengan perintah, dan lain-lain.
- Amazing Race Petualangan
- Aktivitas outbound amazing race diawali dari area tertentu dengan mobil yang disiapkan.
- Game Spot (tempat dimana pemain harus menyelesaikan aktivitas) akan di tentukan dalam petunjuk yang diberikan.
- Break Spot ialah lokasi dimana peserta harus istirahat dengan durasi waktu tertentu.
- Finish Point adalah lokasi akhir yang harus kontestan tuju dan menetapkan pemenang permainan.
- Amazing Race di Perbukitan
Jika Kalian lebih suka perlombaan seperti adventure di alam lepas, maka amazing race outbound pada gunung adalah referensi yang sesuai. Agar seluruh kontestan mampu melakukan permainan dengan tepat, maka wajib ada fasilitator yang memberikan arahan masalah navigasi (mendapatkan jalan yang tepat) dan jungle survivor (apabila kegiatan 2 hari 1 malam di gunung atau alas
Contoh arahan dalam jungle survivor yaitu:
- Navigasi, mempergunakan penunjuk arah (kompas) dan taktik supaya enggak salah arah
- Mendirikan tenda
- Menggunakan alat-alat dapur dari jungle survivor
- Mencari sayur dan buah yang bisa dan tidak dapat dikonsumsi
- Trik memperoleh air minum (bila persediaan air minum habis, dan lain sebagainya
Dalam teknik permainan, mereka harus mempunyai tim pemantau yang telah berpengalaman didalam jungle survivor. Jadi tidak akan ada yang tersesat. Tim pemantau dapat memantau arah pergerakan group tanpa di ketahui kehadirannya.
Contoh Kegiatan Amazing Race
Pilar 1: Contoh Game dengan Output Focus
Permainannya: Kain ukurannya 3 meter x 2,5 meter di bentangkan di dalam jarak sepuluh meteran. dalam Kain ini di lukis target target perusahaaan di dalam beberapa space, atau lambang perusahaan sebagai simbol keinginan bersama. Di kasih ruang blank untuk ditembak. peralatan tembak dari paint ball, Dimana seluruh peserta akan bergantian menembak di dalam Kaen itu.
Pilar Ke 2: Efektifitas Menggunakan dana
Instruksi nya … pilih saja tiga org setiap kelompok. bikin mummy dr tisu yg di berikan. Cuma ada enam gulung tisu toilet tiap tim. maka tiap orang Cuma dua gulung tissu & harus bisa membuat mumi sebisa mungkin
Point yang dicapai
- Memaksimalkan bahan seada nya dengan 2 gulung tisu dapat membungkus semua badan peserta.
- totalitas & Loyalitas peserta yg dijadikan mummy (jadi Poinnya, tiap industri memerlukan orang orang semacam ini yg rela berkorban demi harapan bareng)
- Strategy, di mana setiap team yang sanggup melihat kesempatan & rintangan, kesempatan berhasil dengan menggunakan peserta yang kurus kecil. Sehingga Jika team bisa melihat pasti akan menggunakan anggota yg kurus kecil. akan tetapi Jika tim tak dapat menganalisis peluang tentu saja akan memakai peserta sembarangan.
- Dilarang melihat sesuatu dr cover, bentuk atau hasil. tetapi setiap peningkatan perusahaan wajib dilihat dari komando yang baik, tim yang baik, proses yang baik, kerjasama yang baik dan tertata rapi.
Pilar Ke 3: Source oF Growth
Tiap grup diberikan terpal atau kain ukuran 3 meter x 3 meter. DipinggirDi pinggirnya dibagikan utasan tali tali & di tali di pasang kertas kecil kecil dan paperklip dengan lukisan di dalamnya. kain ataupun terpal dibentangkan dengan memegang tali – tali tadi semua peserta. Kemudian dibagikan waktu 20 menitan untuk menukar posisi ke posisi yg lain dengan aturan berpindah & kain atau terpal nggak boleh terjatuh ke tanah. setiap orang yg bertukar harus mengambil satu kertas itu tanpa membuka nya. seusai waktu habis orang berkumpul & fasilitator mengecek & membuka kertas yg diperoleh setiap anggota.
Orang yang Melaksanakan perpindahan secara baik akan memperoleh minim 10 kertas dengan gambar yang berbeda beda.
Inti Permainan:
- Komando, supaya nggak bertabrakan ketika rotasi.
- Komunikasi, anggota supaya tidak menempati posisi yang sama.
- Strategi, agar setiap orang dapat mempunyai kesempatan rotasi dan menyelesaikan tugasnya.
- Pengetahuan lingkungan dengan memperhatikan kawan & tempat jadi pertukaran akan berjalan tepat.
- Merendahkan ego karena Bila setiap orang akan berpindah terlebih dulu, orang yg akhir akan kehabisan ruang.
Pilar 4: Evaluasi
Gambar yang di peroleh dipos tiga akan dikumpulkan menjadi 1 di dalam group. diberikan peralatan tulis (lem, paku, doble tip, gunting, kertas) dan papan sterofom. tiap kelompok dapat menyusun gambar yang diperoleh di pos 3 didalam papan yg memberi esensi & makna. sehabis selesai maka direview atau dipresentasikan arti dari papan ini.
Ini adalah satu contoh pelaksanaan dari Amazing Race yang Jika dilaksanakan secara benar dan tepat akan menjadikan sebuah grup yang kuat & kompak, dan untuk sebuah perusahaan kondisi ini sangat penting sekali untuk melatih setiap karyawan nya biar punya loyalitas pada perusahaan & menambah kinerja demi untuk perkembangan perusahaan.
Berbagai Area Amazing Race Outbound Di Bandung
Pengalengan, Emte Highland Resort, Glamping Like Side, Area Cikole Lembang, Lembang Jungle Discovery, Bandung Treetop Adventure, Terminal Wisata Grafika Cikole, Sariater Adventure Park, The Lodge Maribaya, Katumiri Outdoor Activities, Ciwidey Bandung Selatan.
Untuk kamu yang mau melaksanakan kegiatan outbound bisa menghubungi kita.